Comscore Tracker

Tinggalkan Arsenal, 5 Pemain Ini Berhasil Meraih Trofi Liga Champions

Thierry Henry salah satunya 

Arsenal merupakan salah satu klub elite yang belum pernah memenangi trofi Liga Champions. Walau begitu, The Gunners setidaknya pernah tampil di pertandingan final Liga Champions. Arsenal tercatat pernah bermain di laga puncak Liga Champions pada tahun 2006. Klub asal London Utara ini saat itu masih dilatih oleh Arsene Wenger.

Sayangnya, Arsenal ketika itu harus kalah dari Barcelona di Stadion Stade de France, Prancis dengan skor tipis 1-2. Sejak saat itu, ada banyak sekali pemain The Gunners yang memutuskan untuk hengkang ke klub lain demi meraih gelar juara Liga Champions. Uniknya, beberapa di antaranya mampu melakukannya di klub lain. Siapa saja para pemain itu? Check this out!

1. Alex Oxlade-Chamberlain 

Tinggalkan Arsenal, 5 Pemain Ini Berhasil Meraih Trofi Liga ChampionsAlex Oxlade-Chamberlain (liverpoolfc.com)

Alex Oxlade-Chamberlain tercatat bermain bersama The Gunners selama 6 musim dari 2011 hingga 2017. Selama waktunya itu, ia mampu membawa klubnya memenangi 3 trofi Piala FA. Namun pada musim panas 2017, sang pemain memutuskan untuk hengkang ke Liverpool.

Hanya berselang dua tahun, Chamberlain akhirnya bisa meraih gelar Liga Champions bersama The Reds. Satu tahun setelahnya, ia juga merasakan trofi Premier League, yang tidak didapatkannya selama membela Arsenal.

2. Olivier Giroud 

Tinggalkan Arsenal, 5 Pemain Ini Berhasil Meraih Trofi Liga ChampionsOlivier Giroud (skysports.com)

Olivier Giroud memulai kariernya di kompetisi Premier League dengan bergabung bersama Arsenal pada tahun 2012. Sama seperti Chamberlain, penyerang asal Prancis ini juga menghabiskan waktunya di Stadion Emirates selama 6 tahun. Pada bursa transfer musim dingin 2018, ia memutuskan pergi ke Chelsea.

Sayangnya, Giroud hanya menjadi penyerang pelapis selama di Stamford Bridge. Meski demikian, sang pemain setidaknya mampu membantu The Blues meraih gelar juara Liga Champions pada musim lalu. Kini pria berusia 35 tahun itu bermain di kompetisi Serie A dengan membela AC Milan.

Baca Juga: 5 Catatan Menarik Kemenangan Fantastis Arsenal atas Aston Villa

3. Serge Gnabry 

Tinggalkan Arsenal, 5 Pemain Ini Berhasil Meraih Trofi Liga ChampionsSerge Gnabry (fcbayern.com)

Nama Serge Gnabry memang pertama kali mencuat ketika membela Arsenal. Akan tetapi, pemain asal Jerman ini tak mendapatkan banyak kesempatan untuk bermain di klub asal London Utara itu. Sempat dipinjamkan ke West Bromwich Albion, ia akhirnya dilepas secara permanen ke Werder Bremen pada 2016.

Satu musim setelahnya, Gnabry kemudian diboyong oleh Bayern Munchen. Di Allianz Arena, ia sukses meraih banyak sekali gelar juara, termasuk trofi Liga Champions musim 2019/2020. Lebih istimewanya lagi, Bayern Munchen mampu meraih treble winner di musim tersebut.

4. Ashley Cole 

Tinggalkan Arsenal, 5 Pemain Ini Berhasil Meraih Trofi Liga ChampionsAshley Cole (twitter.com/squawka)

Ashley Cole bisa dibilang sebagai salah satu produk akademi Arsenal terbaik sepanjang masa. Pemain yang berposisi sebagai bek sayap kiri ini promosi ke tim utama pada tahun 1999. Ia turut membantu tim meraih banyak trofi domestik selama berseragam Arsenal. Tidak hanya itu, sang pemain juga tampil di final Liga Champions tahun 2006.

Setelah dikalahkan Barcelona 2-1, Cole kemudian memilih untuk pergi ke klub rival, Chelsea pada musim panas 2006. Bersama klub itu, ia bermain sangat baik di posisinya dan sukses mempersembahkan sejumlah gelar bergengsi, termasuk trofi Liga Champions musim 2011/2012.

5. Thierry Henry 

Tinggalkan Arsenal, 5 Pemain Ini Berhasil Meraih Trofi Liga ChampionsThierry Henry (twitter.com/fcbarcelona)

Thierry Henry berada di puncak kariernya ketika berseragam Arsenal. Bersama tim London Utara itu, penyerang asal Prancis ini mampu memenangi banyak sekali penghargaan individu, salah satunya adalah top skor Premier League sebanyak 4 kali. Ia juga turut bermain ketika melawan Barcelona di final Liga Champions 2006.

Namun, hanya berselang setahun, Henry memutuskan untuk hengkang ke Barcelona. Di tahun keduanya membela Barcelona, ia akhirnya bisa merasakan gelar juara Liga Champions. Barcelona ketika itu sukses mengalahkan Manchester United dengan skor 2-0.

Arsenal sendiri tercatat sudah beberapa tahun terakhir absen dari turnamen Liga Champions. Bahkan, di musim ini, tim asuhan Mikel Arteta itu tidak bermain di salah satu kompetisi Eropa, baik Liga Champions, Liga Europa, dan Liga Konferensi Eropa. Hal tersebut tentu sangat mengecewakan bagi tim sekelas Arsenal yang memiliki sejarah panjang di sepak bola Eropa.

Baca Juga: Rapor 8 Pemain Arsenal yang Dipinjamkan ke Klub Lain Musim Ini

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya