Comscore Tracker

5 Negara Eropa yang Terancam Gagal Ikut Turnamen Piala Dunia 2022

Wales hadapi lawan berat di laga pamungkas

Piala Dunia merupakan turnamen paling bergengsi antarnegara di seluruh dunia. Dalam edisi tahun 2022, ajang tersebut akan dilangsungkan di Qatar. Karena berstatus sebagai turnamen paling bergengsi, tentu semua negara berusaha semaksimal mungkin agar bisa lolos ke Qatar. Namun, langkah para tim tidak akan mudah karena harus bertandingan terlebih dulu dalam laga kualifikasi yang dibagi berdasarkan letak wilayah.

Dari sekian laga kualifikasi, Eropa bisa dibilang sebagai zona yang paling ketat. Pasalnya, negara-negara yang bertandingan merupakan tim jagoan. Di samping itu, tercatat hanya 13 negara Eropa yang memiliki jatah lolos ke Piala Dunia 2022 nanti. Karena jatah yang tak terlalu banyak itu, ada beberapa negara kecil yang terancam gagal ikut turnamen Piala Dunia 2022. Negara mana saja? Berikut ulasannya!

1. Armenia 

5 Negara Eropa yang Terancam Gagal Ikut Turnamen Piala Dunia 2022Skuad tim nasional Armenia (twitter.com/officialarmff)

Dalam babak Kualifikasi Piala Dunia 2022, tim nasional Armenia tergabung di Grup J bersama Jerman dan beberapa tim kecil lainnya. Namun, dari 8 laga yang sudah dijalani, tim asuhan Joaquin Caparros tersebut hanya mampu mengoleksi 12 poin. Hasil dari 3 kali menang, 3 imbang, dan 2 kekalahan.

Bahkan, Armenia tercatat belum pernah memang sekalipun dalam 5 pertandingan terakhir di Kualifikasi Piala Dunia 2022. Performa buruk itu tentu saja berpotensi membuat Armenia gagal lolos ke turnamen paling bergengsi tersebut.

2. Bosnia & Herzegovina 

5 Negara Eropa yang Terancam Gagal Ikut Turnamen Piala Dunia 2022Skuad tim nasional Bosnia dan Herzegovina (twitter.com/NFSBiH)

Bosnia & Herzegovina bisa dibilang sebagai tim yang performanya kurang menjanjikan sepanjang pergelaran Kualifikasi Piala Dunia 2022. Dari 6 pertandingan yang telah dilalui, tercatat Bosnia & Herzegovina hanya mampu mengumpulkan total 7 poin. Bahkan, mereka hanya sekali menang ketika melawan Kazakhstan.

Hasil buruk itu membuat Bosnia & Herzegovina untuk sementara duduk di posisi keempat dari lima negara. Bosnia & Herzegovina sendiri tergabung di Grup D yang diisi oleh Prancis, Ukraina, Finlandia, dan Kazakhstan.

Baca Juga: Laga Tak Mudah Juara Piala Eropa di Kualifikasi Piala Dunia 2022

3. Austria 

5 Negara Eropa yang Terancam Gagal Ikut Turnamen Piala Dunia 2022Skuad tim nasional Austria (twitter.com/oefb1904)

Kesempatan Austria untuk melaju ke Piala Dunia 2022 kemungkinan besar akan gagal. Pasalnya, Grup F saat ini hanya menyisakan satu slot saja. Sebab, Denmark sudah dipastikan akan terbang ke Qatar pada 2022 karena meraih poin sempurna dari 8 pertandingan yang dilalui.

Di samping itu, Austria masih terpaut 7 poin dari posisi kedua, yakni Skotlandia. Hal tersebut membuat mimpi Austria untuk tampil di Qatar hampir dipastikan lenyap. Apalagi, performa tim asuhan Franco Foda ini juga tak terlalu istimewa sepanjang pergelaran Kualifikasi Piala Dunia 2022.

4. Turki 

5 Negara Eropa yang Terancam Gagal Ikut Turnamen Piala Dunia 2022Skuad tim nasional Turki (twitter.com/Merihdemiral)

Dalam ajang Kualifikasi Piala Dunia 2022, tim nasional Turki tergabung ke Grup G yang diisi oleh Belanda, Norwegia, Montenegro, Latvia, dan Gibraltar. Sejauh ini Hakan Calhanoglu dan kolega berada di urutan ketiga dengan perolehan 15 poin dari 8 pertandingan. Meski mampu meraih kemenangan di pertandingan-pertandingan berikutnya, hal tersebut tak menjamin Turki bisa lolos ke Qatar.

Pasalnya, Belanda dan Norwegia memiliki poin dan selisih gol yang lebih banyak daripada Turki. Jadi, masih ada harapan untuk Turki lolos ke babak berikutnya jika salah satu dari negara itu mengalami performa yang buruk di pertandingan sisa.

5. Wales 

5 Negara Eropa yang Terancam Gagal Ikut Turnamen Piala Dunia 2022Skuad tim nasional Wales (twitter.com/Cymru)

Wales dan Republik Ceko tercatat memiliki poin yang sama sejauh ini di Grup E Kualifikasi Piala Dunia 2022, yakni 11 poin. Bedanya, Wales baru bermain sebanyak 6 kali dan Ceko sudah tampil 7 kali. Hal itu membuat Ceko berada di posisi kedua karena unggul agregat gol dari Wales.

Meski masih menyimpan dua laga sisa, tapi kesempatan Wales untuk bisa lolos ke Qatar terbilang cukup berat. Pasalnya, di pertandingan terakhir, Gareth Bale dan kolega harus melawan pemuncak klasemen, yakni Belgia. Sementara itu, Ceko yang tinggal menyisakan satu pertandingan lagi hanya melawan Estonia. Jika ingin lolos, Wales tentu harus menyiapkan strategi yang matang.

Itulah lima negara yang terancam gagal ikut turnamen Piala Dunia 2022. Tentu sangat disayangkan jika para tim itu tak lolos ke babak selanjutnya. Apalagi mereka juga memiliki deretan pemain sepak bola berkualitas yang tampil di kompetisi top Eropa.

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya