Comscore Tracker

5 Pemain Jebolan La Masia yang Kini Jadi Tulang Punggung Barcelona

Termasuk wonderkid Ansu Fatid

La Masia de Can Planes atau yang lebih kita kenal dengan nama La Masia adalah akademi pemain muda milik Barcelona. La Masia sudah terkenal di dunia sepak bola sebagai salah satu akademi sepak bola terbaik, bersanding dengan akademi Ajax Amsterdam, School van De Toekomst. 

Akademi La Masia sudah menghasilkan banyak pemain berbakat contohnya adalah Lionel Messi, Cesc Fabregas, Mikel Arteta, Andres Iniesta dan Xavi Hernandez. Walaupun Barcelona sedang mengalami krisis keuangan saat ini, nyatanya mereka masih bisa bertahan dengan mengandalkan pemain lulusan La Masia. Di bawah ini adalah lima pemain jebolan La Masia yang kini jadi tulang punggung Barcelona.

1. Gerard Pique 

5 Pemain Jebolan La Masia yang Kini Jadi Tulang Punggung BarcelonaGerard Pique (sporf.com)

Gerard Pique merupakan salah satu bek paling sukses yang pernah bermain untuk FC Barcelona. Sejak tahun 1999 hingga 2004, Pique menimba ilmu di akademi Barcelona, La Masia. Pada awal musim 2004/2005, Pique mencari tantangan di Inggris bersama Mancehster United. Namun, setelah empat tahun pergi, pada 2008, Pique kembali menandatangani kontrak dengan klub masa kecilnya, ia ditebus dengan harga 5 juta Euro dan menjadi andalan lini pertahanan Barcelona bersama Carles Puyol.

Dengan total 572 penampilan untuk Blaugaurana, Pique mungkin adalah lulusan La Masia paling sukses yang masih bermain untuk Barcelona saat ini. Gerard Pique adalah lulusan terbaik La Masia yang masih bermain untuk Barcelona pada musim 2021/2022.

2. Sergio Busquets 

5 Pemain Jebolan La Masia yang Kini Jadi Tulang Punggung BarcelonaSergio Busquets (bossvibe.com)

Sergio Busquets adalah pemain penting bagi Barcelona dalam satu dekade terakhir. Busquets adalah definisi dari gelandang bertahan modern saat ini, tak hanya bagus dalam bertahan, tapi ia juga andal memberikan umpan matang bagi rekannya.

Total, Busquets sudah bermain dalam 636 laga bagi Barcelona di semua kompetisi sejak musim 2008/2009 lalu. Dalam karier panjangnya tersebut, Busquets mencetak 15 gol serta 41 assists. Bersama dengan Barcelona, Busquets sudah meraih 3 gelar Liga Champions, 8 gelar La Liga, 7 gelar Copa del Ray. Busquets jelas merupakan salah satu produk La Masia yang paling sukses.

3. Sergi Roberto 

5 Pemain Jebolan La Masia yang Kini Jadi Tulang Punggung BarcelonaSergi Roberto (sportmob.com)

Sergi Roberto adalah gelandang tengah berusia 29 tahun. Roberto sebelumnya tampil sebagai full-back saat karier awalnya bersama Barcelona. Kini, Roberto menjadi penting dalam skuad Barcelona asuhan Ronald Koeman.

Roberto adalah pemain yang menjadi bagian dari sejarah kejayaan Barcelona. Performa spektakuler Roberto melawan PSG pada 2017 adalah salah satu yang sangat menonjol. Dia mencetak gol di menit 95 yang membuat Barcelona meraih kemenangan 6-1.

Bersama Barcelona senior, Sergio Roberto sudah tampil dalam 310 pertandingan dengan catatan 12 gol dan 37 assits. Sergio Roberto berhasil membawa Barcelona memenangkan 2 gelar Liga Champions, 6 gelar La Liga dan 6 gelar Copa del Ray.

4. Ansu Fati

5 Pemain Jebolan La Masia yang Kini Jadi Tulang Punggung BarcelonaAnsu Fati (fcbarcelonanoticias.com)

Ansu Fati adalah wonderkid paling berbakat yang dimiliki oleh Barcelona saat ini. Setelah dia secara ajaib masuk ke tim utama, itu berarti lulusan La Masia lainnya akan tampil untuk Barcelona. Ansu Fati menjalani debut senior bersama Barcelona pada 9 Januari 2020 lalu pada laga semifinal Supercopa Spanyol kontra Atletico Madrid.

Fati saat ini memegang rekor sebagai pemain termuda kedua yang mewakili Barcelona, saat ia melakukan debutnya pada usia 16. Total, Fati sudah bermain dalam 44 laga bersama Barcelona senior dengan catatan 14 gol dan 5 assits.

Setelah cidera selama kurang lebih 10 bulan, Fati menjalani laga comeback pada pertandingan kontra Levante. Masuk sebagai pemain pengganti dan menggunakan nomor punggung 10, Fati hanya bermain 10 menit dan ia langsung mencetak gol pada laga itu.

5. Riqui Puig 

5 Pemain Jebolan La Masia yang Kini Jadi Tulang Punggung BarcelonaRiqui Puig (caughtoffside.com)

Riqui Puig adalah gelandang tengah berusia 22 tahun. Dia adalah pemain lulusan akademi Barcelona,  La Masia. Bersama tim Barcelona B, Riqui Puig bermain dalam 56 laga dengan mengumpulkan 2 gol serta 10 assits.

Di bawah arahan Ronald Koeman, Riqui Puig sulit mendapatkan banyak menit bermain. Di bawah asuhan pelatih Beland, Riqui Puig baru bermain sebanyak 697 menit dalam 26 laga. Bahkan musim ini ia baru tampil dalam 3 pertandingan saja. Mengingat umurnya yang masih muda, Riqui Puig diyakini akan menjadi gelandang masa depan Barcelona.

La Masia memang terkenal berkat melahirkan pesepak bola hebat dengan skill di atas rata-rata. Diyakini bahwa La Masia akan terus menghadirkan bakat-bakat muda potensial di masa yang akan datang.

Bima Kristian Pranoto Photo Verified Writer Bima Kristian Pranoto

Mahasiswa Teknik Informatika Universitas Islam Riau Ig @17bimachristian

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya