Comscore Tracker

9 Fakta Unik Adidas, Brand Olahraga yang Dipakai Atlet Top Dunia

Adidas kini menjadi brand terbesar di bidang olahraga

Ada banyak merek alas kaki di dunia, tetapi hanya sedikit yang memiliki brand olahraga, fashion, gaya hidup dan budaya populer sebanyak Adidas. Didirikan beberapa dekade yang lalu, Adidas telah mengalami pasang surut di pasar sepatu kets.

Merek ini nyaris mendekati kebangkrutan pada awal 1990-an, tetapi mampu bertahan dan muncul sebagai pemenang. Sejak itu Adidas terus berkembang pesat hingga saat ini. Nah, berikut 9 fakta unik mengenai Adidas yang menjadi merek dunia.

1. Didirikan oleh Dassler bersaudara

9 Fakta Unik Adidas, Brand Olahraga yang Dipakai Atlet Top Duniashelflife.co.za

Adidas didirikan oleh Dassler bersaudara yang berasal dari Jerman sekitar tahun 1940-an. Setelah bekerja bersama selama bertahun-tahun di perusahaan keluarga bernama Gebrüder Dassler, Adi Dassler dan kakak laki-lakinya yakni Rudolf mulai berselisih. Mereka membagi perusahaan serta asetnya dan pada akhir 1940-an, membentuk dua perusahaan yang terpisah yakni Adidas dan Puma. Perseteruan itu berlangsung selama beberapa dekade, hingga pertandingan sepak bola simbolis pada tahun 2009.

2. Hampir dinamakan Addas

9 Fakta Unik Adidas, Brand Olahraga yang Dipakai Atlet Top Dunianjmarlins.com

Pendirinya yakni Adolf "Adi" Dassler, ingin mereknya disebut Addas setelah berpisah dengan saudaranya Rudolf. Tetapi menurut buku Barbara Smit Sneaker Wars, pendaftarannya ditolak karena sudah ada perusahaan sepatu anak-anak Jerman dengan nama itu.Penambahan vokal tunggal membuat perbedaan. Demikian pula, saudaranya ingin mendaftarkan perusahaan barunya bernama Ruda tetapi dianggap tidak elok dan gemuk, lalu dipilih Puma sebagai gantinya.

3. Jesse Owens adalah atlet pertama yang menggunakan Adidas

9 Fakta Unik Adidas, Brand Olahraga yang Dipakai Atlet Top Duniadocumentarytube.com

Sebelum kelahiran Adidas, fokus Adi adalah pada sepatu berduri untuk olahraga. Selama Olimpiade 1936, Adi tahu bahwa atlet Jerman akan mengenakan sepatu berduri, tetapi ia bertekad untuk mencoba sepatunya untuk Jesse Owens.

Setelah mencoba sepatu Adidas, Owens ketagihan dan dia menyatakan bahwa “dia menginginkan sepatu itu atau tidak sama sekali.” Atlet itu memenangkan empat medali emas.

Baca Juga: Warna Jaket Baru Adidas Ini BIRU atau HIJAU?

4. Tiga strip ikonik bukan dari Adidas

9 Fakta Unik Adidas, Brand Olahraga yang Dipakai Atlet Top Duniathinkmarketingmagazine.com

Dunia mengakui tiga garis sebagai merek dagang untuk Adidas sekarang, tetapi garis-garis itu bukan milik Dassler sampai tahun 1951. Ketika ia membelinya dari merek sepatu asal Finlandia yakni Karhu. Ceritanya bahwa Karhu menjual merek dagang ke Adidas untuk dua botol wiski.

Ketika adidas berkembang menjadi brand pakaian, Adidas mengadopsi trefoil sebagai logonya. Trefoil adalah tanaman seperti semanggi dengan daun tiga lobus, yang sesuai dengan motif tiga garis. Desainer yang berbasis di Nuremberg, Hans Fick adalah pembuat logo trefoil.

5. Menjual tracksuit pertama pada tahun 1967

9 Fakta Unik Adidas, Brand Olahraga yang Dipakai Atlet Top Dunianssmag.com

Adidas mengambil langkah pertama ke dunia pakaian olahraga dengan menggandeng pesepakbola Franz Beckenbauer. Menurut laporan penjualan, brand pakaian olahraga Adidas menghasilkan hampir USD 2 miliar pada kuartal pertama tahun 2016 yang lalu.

6. Kesalahan terbesar Adidas

9 Fakta Unik Adidas, Brand Olahraga yang Dipakai Atlet Top Duniaopencourt-basketball.com

Menurut The Wall Street Journal, Jordan ingin menandatangani  kontrak dengan Adidas ketika ia direkrut pada tahun 1984. Adidas dilaporkan ingin mewujudkannya, tetapi eksekutif ingin pemain yang lebih tinggi untuk mewakili mereka di dunia Basket. Kehilangan Jordan adalah salah satu kesalahan terbesar dalam sejarah Adidas.

Kareem Abdul-Jabbar adalah pemain bola basket pertama yang dikontrak Adidas, sementara Bintang tenis Stan Smith membuat penjualan melambung ketika dia mendaftar dan mendapatkan siluet yang dinamai menurut namanya. Selama bertahun-tahun, banyak atlet di berbagai cabang olahraga bekerjasama dengan Adidas.

7. Kontrak seumur hidup dengan David Beckham

9 Fakta Unik Adidas, Brand Olahraga yang Dipakai Atlet Top Duniasoccerbible.com

Mantan bintang sepak bola ini belum pernah bermain dalam pertandingan profesional sejak 2013, tetapi ia masih menjadi bagian dari keluarga Adidas untuk selamanya. Pada tahun 2003, ia menandatangani kesepakatan seumur hidup senilai USD 160,8 juta dengan Adidas. Beckham menerima setengah dari uang muka dan sekarang setelah pensiun ia menjadi brand ambassador dari Adidas.

8. Siapapun dapat mengakses arsip online Adidas

9 Fakta Unik Adidas, Brand Olahraga yang Dipakai Atlet Top Duniasolecollector.com

Pada tahun 2013, Adidas meluncurkan arsip untuk memberikan penggemar pengalaman yang lebih dekat dengan sejarah Adidas. Situs ini beroperasi lebih seperti museum online dan menampilkan foto-foto model sepatu lama, katalog vintage dan informasi mengenai orang-orang serta produk yang membuat perusahaan seperti sekarang ini.

9. Sepatu yang akan dikenakan di ruang angkasa

https://www.youtube.com/embed/yGi1qz1zWrw

Adidas Y-3  dan desainer Yohji Yamamoto mengumumkan pada Januari 2017 bahwa penumpang yang naik penerbangan komersial pertama ke luar angkasa bersama Virgin Galactic (termasuk Leonardo DiCaprio dan Richard Branson) akan mengenakan jumpsuits dan sepatu bot dari Adidas.

Prototipe jas dan sepatu terbuat dari kulit dan bahan tahan api serta tim Y-3 akan terus menguji dan membuat perbaikan pada desain sampai tanggal peluncuran yang belum ditentukan.

Nah itulah 9 fakta unik mengenai Adidas. Bisa dibilang Adidas saat ini adalah salah satu brand olahraga terbesar yang banyak digunakan oleh atlet ternama di dunia seperti Lionel Messi, Gareth Bale dan lainnya.

Baca Juga: 15 Potret Kemegahan Kantor Adidas, Asyik dan Futuristik Banget

Bima Kristian Pranoto Photo Verified Writer Bima Kristian Pranoto

Night Hunter. Ig @17bimachristian

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Efendi Ari Wibowo

Just For You