5 Bukti Messi Layak Disebut sebagai Pemain Terbaik Sepanjang Masa

Banyak rekor yang berhasil diukir oleh La Pulga 

Lionel Messi bisa dikatakan sebagai salah satu pemain sepak bola terbaik di dunia saat ini. Itu semua tidak terlepas dari prestasi mentereng yang telah diraih oleh pemain berusia 34 tahun tersebut. Bahkan, karena saking banyaknya prestasi yang sudah dimenangkan, tak sedikit penggemar sepak bola yang menyebut La Pulga sebagai pemain sepak bola terbaik sepanjang masa.

Selain itu, tentunya masih banyak faktor yang membuat Messi kerap kali dianggap sebagai pemain terhebat sepanjang sejarah. Berikut ini lima rekor luar biasa yang pernah dicatatkan oleh Lionel Messi.

1. Menjadi satu-satunya pemain yang mampu meraih 4 penghargaan individu dalam setahun

5 Bukti Messi Layak Disebut sebagai Pemain Terbaik Sepanjang MasaLionel Messi ketika membela Barcelona pada musim 2009/2010 (as.com)

Lionel Messi sempat membuat heboh dunia sepak bola dengan berhasil memenangi 4 penghargaan individu sekaligus pada musim 2009/2010. Megabintang asal Argentina ini ketika itu mampu meraih sepatu emas Eropa, Ballon d’Or, trofi Pichichi, dan pemain terbaik versi FIFA.

Catatan itu membuat La Pulga menjadi pemain pertama yang mampu menorehkannya. Prestasi tersebut tentu saja menunjukkan betapa hebatnya sang pemain. Musim itu Messi memang tampil sangat impresif dengan  menciptakan 34 gol di LaLiga dan 8 gol di Liga Champions.

2. Pencetak gol terbanyak untuk satu tim 

5 Bukti Messi Layak Disebut sebagai Pemain Terbaik Sepanjang MasaLionel Messi (skysports.com)

Pada tahun 2020 lalu, Lionel Messi berhasil memecahkan rekor dari legenda Brasil, Pele, dalam hal pencetak gol terbanyak untuk satu klub. Seperti yang diketahui, Pele sebelumnya sempat memegang rekor sensasional berkat mencetak 643 gol dari 659 pertandingan di semua kompetisi bersama Santos.

Namun, La Pulga mampu melewati catatan tersebut dengan membukukan 672 gol dari 778 laga untuk Barcelona. Tapi, setelah pindah ke PSG, Messi tak bisa lagi menambah torehan golnya tersebut. Meski demikian, sang pemain tetap menjadi pesepak bola dengan status pencetak gol terbanyak untuk satu tim.

Baca Juga: 5 Pelatih Barcelona dengan Koleksi Trofi Terbanyak Sepanjang Sejarah

3. Paling banyak meraih sepatu emas Eropa 

5 Bukti Messi Layak Disebut sebagai Pemain Terbaik Sepanjang MasaLionel Messi ketika meraih sepatu emas Eropa pada musim 2018/2019 (skysports.com)

Sepatu emas Eropa atau Golden Boot biasanya diberikan kepada pemain yang mampu mencetak gol terbanyak di liga. Lionel Messi sejauh ini telah meraih penghargaan tersebut sebanyak 6 kali pada musim 2009/2010, 2011/2012, 2012/2013, 2016/2017, 2017/2018, dan 2018/2019.

Dari tahun-tahun tersebut, La Pulga mampu mencetak gol paling banyak pada musim 2011/2012. Ketika itu, ia mampu mengoleksi 73 gol dan 32 assist hanya dari 60 laga di berbagai kompetisi.

4. Gol terbanyak dalam satu tahun kalender 

5 Bukti Messi Layak Disebut sebagai Pemain Terbaik Sepanjang MasaLionel Messi ketika membela Barcelona pada musim 2012/2013 (fcbarcelona.fr)

Gerd Muller merupakan pemain sepak bola yang luar biasa pada masanya. Pemain asal Jerman itu tercatat sukses memecahkan banyak sekali rekor dunia. Akan tetapi, beberapa rekor dari sang pemain ternyata sanggup dipecahkan oleh Lionel Messi. Salah satunya adalah pencetak gol terbanyak dalam satu tahun kalender.

Kejadian itu tercipta pada tahun 2012, di mana Messi saat itu mampu mencetak 91 gol untuk Barcelona dan tim nasional Argentina. Sebelum dipecahkan oleh Messi, rekor itu dipegang oleh Gerd Muller dengan catatan 85 gol pada tahun 1972.

5. Memenangi Ballon d’Or paling banyak 

5 Bukti Messi Layak Disebut sebagai Pemain Terbaik Sepanjang MasaLionel Messi ketika meraih Ballon d'Or tahun 2019 (skysports.com)

Ballon d’Or dianggap banyak orang sebagai penghargaan individu yang paling prestisius di sepak bola. Hanya pemain-pemain hebat dan memiliki kualitas mumpuni yang mampu meraih penghargaan tersebut. Sejauh ini Lionel Messi masih menjadi pemain dengan torehan gelar Ballon d’Or terbanyak, yakni 6 kali.

Prestasi itu diciptakan sang pemain pada tahun 2009, 2010, 2011, 2012, 2015, dan 2019. Kini Messi hanya unggul satu gelar dari rival abadinya, yakni Cristiano Ronaldo yang telah meraih lima Ballon d’Or.

Jika melihat rekor-rekor yang dicatatkan tersebut, tentu tidak mengherankan jika Lionel Messi kerap dianggap sebagai pemain terbaik sepanjang sejarah. Apakah Messi mampu mencatatkan banyak rekor baru di klub barunya?

Baca Juga: 5 Kiper dengan Clean Sheet Terbanyak di LaLiga Sejauh Ini, Moncer!

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya