Comscore Tracker

5 Pelatih dengan Pertandingan Terbanyak dalam Sejarah Liga Champions

Karier panjang diiringi prestasi gemilang

Setiap pelatih pasti memiliki impian untuk menangani tim yang berlaga di Liga Champions. Tak hanya pemain, kompetisi antarklub Eropa ini juga menjadi duel para pelatih berkualitas. Tak sedikit pelatih yang menjadi langganan untuk menangani klub di Liga Champions.

Mereka pun dituntut memutar otak untuk memilih strategi terbaik. Beberapa pelatih telah menunjukkannya hingga meraih trofi Liga Champions di akhir musim. Mungkin tak banyak yang tahu, siapa pelatih yang mencatatkan banyak pertandingan di Liga Champions. Nah, bagi kamu yang penasaran, berikut kami sajikan ulasannya. Check it out!

5. Pep Guardiola - 136 Pertandingan

5 Pelatih dengan Pertandingan Terbanyak dalam Sejarah Liga ChampionsPep Guardiola (goal.com)

Salah satu pelatih dengan pertandingan terbanyak di Liga Champions adalah Josep Guardiola. Juru taktik asal Spanyol itu tentu saja sudah tak perlu diragukan lagi kualitasnya. Mengawali debut di Liga Champions bersama Barcelona, Guardiola telah merengkuh 2 trofi Liga Champions. Di mana kedua trofi tersebut ia raih bersama Blaugrana, pada tahun 2009 dan 2011.

Setelah menangani Barca, Pep kemudian menjadi juru taktik Bayern Munchen dan Manchester City. Bersama ketiga klub tersebut, pelatih 50 tahun itu telah mencatatkan 136 pertandingan di Liga Champions. Ia tentu berhasrat memenanginya kembali bersama Manchester City.

 

4. Jose Mourinho - 145 Pertandingan

5 Pelatih dengan Pertandingan Terbanyak dalam Sejarah Liga ChampionsJose Mourinho (goal.com)

Jose Mourinho juga mencatatkan banyak pertandingan di Liga Champions. Dibandingkan dengan Pep Guardiola, Mourinho memang lebih berpengalaman. FC Porto, Inter Milan, Chelsea, Real Madrid, Manchester United dan Tottenham Hotspur adalah deretan klub yang ditangani Mou dan tampil di Liga Champions.

Pelatih asal Portugal itu menjuarai Liga Champions sebanyak 2 kali, yakni bersama Porto tahun 2004 dan Inter Milan tahun 2010. Bersama klub-klub tersebut, ia telah mencatatkan 146 pertandingan di Liga Champions. Namun sayangnya, musim ini Mourinho yang menangani AS Roma tak tampil di Liga Champions. 

Baca Juga: 5 Fakta Setelah Manchester City Libas RB Leipzig di Liga Champions

3. Carlo Ancelotti - 167 Pertandingan

5 Pelatih dengan Pertandingan Terbanyak dalam Sejarah Liga ChampionsCarlo Ancelotti menjuarai Liga Champions bersama Real Madrid (realmadrid.com)

Carlo Ancelotti menjadi pelatih aktif dengan pertandingan terbanyak di Liga Champions. Musim ini, ia juga berkesempatan menambah catatannya itu bersama Real Madrid. Selain Madrid, Ancelotti juga pernah menangani banyak klub lain yang berlaga di Liga Champions.

Di antaranya ada Parma, AC Milan, Napoli, PSG, Bayern Munchen, Juventus dan Chelsea. Ia pun berhasil menyabet gelar Liga Champions sebanyak 3 kali, dengan rincian dua kali bersama AC Milan dan sekali bersama Real Madrid. Hingga saat ini, Ancelotti telah mencatatkan 167 pertandingan di Liga Champions.

2. Arsene Wenger - 178 Pertandingan

5 Pelatih dengan Pertandingan Terbanyak dalam Sejarah Liga ChampionsArsene Wenger (premierleague.com)

Arsene Wenger menjadi pelatih asal Prancis yang sangat lekat dengan Arsenal. Tak heran jika ia mencatatkan 171 pertandingan Liga Champions bersama The Gunners. Namun ternyata, Wenger juga pernah menangani AS Monaco di Liga Champions dan mencatatkan 7 pertandingan.

Sayangnya, Wenger menjadi satu-satunya pelatih dalam daftar ini yang tak mampu meraih trofi Liga Champions. Prestasi terbaiknya di ajang ini yaitu sebagai runner-up pada tahun 2006. Saat itu, Arsenal asuhan Wenger harus mengakui keunggulan Barcelona di partai puncak. 

1. Sir Alex Ferguson - 190 Pertandingan

5 Pelatih dengan Pertandingan Terbanyak dalam Sejarah Liga ChampionsSir Alex Ferguson (irishmirror.ie)

Pelatih dengan pertandingan terbanyak dalam sejarah Liga Champions adalah Sir Alex Ferguson. Manchester United menjadi satu-satunya klub yang ia tangani selama tampil di Liga Champions. Bersama Setan merah, Ferguson mencatatkan 190 pertandingan di kompetisi antarklub Eropa tersebut.

Dengan banyaknya pertandingan yang sudah dijalani, pelatih asal Skotlandia itu merengkuh 2 trofi Liga Champions. Kedua gelar tersebut ia raih pada tahun 1999 dan 2008. Rekornya itu mungkin akan dipecahkan dalam beberapa waktu mendatang.

 

Tak mudah bagi seorang pelatih untuk membawa timnya tampil konsisten di Liga Champions. Kelima pelatih di atas memang sudah tak perlu diragukan lagi kualitasnya. 

Baca Juga: 5 Pelatih yang Menjalani Debut di Liga Champions pada Musim Ini

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya