Comscore Tracker

Olahraga Saat Puasa? Ini Tipsnya Agar Kamu Gak Lemes!

Tetap sehat walau sedang berpuasa

Berpuasa bukan berarti membuat badan kita merasa lemas loh. Tetap menjaga kebugaran tubuh menjadi hal yang perlu diperhatikan. Selain mengatur menu makanan saat sahur dan berbuka, olahraga membantu tubuh kita tidak lemas selama berpuasa. Namun, olahraga saat dalam keadaan berpuasa juga jangan sembarangan loh. Yuk intip tips di bawah ini agar tidak kelelahan olahraga saat berpuasa.

1. Perhatikan waktu yang tepat untuk berolahraga

Olahraga Saat Puasa? Ini Tipsnya Agar Kamu Gak Lemes!abcnews

Jika kamu ingin melakukan olahraga dalam keadaan berpuasa, lebih baik dilakukan 30-60 menit menjelang waktu berbuka. Karena jika sudah mulai kelelahan tidak terlalu lama menunggu karena jarak dengan waktu berbuka tidak terlalu lama.

2. Pilih tempat yang sejuk ketika olahraga

Olahraga Saat Puasa? Ini Tipsnya Agar Kamu Gak Lemes!kpwb.org

Tidak hanya memperhatikan waktu, tempat berolahraga juga memberi pengaruh loh. Carilah tempat olahraga yang sejuk agar kita juga nyaman dan tidak cepat lelah. Jangan sampai gara-gara kepanasan saat olahraga malah membuatmu kelelahan dan kehausan.

3. Pilihan olahraga yang baik dilakukan saat berpuasa

Olahraga Saat Puasa? Ini Tipsnya Agar Kamu Gak Lemes!myfitnesspal

Jenis olahraga yang dipilih pun sebaiknya tidak terlalu berat. Cukup melakukan olahraga dengan intensitas sedang seperti yoga, jogging atau bersepeda. Atau bisa juga melakukan workout ringan, seperti push up, sit up, plank.

Baca Juga: 7 Manfaat Olahraga Ini Hanya Didapatkan Maksimal Saat Puasa, Coba deh!

4. Perbanyak minum air putih

Olahraga Saat Puasa? Ini Tipsnya Agar Kamu Gak Lemes!NBC News

Ketika kita berpuasa, pasti tubuh kita kekurangan cairan sehingga mudah terkena dehidrasi. Bagi kamu yang rutin berolahraga selama berpuasa, dianjurkan untuk mengonsumsi air putih yang cukup saat sahur dan saat berbuka puasa.

5. Imbangi olahraga dengan makanan yang tepat

Olahraga Saat Puasa? Ini Tipsnya Agar Kamu Gak Lemes!DailyTimes

Pilihlah menu makanan yang bergizi saat sahur dan berbuka puasa. Demi menjaga tubuh tetap sehat, olahraga saja tidak cukup loh. Selain perbanyak minum air putih, makan makanan yang bergizi juga sangat penting diperhatikan.

Jangan jadikan puasa sebagai alasan untuk gak berolahraga, tips olahraga saat puasa di atas bisa membantumu tetap semangat berolahraga meski di bulan Ramadan. Semoga tetap sehat dan bugar di bulan puasa!

Baca Juga: 7 Tips Jika Kamu Ingin Berolahraga Saat Bulan Puasa

Ayu Henidar Mulyara Photo Writer Ayu Henidar Mulyara

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya