5 Negara yang Pernah Ditaklukkan Maroko di Piala Dunia, Ada Portugal!

Portugal jadi lawan Maroko di perempat final 2022

Timnas Maroko menjadi fenomena tersendiri di Piala Dunia 2022 Qatar. Tak ada yang menyangka jika wakil Afrika ini akan melaju hingga ke perempat final. Pada babak ini, The Atlas Lions mesti menghadapi Portugal, Sabtu (10/12/2022).

Bagi Maroko, Piala Dunia 2022 merupakan keikutsertaannya yang ke-6. Pencapaian pada edisi tahun ini pun menjadi yang terbaik selama berlaga di Piala Dunia. Bahkan, Maroko sendiri baru meraih kemenangan dalam lima pertandingan di Piala Dunia.

Kelima kemenangan tersebut diraih saat melawan lima negara berbeda. Satu di antaranya adalah Portugal yang akan jadi lawan Maroko tahun ini.

Ini deretan negara yang pernah ditaklukkan Maroko di Piala Dunia.

1. Portugal jadi negara pertama yang ditaklukkan Maroko di Piala Dunia 1986

5 Negara yang Pernah Ditaklukkan Maroko di Piala Dunia, Ada Portugal!Maroko menaklukkan Portugal di Piala Dunia 1986. (fifa.com)

Menghadapi Timnas Portugal di Piala Dunia bukanlah sesuatu yang asing bagi Maroko. Bahkan, negara Eropa ini menjadi tim yang pertama kali ditaklukkan Maroko di Piala Dunia.

Momen bersejarah tersebut terjadi di Piala Dunia 1986. Saat itu, keduanya berduel pada babak penyisihan grup. Secara mengejutkan, Maroko meraih kemenangan atas Portugal dengan skor 3-1.

Kemenangan ini menjadi salah satu penentu kelolosan Maroko ke babak gugur untuk pertama kalinya. Sayangnya, mereka langsung angkat koper setelah tersingkir pada babak 16 besar.

2. Skotlandia dikalahkan Maroko di Piala Dunia 1998

5 Negara yang Pernah Ditaklukkan Maroko di Piala Dunia, Ada Portugal!Timnas Maroko melawan Timnas Skotlandia di Piala Dunia 1998. (fifa.com)

Maroko harus menunggu sekitar 12 tahun untuk kembali merasakan kemenangan di Piala Dunia, tepatnya di Piala Dunia 1998. Saat itu, mereka berhasil menaklukkan Skotlandia.

Kemenangan yang diraih Maroko ini juga terjadi saat bersaing pada fase grup. Dalam laga yang digelar pada 24 Juni 1998, The Atlas Lions melumat Skotlandia dengan skor 3-0.

Ketiga gol tersebut masing-masing dicetak Salaheddine Bassir (2) dan Abdeljalil Hadda (1). Sayangnya, Maroko gagal melaju ke babak gugur di Piala Dunia yang digelar di Prancis tersebut.

Baca Juga: Romain Saiss, Kapten Maroko yang Sempat Jadi Pencuci Piring Restoran

3. Belgia secara mengejutkan takluk dari Maroko di Piala Dunia 2022

5 Negara yang Pernah Ditaklukkan Maroko di Piala Dunia, Ada Portugal!Maroko mengalahkan Belgia di Piala Dunia 2022 Qatar. (fifa.com)

Penantian panjang Maroko untuk meraih kemenangan kembali di Piala Dunia akhirnya terwujud. Di Piala Dunia 2022 Qatar, mereka tampil trengginas pada babak penyisihan grup. Salah satu yang jadi korbannya adalah Belgia yang memiliki skuad mumpuni.

Dalam laga yang digelar pada 27 November 2022, Maroko sebenarnya digempur habis-habisan oleh Belgia. Namun, keberuntungan memihak wakil Afrika ini. Pada menit ke-73, sang kapten, Romain Saiss, membobol gawang Thibaut Courtois.

Maroko lalu menggandakan keunggulan melalui gol Zakaria Aboukhlal. Kemenangan ini menjadi titik balik penampilan mereka di Piala Dunia.

4. Kanada jadi tim yang memberi tiket babak gugur Piala Dunia 2022

5 Negara yang Pernah Ditaklukkan Maroko di Piala Dunia, Ada Portugal!Timnas Maroko bersua Kanada di Piala Dunia 2022. (fifa.com)

Setelah sukses menaklukkan Belgia, Maroko belum sepenuhnya lolos dan harus menang di laga terakhir grup. Pada laga penentuan tersebut, The Atlas Lions harus menaklukkan Kanada.

Motivasi tinggi para pemain Maroko akhirnya membuahkan hasil. Dalam laga yang digelar pada 1 Desember 2022, mereka mengalahkan Kanada sekaligus memastikan diri lolos ke babak gugur.

Dalam laga ini, Achraf Hakimi dan kolega berhasil menang dengan skor 2-1. Hakim Ziyech dan Youssef En-Nesyri menjadi penentu kemenangan Maroko setelah masing-masing mencetak gol.

5. Spanyol dipulangkan Maroko pada babak 16 besar Piala Dunia 2022

5 Negara yang Pernah Ditaklukkan Maroko di Piala Dunia, Ada Portugal!Maroko menaklukkan Spanyol di 16 besar Piala Dunia 2022. (fifa.com)

Spanyol adalah negara kelima yang ditaklukkan Maroko di Piala Dunia. Setelah lolos dari fase grup, Maroko menantang Spanyol pada babak 16 besar Piala Dunia 2022.

Menjadi tim yang tak diunggulkan membuat Maroko tampil lepas. Mereka pun sukses menahan tiap gempuran La Furia Roja. Skor kacamata menjadi akhir dari permainan normal dalam laga ini.

Maroko tersenyum lebar setelah berhasil menaklukkan Spanyol melalui adu penalti. Kemenangan tersebut sekaligus mencatatkan sejarah baru bagi mereka dengan melaju ke perempat final untuk pertama kalinya.

Patut kita nantikan kiprah Maroko pada babak perempat final Piala Dunia 2022 melawan Portugal. Bukan tidak mungkin wakil Afrika ini terus memberikan kejutan di Piala Dunia.

Baca Juga: Sofyan Amrabat, Petarung Maroko di Piala Dunia 2022

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya