10 Pemain yang Pernah Memperkuat Barcelona dan Juga Real Madrid  

Ada yang dicap sebagai pengkhianat, lho! 

Persaingan antara Barcelona dan Real Madrid adalah salah satu pertandingan yang paling ditunggu setiap musimnya. Pasalnya mereka berdua tidak hanya adu gengsi didalam lapangan tapi juga sarat akan unsur politik di dalamnya. Kembali sejenak kita mengingat siapa saja sih pemain yang pernah membela dua kubu.

Dan di bawah ini adalah 10 pemain yang pernah memperkuat Barcelona dan Real Madrid, ada yang sampai dicap pengkhianat lho. 

1. Luis Figo  

10 Pemain yang Pernah Memperkuat Barcelona dan Juga Real Madrid  technosports.co.in

Bisa dibilang kepindahan Luis Figo dari Barcelona ke Real Madrid sangatlah kontroversial. Luis Figo pindah ke ibukota Spanyol dalam kesepakatan £37.4 juta atau setara dengan Rp680 milliar yang saat itu menjadi rekor dunia pada tahun 2000.

Luis Figo kemudian memenangkan dua gelar La Liga dan Liga Champions bersama Real Madrid. Sedangkan di Catalunya, Luis Figo memenangkan dua gelar La Liga dan Cup Winners. Luis Figo dicap sebagai pengkhianat oleh pendukung Barcelona. Pada saat laga El Classico, Luis Figo yang hendak mengambil tendangan pojok mendapatkan lemparan kepala babi dari salah satu fans Barcelona.

2. Bernd Schuster  

10 Pemain yang Pernah Memperkuat Barcelona dan Juga Real Madrid  besoccer.com

Pemain lain yang pindah langsung dari Barcelona ke Real Madridkadalah Bernd Schuster. Schuster memenangkan satu gelar La Liga selama delapan tahun di Nou Camp sebelum mengangkat trofi La Liga berturut-turut selama dua musim di Santiago Bernabeu.

Setelah itu Bernd Schuster pergi pada tahun 1990 untuk bergabung dengan rival sekota mereka yakni Atletico Madrid. menghabiskan tiga tahun di sana sebelum ia kembali ke Jerman dengan Bayer Leverkusen.

3. Ronaldo  

10 Pemain yang Pernah Memperkuat Barcelona dan Juga Real Madrid  9sportpro.com

Ronaldo menghabiskan hanya satu musim di Barcelona setelah bergabung dari PSV pada tahun 1996. Ronaldo mencetak 47 gol dalam 49 pertandingan dan memenangkan penghargaan Pemain Terbaik Dunia FIFA dan memecahkan  rekor transfer dunia saat itu kala ia pindah ke Inter Milan.

Setelah lima tahun di Serie A, Ronaldo kembali ke Spanyol bersama Real Madrid dan memenangkan dua gelar La Liga tetapi gagal mendapatkan trofi Liga Champions.

4. Julen Lopetegui  

10 Pemain yang Pernah Memperkuat Barcelona dan Juga Real Madrid  marca.com

Mantan manajer tim nasional Spanyol dan Real Madrid ini hanya membuat satu penampilan dalam tiga tahun untuk Real Madrid setelah ia bermain untuk tim Real Madrid Castilla B saat masih muda. Setelah dipinjamkan ke Las Palmas dan tiga tahun di Logrones, Julen Lopetegui pindah ke Nou Camp dan kemudian bermain untuk Barca hanya lima pertandingan antara tahun 1994-1997.

5. Robert Prosinecki  

10 Pemain yang Pernah Memperkuat Barcelona dan Juga Real Madrid  goal.com

Didatangkan dari klub Red Star Belgrade pada tahun 1997, Prosinecki bermain 73 kali di semua kompetisi untuk Real Madrid sebelum ia pindah ke klub Spanyol Oviedo selama satu musim. Penampilan yang mengesankan bersama Oviedo membuat Barcelona merekrutnya, tetapi ia kembali bertahan hanya untuk satu musim dan memainkan 23 pertandingan saja sebelum pindah ke Sevilla.

Baca Juga: LaLiga akan Dimulai Lagi, Barcelona dan Real Madrid Siap Berpacu!

6. Javier Saviola  

10 Pemain yang Pernah Memperkuat Barcelona dan Juga Real Madrid  elespanol.com

Saviola bermain untuk Barcelona setelah bergabung dari River Plate pada tahun 2001, membuat lebih dari 30 penampilan di tiga musim pertamanya dan mencetak total 44 gol di La Liga. Namun, setelah itu Saviola dipinjamkan ke Monaco dan Sevilla. Pada tahun 2007, Saviola memutuskan membelot ke Real Madrid. Dua tahun di Real Madrid dengan 29 penampilan, lalu Saviola pindah ke Benfica.

7. Gheorghe Hagi  

10 Pemain yang Pernah Memperkuat Barcelona dan Juga Real Madrid  besoccer.com

Dianggap sebagai pemain terbaik Rumania sepanjang masa, Hagi membuat langkah besar setelah ia pindah dari Steaua Bucharest ke Real Madrid pada tahun 1990 dan menghabiskan dua tahun di Santiago Bernabeu dengan memenangkan satu trofi Piala Super Spanyol. Lalu ia pindah ke Italia untuk bergabung dengan Brescia.

Setelah dua tahun di Italia bersama Brescia, ia kembali ke Spanyol bersama Barca dan menghabiskan dua musim lagi di La Liga sebelum ia membela salah satu klub asal Turki yakni Galatasaray.

8. Samuel Eto'o  

10 Pemain yang Pernah Memperkuat Barcelona dan Juga Real Madrid  tribuna.com

Kamu mungkin lupa bahwa Samuel Eto'o memulai karier profesionalnya bersama Real Madrid, di mana ia tampil enam kali untuk Real Madrid dan dipinjamkan tiga kali ke klub yang berbeda. Namun, Samuel Eto'o dikontrak permanen oleh Real Mallorca dan ia menarik perhatian dan pindah ke Barcelona pada tahun 2004. Lima tahun di Catalan dengan koleksi delapan trofi dan 130 gol. 

9. Luis Enrique  

10 Pemain yang Pernah Memperkuat Barcelona dan Juga Real Madrid  sportskeeda.com

Satu-satunya pemain di daftar ini yang pindah langsung dari Real Madrid ke Barcelona, Luis Enrique juga mengalami El Clasico sebagai manajer, yang bertanggung jawab atas raksasa Nou Camp antara tahun 2014 hingga 2017.

Di Real Madrid, Luis Enrique bermain lebih dari 200 penampilan sebelum pindah ke Barca dengan status bebas transfer pada tahun 1996. Di Barcelona, Enrique memenangkan tujuh trofi dalam delapan tahun sebelum pensiun pada tahun 2004 dan beralih menjadi pelatih.

10. Michael Laudrup  

10 Pemain yang Pernah Memperkuat Barcelona dan Juga Real Madrid  thefalse9.com

Pemain lain yang pindah langsung dari Barcelona ke Real Madird adalah Michael Laudrup. Michael Laudrup pindah pada tahun 1994 ke Real Madrid setelah lima tahun di Barca dan meraih empat gelar La Liga di Nou Camp.

Dia membawa sentuhan emasnya ke Santiago Bernabeu dengan membantu Real Madrid memenangkan gelar di musim pertamanya, tetapi dia bertahan hanya untuk satu musim sebelum pindah ke klub Jepang Vissel Kobe.

Nah itulah 10 pemain yang pernah membela Real Madrid dan juga Barcelona. Persaingan dua klub ini bisa dibilang adalah yang paling sengit di jagat sepak bola selama puluhan tahun.

Baca Juga: 6 Pemain yang Pernah Membela Atletico Madrid & Barcelona, Siapa Saja?

Bima Kristian Pranoto Photo Verified Writer Bima Kristian Pranoto

Alumni Teknik Informatika Universitas Islam Riau Ig @17bimachristian

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya