Corona Virus: Otoritas Olahraga Shanghai Usul Balap F1 Ditunda

GP Shanghai dijadwalkan berlangsung pada 19 April

Shanghai, IDN Times - Wabah virus corona membuat gelaran Formula 1 diselimuti keraguan. Pasalnya, pada 19 April mendatang adu balap mobil tersebut dijadwalkan berlangsung di Shanghai, Tiongkok.

Per Kamis (6/2), ada 563 pasien virus corona tewas di Tiongkok, satu di Filipina dan satu di Hong Kong. Lebih dari 26.000 kasus terjadi di Tiongkok saja, sedangkan ribuan lainnya di lebih dari 20 negara. Otoritas olahraga Shanghai pun menyarankan untuk menunda F1 di negara itu.

1. Semua gelaran olahraga disarankan untuk ditunda

Corona Virus: Otoritas Olahraga Shanghai Usul Balap F1 DitundaPebalap Formula 1 Lewis Hamilton dan pebalap MotoGP Valentino Rossi menaiki tunggangan masing-masing dalam sebuah acara yang diselenggarakan oleh produsen minuman berenergi di Italia. instagram.com/f1

Dilansir dari BBC, Asosiasi Olahraga Shanghai menginstruksikan agar semua lembaga pengurus cabang olahraga yang ada menunda untuk sementara waktu seluruh gelaran sampai ancaman virus corona usai.

Asosiasi tersebut juga memerintahkan lembaga-lembaga olahraga untuk "membuat rencana pencegahan wabah untuk menghindari infeksi di internal" serta untuk "mengimplementasikan sistem managemen kebersihan harian dan menguatkan pendidikan kesehatan agar para karyawan bisa melindungi diri mereka".

2. FIA mengaku memonitor perkembangan situasi dan belum bisa memutuskan

Corona Virus: Otoritas Olahraga Shanghai Usul Balap F1 DitundaSeorang pria menggunakan masker saat berjalan melewati gedung Bursa Saham Shanghai di distrik keuangan Pudong di Shanghai, Tiongkok, saat negara tersebut dilanda wabah virus corona tipe baru, pada 3 Februari 2020. ANTARA FOTO/REUTERS/Aly Song

Melalui situs resmi, asosiasi balap dunia FIA menyatakan "memonitor situasi yang masih berkembang dengan otoritas-otoritas terkait" termasuk klub di bawah Presiden Komisi Medis FIA, Profesor Gerard Saillant.

"FIA akan mengevaluasi kalendar dari balapan mendatang dan, jika diperlukan, akan mengambil langkah-langkah yang dibutuhkan untuk melindungi komunitas olahraga motor global dan publik lebih luas," tulis FIA. Shanghai sendiri berlokasi sekitar 700 kilometer dari Wuhan yang merupakan pusat virus corona.

Baca Juga: Benarkah Virus Corona Bisa Menular Lewat Udara?

3. Beberapa acara di Tiongkok sudah dibatalkan

Corona Virus: Otoritas Olahraga Shanghai Usul Balap F1 DitundaPolisi mengoperasikan drone untuk menyebarkan informasi tentang pencegahan dan kendali virus corona baru, di daerah Baokang, Xiangyang, provinsi Hubei, Tiongkok, pada 4 Februari 2020. Foto diambil tanggal 4 Februari 2020. ANTARA FOTO/China Daily via REUTERS

Express.co.uk melaporkan bahwa sejak virus corona dinyatakan sebagai darurat kesehatan global oleh WHO, sejumlah gelaran olahraga di Tiongkok diumumkan ditunda. Salah satunya adalah Kejuaraan Atletik Dunia yang sebenarnya dijadwalkan pada Maret mendatang.

Pengurus cabang olahraga atletik mengaku keputusan itu dibuat "dengan penyesalan", tapi mereka merasa itu adalah langkah yang harus diambil demi kepentingan para atlet yang ingin berkompetisi. Selain itu, FIA juga mengumumkan Formula E yang awalnya akan dilaksanankan di Sanya, Hainan, pada bulan depan resmi diundur sampai waktu yang belum ditentukan.

Dalam pernyataan resmi, FIA menulis: "Mempertimbangkan kekhawatiran soal kesehatan saat ini yang semakin meningkat dan dengan WHO menyatakan virus corona sebagai darurat internasional, Formula E mengambil tindakan yang dibutuhkan untuk memastikan kesehatan dan keselamatan dari para staf, peserta balap serta penonton, yang tetap dianggap sangat penting."

Baca Juga: WNI Positif Corona di Singapura, Menkes: Masih Tunggu Konfirmasi

Bianca Nazanin Photo Verified Writer Bianca Nazanin

typing...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya