Comscore Tracker

5 Pesepak Bola Berusia 19 Tahun dengan Market Value Tertinggi Saat Ini

Calon bintang sepak bola masa depan #IDNTimesSport

Ada banyak sekali pemain muda potensial di dunia sepak bola saat ini. Kylian Mbappe dan Erling Haaland adalah contohnya. Di usia mereka yang masih muda, mereka adalah bagian terpenting dari klub maupun timnas yang mereka bela. Sejak berusia belia, talenta mereka sudah tampak dan menjadi incaran klub besar Eropa.

Kini nama-nama baru bermunculan dengan bakat yang mereka miliki masing-masing. Di usia yang belum genap 20 tahun, beberapa pemain ini sudah menjadi pemain inti bagi klubnya dan membuat nilai jual mereka menjadi sangat tinggi.

Berikut adalah 5 pemain berusia 19 tahun dengan market value tertinggi saat ini.

1. Bukayo Saka - 65 juta Euro

5 Pesepak Bola Berusia 19 Tahun dengan Market Value Tertinggi Saat Inipotret Bukayo Saka (standard.co.uk)

Bukayo Saka adalah salah satu pemain muda terbaik di English Premier League musim lalu dengan torehan 5 gol dan 4 asis. Penampilan gemilangnya membuat Saka dipanggil timnas Inggris untuk memperkuat skuad di Euro 2020.

Pada ajang tersebut, Saka menjadi starter di semi final melawan Denmark dan menjadi pemain Inggris termuda yang berlaga di semi final atau final turnamen besar internasional. Saka juga mencatatkan satu asis pada pertandingan tersebut.

Saka mendapat banyak kritikan dan hujatan karena ia adalah salah satu dari tiga pemain Inggris yang gagal mengeksekusi penalti saat melawan Italia di final Euro 2020. Meski begitu, mengingat usianya yang masih muda, Saka masih bisa berkembang dan menjadi pemain penting bagi Arsenal dan timnas Inggris kelak.

2. Mason Greenwood - 50 Juta Euro

5 Pesepak Bola Berusia 19 Tahun dengan Market Value Tertinggi Saat Inipotret Mason Greenwood (metro.co.uk)

Mason Greenwood belum genap merayakan ulang tahunnya yang ke-20. Meski begitu, sejauh ini ia telah membuat lebih dari 100 penampilan di semua kompetisi untuk Manchester United. Itu menjelaskan mengapa dia adalah salah satu pemain muda termahal saat ini.

Greenwood telah memainkan 31 pertandingan dari dua musim di Liga Inggris dengan torehan 17 gol dan 3 asis.  Musim ini Greenwood harus bersaing dengan rekrutan anyar MU, Jadon Sancho, untuk satu tempat di tim utama The Red Devils musim 2021/2022.

Baca Juga: Bos Klub Sepak Bola, 9 Potret Raffi Ahmad Vs Atta Saat Bermain Bola  

3. Nuno Mendes - 40 Juta Euro 

5 Pesepak Bola Berusia 19 Tahun dengan Market Value Tertinggi Saat Inipotret Nuno Mendes (talentsgeneration.com)

Nuno Mendes adalah salah satu full-back yang mencuri perhatian saat ini. Bek kiri Sporting Lisbon berusia 19 tahun tersebut tampil mengesankan di musim pertamanya di Primeira Liga Portugal dan turut menyumbang 1 gol dan 1 asis. Nuno Mendes juga menjadi bagian dari skuad Portugal di Euro 2020 meskipun tidak mendapatkan menit bermain sama sekali.

Pada bursa transfer musim ini namanya dilirik oleh sejumlah klub papan atas Eropa. Sporting Lisbon memasang harga 50 juta euro bagi tim yang berminat memboyong Nuno Mendes.

4. Ryan Gravenberch - 33 Juta Euro 

5 Pesepak Bola Berusia 19 Tahun dengan Market Value Tertinggi Saat Inipotret Ryan Gravenberch (Goal.com)

Di usianya yang masih sangat muda, Ryan Gravenberch telah menjadi salah satu pemain kunci Ajax di Eredivisie musim 2020-21 lalu. Sebagai seorang gelandang, Ryan mampu berkontribusi dengan 3 gol dan 5 asis.

Masuk ke skuad Belanda di Euro 2020, Gravenberch mencetak gol dalam pertandingan persahabatan melawan Georgia dan menjadi pencetak gol termuda untuk De Oranje dalam dua dekade terakhir.

Manajer Barcelona, Ronald Koeman adalah pengagum Gravenberch dan tertarik untuk memboyongnya ke Camp Nou, kandang Barcelona.

5. Jeremy Doku - 26 Juta Euro

5 Pesepak Bola Berusia 19 Tahun dengan Market Value Tertinggi Saat Inipotret Jeremy Doku (world-today-news.com)

Jeremy Doku adalah salah satu pemain sayap paling berbakat saat ini. Setelah pindah ke Stade Rennais di Ligue 1 musim lalu, Doku sukse mencatatkan 2 gol dan 3 asis. Pemain berusia 19 tahun itu mencatatkan 110 dribel sukse musim lalu. Catatan impresif ini adalah yang terbanyak dilakukan oleh pemain berusia 23 tahun ke bawah di lima liga top Eropa.

Memainkan turnamen besar pertamanya di Euro 2020, Doku tampil mengesankan pada pertandingan kontra Italia di babak perempat final. Sayang, timnas Belgia yang dibela oleh Doku harus tunduk pada kekuatan timnas Italia yang mengakhiri turnamen sebagai juara.

Liverpool adalah salah satu dari beberapa klub top Eropa yang berminat menggunakan jasa Doku.

Di usia mereka yang masih sangat muda, tentu potensi sederet pemain ini untuk menjadi lebih baik lagi masih terbuka lebar. Itu artinya, market value mereka juga berpotensi semakin naik seiring dengan permainan yang mereka tunjukan.

Baca Juga: 5 Calon Kuat Pengganti Mbappe di PSG Jika Jadi Hengkang ke Madrid

Bima Kristian Pranoto Photo Verified Writer Bima Kristian Pranoto

Mahasiswa Teknik Informatika Universitas Islam Riau Ig @17bimachristian

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya