5 Pemain Termuda yang Berhasil Catatkan Hattrick di Liga Champions

Ada legenda Real Madrid, lho! 

Bermain di turnamen tertinggi Eropa, Liga Champions tentu menjadi impian semua pesepak bola di dunia. Karena berstatus sebagai ajang paling bergengsi, tentu bukan hal yang mudah untuk bisa menciptakan hat-trick. Sebab, tim-tim yang dilawan dalam turnamen tersebut merupakan perwakilan terbaik dari setiap negara.

Namun pada kenyataanya, ada beberapa pemain sepak bola yang sukses menciptakan hattrick di Liga Champions. Lebih hebatnya lagi, beberapa nama mampu melakukannya di usia yang sangat muda. Berikut lima pemain termuda yang mampu mencatatkan hat-trick di ajang Liga Champions.

1. Raul Gonzalez - 18 tahun 114 hari 

5 Pemain Termuda yang Berhasil Catatkan Hattrick di Liga ChampionsRaul Gonzalez (skysports.com)

Raul Gonzalez menjadi pemain termuda yang sukses membukukan hat-trick di kompetisi Liga Champions. Rekor itu diciptakan sang pemain pada 1995 dan sudah bertahan selama 26 tahun. Uniknya, ia menciptakan rekor itu ketika menjalani pertandingan ketiganya di Liga Champions bersama Real Madrid.

Ketika itu, Raul mampu membawa timnya menang dengan skor 6-1 dari wakil Hungaria, Ferencvaros. Pemain asal Spanyol itu tercatat pernah menjuarai Liga Champions bersama Real Madrid sebanyak 3 kali pada musim 1997/1998, 1999/2000, dan 2001/2002.

2. Rodrygo - 18 tahun 301 hari 

5 Pemain Termuda yang Berhasil Catatkan Hattrick di Liga ChampionsRodrygo (as.com)

Rodrygo menjadi pemain kedua Real Madrid dalam daftar ini. Pemain asal Brasil ini bergabung bersama Los Blancos dari Santos pada tahun 2019 lalu dengan nominal cukup mahal, yakni 45 juta euro atau setara Rp740 miliar. Walau usianya saat itu masih 18 tahun, nyatanya ia mampu bersaing di skuad Real Madrid.

Pada pertandingan keduanya di Liga Champions bersama Los Blancos, Rodrygo sukses tampil ciamik dengan menciptakan hat-trick ketika melawan Galatasaray. Uniknya, ia saat itu mampu mencetak 3 gol masing-masing menggunakan kaki kanan, kaki kiri, dan sundulan kepala.

Baca Juga: 10 Pemain Liga Inggris dengan Penampilan Terbanyak di Liga Champions

3. Wayne Rooney - 18 tahun 339 hari 

5 Pemain Termuda yang Berhasil Catatkan Hattrick di Liga ChampionsWayne Rooney (planetfootball.com)

Wayne Rooney merupakan salah satu penyerang terbaik yang pernah dimiliki oleh Manchester United. Pemain asal Inggris ini bergabung dengan Setan Merah dari Everton pada 2004 ketika usianya masih 18 tahun. Walau umurnya masih muda, tapi kualitas sang pemain saat itu sudah sangat menjanjikan.

Di pertandingan debut Liga Champions, Rooney langsung tampil sensasional dengan membukukan hat-trick ke gawang klub Turki, Fenerbahce. Lebih kerennya lagi, ia mampu mencetak gol ketiga melalui tendangan bebas. Berkat kontribusi besarnya itu, Manchester United sukses menang dengan skor 6-2.

4. Erling Haaland - 19 tahun 58 hari 

5 Pemain Termuda yang Berhasil Catatkan Hattrick di Liga ChampionsErling Haaland (skysports.com)

Nama Erling Haaland pertama kali mencuat ketika berseragam RB Salzburg. Pemain asal Norwegia itu sukses mencetak hat-trick di Liga Champions ketika berjumpa tim Belgia, Genk pada 2019. Performa impresifnya bersama klub Austria itu membuat Borussia Dortmund merekrutnya pada bursa transfer musim dingin 2020.

Selama bermain di ajang Liga Champions sejauh ini, Haaland telah mencetak 25 gol dari 24 pertandingan. Ia bahkan memegang rekor 20 gol tercepat di Liga Champions dengan hanya memainkan 14 pertandingan saja. Dengan penampilan yang ciamik itu, tentu tidak mengherankan jika Haaland terus dikaitkan dengan tim-tim elite Eropa.

5. Yakubu Aiyegbeni - 19 tahun 306 hari 

5 Pemain Termuda yang Berhasil Catatkan Hattrick di Liga ChampionsYakubu Aiyegbeni (skysports.com)

Nama Yakubu Aiyegbeni mungkin tidak terlalu familier di telinga para pencinta sepak bola Eropa. Maklum saja, pemain asal Nigeria ini hanya membela tim-tim medioker sepanjang kariernya. Walau begitu, ia setidaknya pernah mencetak hat-trick di kompetisi sekelas Liga Champions. Catatan itu membuatnya menjadi pemain Afrika pertama yang mencapai prestasi tersebut.

Aiyegbeni mencetak tiga gol di Liga Champions ketika masih membela klub Israel, Maccabi Haifa saat melawan Olympiakos pada tahun 2002. Menariknya lagi, ia mengakhiri kompetisi Liga Champions saat itu dengan mengoleksi 7 gol dari 8 laga. Performa impresif itu membuatnya berkarier di kompetisi Inggris dengan membela Portsmouth, Middlesbrough, Everton, Blackburn Rovers, hingga Leicester City.

Tentu bukan hal yang mudah untuk bisa mencetak hat-trick di kompetisi sekelas Liga Champions. Tapi mereka berhasil membuktikannya ketika berusia sangat muda. Dari kelima nama di atas, tercatat hanya Rodrygo dan Erling Haaland yang masih aktif bermain saat ini.

Baca Juga: 7 Pemenang Liga Champions sebagai Pemain dan Pelatih

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya