Comscore Tracker

5 Pencetak Gol Termuda dalam Sejarah Bundesliga, Rekor Baru Tercatat!

Pemain 17 tahun berhasil bobol gawang Bayern Munchen!

Salah satu rekor di Bundesliga baru saja terpecahkan pada 6 Juni 2020 ini. Rekor tersebut yaitu pencetak gol termuda dalam sejarah Bundesliga. Pemain Bayer Leverkusen, Florian Wirtz menjadi aktornya.

Sebelum Wirtz, beberapa pemain muda Bundesliga telah sukses mencetak gol di usia muda. Hal tersebut tak mengherankan karena banyak pemain berbakat yang bermain di Bundesliga. Lalu siapa saja pencetak gol termuda di Bundesliga? Berikut ulasannya. 

1. Florian Wirtz (Bayer Leverkusen) 

5 Pencetak Gol Termuda dalam Sejarah Bundesliga, Rekor Baru Tercatat!spox.com

Florian Wirtz baru saja mencatatkan diri sebagai pencetak gol termuda dalam sejarah Bundesliga. Rekor tersebut tercipta pada laga Bayer Leverkusen melawan Bayern Munchen. Pada laga tersebut, pemain kelahiran 3 Mei 2003 ini masih berusia 17 tahun, 1 bulan dan 3 hari.

Meskipun ia gagal menyelamatkan Leverkusen dari kekalahan, namun rekor tersebut cukup membanggakan. Musim ini, Wirtz baru memainkan 4 laga bersama tim utama Bayer Leverkusen. 

2. Nuri Sahin (Borussia Dortmund) 

5 Pencetak Gol Termuda dalam Sejarah Bundesliga, Rekor Baru Tercatat!goal.com

Sebelum dipecahkan Florian Wirtz, rekor pencetak gol termuda di Bundesliga dipegang oleh Nuri Sahin. Sahin adalah pemain berkebangsaan Turki yang lahir pada 5 September 1988. Pemain gelandang ini mencatatkan rekor tersebut pada 26 November 2005.

Tepatnya pada laga antara FC Nuremberg menghadapi Borussia Dortmund. Saat itu ia masih membela Borussia Dortmund dan masih berusia 17 tahun, 2 bulan dan 21 hari. Saat ini, Nuri Sahin membela klub Bundesliga lainnya yaitu Werder Bremen. 

3. Julian Draxler (FC Schalke) 

5 Pencetak Gol Termuda dalam Sejarah Bundesliga, Rekor Baru Tercatat!bundesliga.com

Pencetak gol termuda di Bundesliga berikutnya yaitu Julian Draxler saat membela FC Schalke. Pemain Jerman ini lahir pada 20 September 1993. Draxler mencetak gol perdana di Bundesliga saat laga FC Saint Pauli menghadapi FC Schalke.

Pada laga yang digelar 1 April 2011 tersebut, Draxler masih berusia 17 tahun, 6 bulan dan 12 hari. Bakat pemain gelandang ini sempat menjadi incaran tim-tim elite. Saat ini, ia membela tim raksasa Prancis, Paris Saint-Germain. 

Baca Juga: 6 Pemain Termahal yang Pernah Direkrut Klub Bundesliga, Siapa Saja?

4. Timo Werner (Stuttgart) 

5 Pencetak Gol Termuda dalam Sejarah Bundesliga, Rekor Baru Tercatat!dw.com

Pemain yang kini menjadi sorotan, yakni Timo Werner juga menjadi salah satu pencetak gol termuda di Bundesliga. Gol perdananya di Bundesliga tersebut ia cetak saat masih membela Stuttgart. Tepatnya pada laga antara Stuttgart menghadapi Eintracht Frankfurt di musim 2013/2014.

Pada laga yang digelar 22 September 2013 tersebut, striker Jerman ini masih berusia 17 tahun, 6 bulan dan 16 hari. Musim ini, Werner tampil gemilang bersama RB Leipzig dan menjadi incaran tim-tim elite Eropa. 

5. Christian Pulisic (Borussia Dortmund) 

5 Pencetak Gol Termuda dalam Sejarah Bundesliga, Rekor Baru Tercatat!bundesliga.com

Pemain kelima yang tercatat sebagai pencetak gol termuda di Bundesliga adalah Christian Pulisic. Pulisic adalah pemain kelahiran Amerika Serikat pada 18 September 1998. Pemain sayap ini mencetak gol perdana di Bundesliga pada 17 April 2016 bersama Borussia Dortmund.

Pada laga melawan Hamburger SV tersebut, Pulisic masih berusia 17 tahun, 6 bulan dan 30 hari. Pada awal musim ini, ia meninggalkan Dortmund dan bergabung dengan Chelsea. 

Itulah lima pencetak gol termuda dalam sejarah Bundesliga yang baru saja terpecahkan. Bukan tidak mungkin rekor tersebut akan terpecahkan karena banyaknya pemain muda potensial yang bermain di Bundesliga. 

Baca Juga: 5 Tim yang Masih Berpeluang Jadi Juara Bundesliga Musim Ini, Memanas!

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya