Comscore Tracker

5 Pemain Termahal yang Dilepas Jose Mourinho sebelum Menangani AS Roma

Deretan pemain berlabel bintang

Jose Mourinho merupakan pelatih papan atas yang sarat pengalaman dan bergelimang prestasi. Juru taktik asal Portugal ini memang tak lepas dari kontroversi di klub yang ditanganinya. Salah satunya kerap menyingkirkan pemain bintang yang ada di klub. Dalam sejarah kepelatihan Mourinho, ada beberapa pemain top yang pernah ia lepas.

Pemain-pemain ini mencatatkan nilai transfer yang cukup tinggi karena memiliki kualitas yang mumpuni. Namun, mereka sudah tak lagi masuk ke dalam skema. Pada musim depan, ia akan menangani AS Roma. Bukan tidak mungkin akan ada pemain Roma yang dilepasnya. Berikut daftar pemain termahal yang dilepas Jose Mourinho sebelum menangani AS Roma.

1. Zlatan Ibrahimovic (69,5 Juta Euro)

5 Pemain Termahal yang Dilepas Jose Mourinho sebelum Menangani AS RomaZlatan Ibrahimovic saat berseragam Inter Milan (sempreinter.com)

Pemain termahal yang pernah dilepas Jose Mourinho adalah Zlatan Ibrahimovic. Pemain berkebangsaan Swedia itu memang beberapa kali menjadi anak asuh Mourinho, di antaranya saat berseragam Inter Milan pada musim 2008/2009.

Meskipun sempat menjadi andalan, Ibrahimovic terdepak dari skuad Mou pada musim berikutnya. Pada musim 2009/2010, Mou melepasnya ke Barcelona. Saat itu Ibra hengkang dari Inter ke Barca dengan mahar 69,5 juta euro atau setara dengan Rp1,2 triliun. Sebelum dijual, Ibra dimainkan Mou dalam 47 pertandingan dengan torehan 29 gol dan 12 assist.

2. David Luiz (49,5 Juta Euro)

5 Pemain Termahal yang Dilepas Jose Mourinho sebelum Menangani AS RomaDavid Luiz (goal.com)

Berikutnya ada nama David Luiz yang menjadi salah satu bek tengah top di sepak bola Eropa. Pemain berkebangsaan Brasil itu malang melintang bersama beberapa klub, salah satunya Chelsea. Saat di Chelsea, ia ditangani Jose Mourinho. Namun, Luiz juga harus merasakan keganasan Mou dalam membuang pemain.

Ia hanya menjadi andalan Mou pada musim 2013/2014 dengan catatan 34 pertandingan. Pada musim berikutnya, Luiz dijual Mou ke Paris Saint-Germain. Transfer tersebut melibatkan dana hingga 49,5 juta euro atau setara dengan Rp858 miliar.

Baca Juga: Blunder Berujung Gol dan Kartu Merah, David Luiz Trending di Twitter!

3. Juan Mata (44,73 Juta Euro)

5 Pemain Termahal yang Dilepas Jose Mourinho sebelum Menangani AS RomaJuan Mata (bleacherreport.com/Scott Heavey/Getty Images)

Juan Mata merasakan dua kali menjadi anak asuh Jose Mourinho, tepatnya saat membela Chelsea dan Manchester United. Saat di Chelsea, Mata yang berstatus sebagai pemain andalan sebelum datangnya Mourinho harus terdepak.

Dalam semusim di bawah asuhan Mou saat di Chelsea, ia hanya tampil dalam 17 pertandingan. Mata pun dijual Mourinho pada awal musim 2014/2015. Ia kemudian bergabung dengan Manchester United setelah ditebus dengan mahar 44,73 juta euro atau setara dengan Rp775 miliar. 

4. Romelu Lukaku (35,36 Juta Euro)

5 Pemain Termahal yang Dilepas Jose Mourinho sebelum Menangani AS RomaRomelu Lukaku (goal.com)

Salah satu kesalahan terbesar dalam karier Jose Mourinho adalah tidak berani mengandalkan pemain muda. Romelu Lukaku menjadi salah satu pemain yang cukup disesalkan gagal dikembangkan Mou. Seperti yang kita tahu, Lukaku bisa berkembang setelah hengkang dari Chelsea.

Selama ditangani Mou di Chelsea, penyerang asal Belgia itu hanya mencatatkan 3 pertandingan. Akhirnya Mou menjualnya ke Everton pada musim 2014/2015. Saat itu, Lukaku ditebus The Toffees dengan harga 35,36 juta euro atau setara dengan Rp613 miliar.

5. Arjen Robben (35 Juta Euro)

5 Pemain Termahal yang Dilepas Jose Mourinho sebelum Menangani AS RomaArjen Robben (chelseafc.com)

Pemain terakhir dalam daftar ini juga pemain yang dijual Jose Mourinho saat menangani Chelsea. Namun, Arjen Robben membela The Blues saat periode pertama Mourinho di Chelsea. Robben bergabung dengan Chelsea bersamaan dengan datangnya Mou di Stamford Bridge.

Robben pun menjadi andalan Mou di sisi sayap The Blues. Namun, setelah tiga musim, pemain asal Belanda itu didepak Mourinho dari Chelsea. Pada musim 2007/2008, ia bergabung dengan Real Madrid setelah ditebus dengan mahar 35 juta euro atau setara dengan Rp606 miliar. Robben dimainkan Mou dalam 106 pertandingan dengan torehan 19 gol dan 22 assist.

 

Jose Mourinho tak segan menyingkirkan pemain yang tidak masuk skemanya meskipun berlabel bintang. Kira-kira, siapa yang akan didepak Mou dari Roma?

Baca Juga: Termasuk Robben, Inilah 7 Pemain Top yang Pernah Membela FC Groningen

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya