5 Pemain Bintang yang Gagal Bersinar Selama Membela Barcelona

Beberapa nama dicap sebagai transfer terburuk 

Barcelona tak diragukan lagi sebagai salah satu klub terbesar dan terhebat di Eropa. Blaugrana bisa menyandang status tersebut karena memiliki sejarah panjang dan prestasi yang cemerlang. Klub yang bermarkas di Camp Nou ini tak hanya menghasilkan para pemain top, tapi banyak juga para pesepak bola hebat yang menginginkan membela Barcelona.

Walau begitu, nyatanya tidak semua pemain bintang sepak bola yang membela Barcelona menikmati waktunya selama di Camp Nou. Sebab, ada beberapa nama di antaranya yang justru gagal memberikan performa terbaik. Berikut lima pemain top yang tak mampu bersinar selama berseragam Barcelona.

1. Arda Turan 

5 Pemain Bintang yang Gagal Bersinar Selama Membela BarcelonaArda Turan (90min.com)

Arda Turan direkrut oleh Barcelona dari Atletico Madrid dengan biaya 34 juta euro atau setara Rp568 miliar pada tahun 2015. Namun, pemain asal Turki itu harus menunggu selama lima bulan untuk bisa melakukan debut di Camp Nou. Sebab, Blaugrana saat itu mendapatkan sanksi dari FIFA karena mendatangkan pemain di bawah umur.

Setelah sanksinya berakhir, Turan justru hanya mendapatkan kesempatan bermain yang sangat minim di bawah Luis Enrique. Dalam dua musim di Camp Nou, sang pemain hanya mengoleksi 15 gol dari 55 pertandingan. Turan kemudian dipinjamkan ke Istanbul Basaksehir pada 2018 selama dua tahun. Karena gagal tampil memuaskan, ia langsung dilepas secara permanen oleh Barcelona pada tahun 2020 lalu.

2. Miralem Pjanic 

5 Pemain Bintang yang Gagal Bersinar Selama Membela BarcelonaMiralem Pjanic (90min.com)

Miralem Pjanic baru saja meninggalkan Barcelona menuju klub Turki, Besiktas pada musim panas tahun ini dengan status pinjaman. Hal tersebut tentu saja cukup mengejutkan mengingat ia baru saja bergabung dengan Barca pada 2020 lalu. Pemain asal Bosnia-Herzegovina ini didatangkan Barcelona dari Juventus dengan biaya 60 juta euro atau setara Rp1 triliun dan melibatkan pertukaran Arthur Melo.

Selama satu musim di Camp Nou, Pjanic terlihat sangat kesulitan untuk bisa mendapatkan posisi utama. Tercatat ia hanya bermain sebanyak 13 kali bersama Barcelona di musim lalu. Torehan itu tentu saja sangat mengecewakan bagi pemain sekelas Pjanic.

Baca Juga: 5 Pemain Bintang Real Madrid yang Dianggap Layak Membela Barcelona

3. Alexander Hleb 

5 Pemain Bintang yang Gagal Bersinar Selama Membela BarcelonaAlexander Hleb (marca.com)

Alexander Hleb bisa dibilang sebagai salah satu transfer terburuk sepanjang sejarah Barcelona. Ia bergabung dengan Barcelona dari Arsenal pada 2008. Saat masih membela The Gunners, sang pemain tampil apik di bawah asuhan Arsene Wenger. Ia bahkan menjadi pesepak bola Belarusia pertama yang tampil di final Liga Champions. Sayangnya Arsenal harus kalah dari Barcelona ketika itu.

Hleb sendiri datang ke Camp Nou dengan harapan yang cukup besar. Namun, performanya tak pernah konsisten dan sangat sering berpindah-pindah posisi. Selama ditangani Pep Guardiola, ia hanya tampil sebanyak lima kali di kompetisi LaLiga.

4. Ricardo Quaresma 

5 Pemain Bintang yang Gagal Bersinar Selama Membela BarcelonaRicardo Quaresma (planetfootball.com)

Ricardo Quaresma pernah dibanding-bandingkan dengan Cristiano Ronaldo pada masanya. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika ia sempat diminati oleh banyak sekali tim elite Eropa. Pemain asal Portugal itu kemudian memilih melanjutkan karier bersama Barcelona pada tahun 2003.

Sayangnya, karier Quaresma justru meredup selama berseragam Barcelona. Ia terlihat kesulitan untuk beradaptasi dengan klub asal Catalunya itu. Hanya bertahan semusim, sang pemain lalu dilepas ke FC Porto. Dari 28 pertandingan di LaLiga, Quaresma hanya bisa mencetak satu gol saja.

5. Philippe Coutinho 

5 Pemain Bintang yang Gagal Bersinar Selama Membela BarcelonaPhilippe Coutinho (thelaziali.com)

Pesepak bola asal Brasil ini digaet oleh Barcelona dari Liverpool dengan biaya yang cukup fantastis, yakni 135 juta euro atau setara Rp2,2 triliun pada Januari 2018. Dengan harga semahal itu, ia tentu diharapkan bisa tampil cemerlang dan membawa tim meraih berbagai kesuksesan. Akan tetapi, Coutinho justru mengalami cedera terus-menerus yang membuatnya gagal bermain mengesankan.

Coutinho tercatat hanya menikmati tahun terbaiknya pada musim 2018/2019 ketika dipinjamkan ke Bayern Munchen. Ia bahkan sukses menciptakan dua gol ke gawang Barcelona dan membantu Bayern Munchen menang dengan skor 8-2 di ajang Liga Champions. Tapi, dengan hengkangnya Lionel Messi musim ini, ia masih memiliki satu kesempatan terakhir untuk menyelamatkan reputasinya.

Banyak faktor yang membuat kelima pemain di atas gagal bersinar selama di Camp Nou. Meski demikian, mereka setidaknya patut berbangga karena pernah membela salah satu klub terbaik di dunia.

Baca Juga: 7 Pemain yang Pernah Berseragam Barcelona dan Bayern Munchen

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya