Comscore Tracker

5 Pemain Asia dengan Torehan Gol Terbanyak di Kompetisi Serie A

Ada tiga pemain asal Jepang!

Serie A merupakan salah satu ajang paling bergengsi di Eropa. Banyak sekali para pemain hebat yang berkarier di kompetisi tertinggi Italia itu. Selain pemain dari Eropa, ada juga para pemain asal Asia yang tampil apik di Serie A.

Tercatat, ada 32 pemain asal Asia yang pernah merasakan tampil di kasta tertinggi Italia itu. Beberapa pemain bahkan sukses menciptakan cukup banyak gol selama berkarier di Serie A. Lantas, siapa saja pemain tersebut? Check this out!

1. Mark Bresciano (Australia) – 31 gol 

5 Pemain Asia dengan Torehan Gol Terbanyak di Kompetisi Serie Agentlemanultra.com

Pemain asal Asia yang paling banyak membukukan gol di ajang Serie A adalah Mark Bresciano. Pemain asal Australia ini total menciptakan 31 gol dan 17 assist dari 247 pertandingan. Untuk mencatatkan semua itu, ia membutuhkan waktu selama 12 musim di ajang tertinggi Italia itu.

Bresciano sendiri pernah membela sejumlah tim Italia, seperti FC Empoli, AC Parma, US Palermo, dan Lazio. Dari semua klub itu, sang pemain mampu tampil apik ketika membela Parma, di mana ia menciptakan 20 gol dan 8 assist dari 145 pertandingan di berbagai ajang.

2. Hidetoshi Nakata (Jepang) – 24 gol 

5 Pemain Asia dengan Torehan Gol Terbanyak di Kompetisi Serie Agoal.com

Hidetoshi Nakata merupakan salah satu pemain Asia yang cukup terkenal di Serie A pada masanya. Selama karier profesionalnya, ia telah habiskan untuk bermain di kompetisi tertinggi Italia tersebut. Tercatat, sang pemain tampil bersama tim-tim Italia selama 8 musim lamanya.

Selama waktunya itu, Nakata sukses menciptakan 24 gol dan 9 assist dari 182 pertandingan. Pemain yang berposisi sebagai gelandang ini tergolong pensiun muda, yakni pada usia 29 tahun. Berbagai klub seperti Perugia, AS Roma, Parma, Bologna, hingga Fiorentina pernah dibela oleh pemain asal Jepang ini.

Baca Juga: 5 Pemain Asia yang Pernah Tampil di Final Kompetisi Eropa, Siapa Saja?

3. Takayuki Morimoto (Jepang) – 19 gol 

5 Pemain Asia dengan Torehan Gol Terbanyak di Kompetisi Serie Agoal.com

Takayuki Morimoto memulai karier pertama kali di Eropa dengan klub Italia, Catania pada tahun 2006. Saat itu, ia diboyong dari Liga Jepang setelah tampil menjanjikan di usia yang cukup muda.

Sayangnya, karier sang pemain di tanah Italia tidak berjalan mulus. Meski demikian, Morimoto mampu menciptakan 19 gol dan 9 assist dari 104 pertandingan.

Setelah meredup di Italia, ia kemudian melanjutkan lagi kariernya di Liga Jepang. Di negara asalnya itu, pemain yang saat ini berusia 32 tahun itu sukses menghidupkan lagi kariernya.

4. Ilyos Zeytulayev (Uzbekistan) – 11 gol 

5 Pemain Asia dengan Torehan Gol Terbanyak di Kompetisi Serie Ajuvefc.com

Ilyos Zeytulayev adalah pemain asal Uzbekistan yang pertama kali memulai karier di Italia. Pada tahun 2001, ia direkrut oleh Juventus untuk bermain di tim akademi. Sayangnya, saat usia sang pemain sudah siap untuk bergabung dengan tim utama, Zeytulayev justru tidak dimasukkan ke dalam skuad utama lantaran Juventus ketika itu sudah mencapai batas kuota pemain non-Uni Eropa.

Alhasil, sang pemain pun dilepas ke Reggina pada Januari 2015. Selama berkarier di Serie A, Zeytulayev berhasil membukukan 11 gol.

5. Shunsuke Nakamura (Jepang) – 11 gol 

5 Pemain Asia dengan Torehan Gol Terbanyak di Kompetisi Serie A90min.com

Nama Shunsuke Nakamura tentu tidak asing lagi bagi pencinta sepak bola. Pasalnya, ia beberapa kali tampil di ajang tertinggi di Eropa. Pemain asal Jepang itu memulai kariernya di Eropa dengan bergabung bersama Reggina pada musim panas 2002.

Walau hanya tampil selama 3 musim di kompetisi Italia, sang pemain sukses membukukan 11 gol dan 3 assist dari 80 pertandingan. Performa Nakamura sendiri melejit saat bermain dengan klub Skotlandia, Celtic.

 

Dari kelima pemain Asia di atas, siapa saja yang pernah kamu tonton permainannya di ajang Serie A?

Baca Juga: 5 Pemain Asia Terbaik yang Berkarier di Eropa, Siapa Saja? 

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya