Comscore Tracker

7 Transfer Pemain Inggris Termahal ke Klub Premier League, Ada Sancho!

Deretan bintang The Three Lions! #IDNTimesSport

Menjelang musim 2021/22, klub-klub Eropa khususnya peserta Premier League mempersiapkan timnya. Salah satunya dengan mendatangkan pemain baru untuk memperkuat skuadnya. Ada beberapa transfer yang dilakukan klub Premier League melibatkan cukup banyak anggaran. Pemain Inggris juga menjadi pilihan untuk direkrut.

Salah satu transfer terakbar musim panas ini adalah Jadon Sancho yang direkrut Manchester United. Namun nilai transfernya belum memecahkan rekor transfer termahal klub Premier League khususnya pemain Inggris. Berikut transfer pemain Inggris termahal ke klub Premier League. 

1. Harry Maguire (87 juta euro) 

7 Transfer Pemain Inggris Termahal ke Klub Premier League, Ada Sancho!Harry Maguire (premierleague.com)

Transfer pemain Inggris termahal ke klub Premier League adalah Harry Maguire. Pemain berusia 27 tahun ini hijrah dari Leicester City ke Manchester United pada awal musim 2019/20. Untuk memboyong Maguire, United menggelontorkan dana mencapai 87 juta euro atau setara dengan Rp1,4 triliun.

Maguire juga tercatat sebagai pemain termahal yang direkrut United. Bersama Setan merah, ia telah mencatatkan 107 pertandingan di semua kompetisi. Sebagai bek tengah, Maguire hanya mampu mencetak 5 gol dan 5 assist. Bahkan, saat ini ia dipercaya sebagai kapten Manchester United.

2. Jadon Sancho (85 juta euro) 

7 Transfer Pemain Inggris Termahal ke Klub Premier League, Ada Sancho!Manchester United memperkenalkan Jadon Sancho (theathletic.com)

Saga transfer Jadon Sancho akhirnya berakhir pada musim panas ini. Pemain Inggris yang satu ini sudah lama dikaitkan dengan banyak klub Premier League. Sancho akhirnya bergabung dengan Manchester United dari Borussia Dortmund. Nilai transfernya mencapai 85 juta euro atau setara dengan Rp1,4 triliun.

Sebagai pemain Inggris, pemain 21 tahun itu tentu berharap bisa merasakan atmosfer Premier League. Di awal kariernya, ia sebenarnya pernah menimba ilmu di akademi Manchester City. Dengan usianya yang masih muda, ia bisa menjadi bintang masa depan United.

Baca Juga: 5 Aktivitas Transfer Manchester City pada Bursa Transfer Musim Dingin

3. Raheem Sterling (63,7 juta euro) 

7 Transfer Pemain Inggris Termahal ke Klub Premier League, Ada Sancho!Raheem Sterling (goal.com)

Tak mau kalah dengan tim sekota, Manchester City juga pernah memboyong pemain Inggris yang tak kalah mahal. The Cityzens mendapatkan Raheem Sterling pada musim 2015/16 dari rivalnya, Liverpool. Saat itu, Sterling masih berusia 20 tahun dan ditebus City dengan harga sebesar 63,7 juta euro atau setara dengan Rp1 triliun.

Dana yang dikeluarkan City tersebut tak sia-sia karena Sterling turut mengantarkan The Cityzens meraih gelar. Hingga kini, pemain 26 tahun itu telah membela City dalam 292 pertandingan di semua kompetisi. Berposisi sebagai penyerang, ia pun cukup produktif dengan gelontoran 114 gol dan 87 assist.

4. Ben White (58,8 juta euro) 

7 Transfer Pemain Inggris Termahal ke Klub Premier League, Ada Sancho!Ben White (arsenal.com)

Arsenal membuat kejutan musim panas ini dengan memboyong pemain Inggris dengan harga yang lumayan tinggi. Ben White juga menjadi bek termahal yang pernah diboyong The Gunners. Pemain 23 tahun itu didatangkan Arsenal dari klub Inggris lainnya, Brighton.

Untuk mendapatkan White, Meriam London mengeluarkan dana sebesar 58,8 juta euro atau setara Rp999 miliar. Dengan usianya yang masih cukup muda, White diharapkan bisa menjadi andalan Arsenal untuk jangka panjang. Saat berseragam Brighton, ia mencatatkan 41 pertandingan di semua kompetisi.

5. John Stones (55,6 juta euro) 

7 Transfer Pemain Inggris Termahal ke Klub Premier League, Ada Sancho!John Stones (bleacherreport.com)

Bek Inggris lainnya yang juga catatkan nilai transfer tinggi saat diboyong klub Premier League ada John Stones. Bek tengah ini didatangkan Manchester City ke Etihad Stadium dari Everton. Kepindahan Stones terjadi pada musim 2016/17 dengan mahar mencapai 55,6 juta euro atau setara dengan Rp947 miliar.

Sempat menurun, ia kembali bangkit pada musim lalu. John Stones juga menjadi andalan Timnas Inggris di Piala Eropa 2020 lalu. Selama menjadi bagian The Cityzens, ia telah mencatatkan 168 pertandingan di semua kompetisi. Bek tengah 26 tahun ini mencatatkan 10 gol dan 2 assist.

6. Aaron Wan-Bissaka (55 juta euro) 

7 Transfer Pemain Inggris Termahal ke Klub Premier League, Ada Sancho!Aaron Wan-Bissaka (goal.com)

Pemain Inggris lainnya yang memiliki nilai transfer tinggi adalah Aaron Wan-Bissaka. Bek kanan ini dibeli Manchester United dari Crystal Palace pada awal musim 2019/20. Demi dapatkan Bissaka, Setan merah mengeluarkan dana hingga 55 juta euro atau setara dengan Rp937 miliar.

Dengan usianya yang masih cukup muda, Wan-Bissaka tentu diharapkan bisa menjadi pemain penting bersama Setan Merah dan Timnas Inggris. Hingga kini pemain berusia 23 tahun tersebut telah membela United dalam 100 pertandingan di semua kompetisi dengan catatan 2 gol dan 10 assist.

7. Kyle Walker (52,7 juta euro)

7 Transfer Pemain Inggris Termahal ke Klub Premier League, Ada Sancho!Kyle Walker (skysports.com)

Pemain belakang Inggris berikutnya juga memiliki nilai transfer yang tak kalah tinggi. Kyle Walker menjadi pemain Inggris lainnya yang diboyong Manchester City. Pada musim 2017/18, The Cityzens merekrut Walker dari Tottenham Hotspur. Nilai transfer pemain yang saat itu berusia 27 tahun tersebut mencapai 52,7 juta euro atau setara dengan Rp897 miliar.

Sama seperti Wan-Bissaka, Walker berposisi sebagai bek kanan, namun usianya jauh lebih tua. Pemain 30 tahun ini telah mencatatkan 184 penampilan bersama City di semua kompetisi. Dari penampilannya tersebut ia menorehkan 5 gol dan 15 assist.

Para pemain tersebut layak mencatatkan nilai transfer yang tinggi. Hal tersebut mereka buktikan dengan menjadi bagian Timnas Inggris di ajang Piala Eropa 2020 lalu.

Baca Juga: 10 Transfer Pemain asal AS di Jendela Transfer Musim Dingin 2020/2021

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya