Comscore Tracker

5 Pesepak Bola yang Diyakini akan Pensiun pada Akhir Musim 2021/2022

Mereka sudah meraih segalanya di sepak bola

Sepak bola merupakan sebuah olahraga berat yang mengharuskan seorang pemain memiliki fisik yang prima. Biasanya, seorang pesepak bola mulai mengalami penurunan performa serta fisik ketika sudah memasuki usia di atas 30 tahun. Kebanyakan pesepak bola mulai memikirkan pensiun ketika memasuki usia ini.

Dari beberapa pesepak bola senior yang sudah berusia di atas 30 tahun, ada beberapa nama yang mungkin akan memutuskan pensiun pada akhir musim 2021/2022 nanti. Siapa sajakah mereka? Yuk, simak ulasannya berikut ini.

1. Zlatan Ibrahimovic - AC Milan 

5 Pesepak Bola yang Diyakini akan Pensiun pada Akhir Musim 2021/2022Zlatan Ibrahimovic (milanlive.it)

Zlatan Ibrahimovic melakukan debutnya bersama Malmo pada 1999. Ibrahimovic telah bermain untuk 9 klub berbeda dalam 22 tahun dan telah mencapai kesuksesan di hampir semua klub tersebut. Bersama Paris Saint-Germain dan AC Milan, Ibrahimovic meraih kesuksesan yang luar biasa. 

Untuk klub, Zlatan sudah bermain dalam 789 pertandingan dan mencetak 485 gol serta 193 assits. Tak hanya gemilang bersama klub, Zlatan juga tampil impresif bersama timnas Swedia dengan catatan 62 gol dari 118 laga.

Salah satu striker terbaik di generasinya, Zlatan memiliki kemampuan menyerang alami. Walaupun dikenal angkuh, Zlatan merupakan pemain dengan banyak trofi. Zlatan telah memenangkan gelar liga di Belanda, Spanyol, Prancis dan Italia. Satu-satunya trofi yang belum ia menangkan adalah Liga Champions. Dengan kontrak yang akan berakhir pada 30 Juni 2022 mendatang, mampukah Zlatan meriah gelar Champions League musim ini dengan AC Milan?

2. Giorgio Chiellini - Juventus 

5 Pesepak Bola yang Diyakini akan Pensiun pada Akhir Musim 2021/2022Giorgio Chiellini (dailytrust.com)

Giorgio Chiellini adalah salah satu pemain terlama yang membela Juventus di era modern. Setelah melakukan debutnya bersama Livorno, Chiellini menghabiskan dua tahun bersama Fiorentina sebelum akhirnya bergabung dengan Juventus pada 2004 silam. Sejak itu, ia menghabiskan 17 tahun bersama raksasa Italia dan sudah bermain dalam 538 laga. 

Setelah 9 kali menjuarai Serie A bersama Juventus, Chiellini dipastikan akan mencatatkan sejarah sebagai legenda klub. Chiellini tampil mengesankan dengan timnas Italia, bahkan memenangkan kompetisi UEFA Euro 2020 baru-baru ini sebagai kapten. Pemain berusia 37 tahun itu tentu saja memiliki karir yang luar biasa. Kontrak sang pemain akan berakhir pada 30 Juni 2023 mendatang.

Baca Juga: 5 Pesepak Bola dengan Jumlah Assist Terbanyak pada Tahun 2021

3. Thiago Silva - Chelsea

5 Pesepak Bola yang Diyakini akan Pensiun pada Akhir Musim 2021/2022Thiago Silva (newsclay.com)

Thiago Silva adalah salah satu bek terbaik di generasinya. Setelah bersinar di Italia bersama AC Milan, Silva mengambil langkah mengejutkan dengan menandatangani kontrak dengan Paris Saint-Germain pada 2012. Silva menghabiskan 8 tahun di Prancis.

Silva menandatangani kontrak dengan Chelsea tahun lalu. Di bawah asuhan Thomas Tuchel, Silva menjadi salah satu pemain terpenting di lini pertahanan Chelsea. Bersama Chelsea, ia berhasil meraih gelar UEFA Champions League, sesuatu yang tak bisa gapai bersama PSG.

Meski Silva masih tampil prima, jelas terlihat bahwa usianya tak bisa berbohong. Ia tidak bisa lagi tampil dalam setiap pertandingan serta cedera juga sering menghampirinya. Dengan kontrak yang akan berakhir pada Juni 2022 mendatang, apakah ini menjadi musim terakhir bagi Thiago Silva?

4. Luka Modric - Real Madrid 

5 Pesepak Bola yang Diyakini akan Pensiun pada Akhir Musim 2021/2022Luka Modric (naijacampusjams.com)

Luka Modric jelas merupakan salah satu gelandang terbaik di generasinya. Pemain asal Kroasia itu melakukan debutnya bersama Dinamo Zagreb pada tahun 2003, sebelum menandatangani kontrak dengan Tottenham Hotspur pada tahun 2008. Modric menjadi bintang bersama Spurs.

Kehebatan Modric membuat Real Madrid mengontraknya pada tahun 2012. Dalam 9 tahun di Spanyol, Modric telah meraih segalanya. Pemain berusia 36 tahun itu telah memenangkan dua gelar La Liga dan tiga trofi Supercopa de Espana, serta empat gelar Liga Champions UEFA.

Modric memimpin Kroasia ke final Piala Dunia FIFA 2018. Modric juga meraih gelar Ballon d'Or 2018, menjadi gelandang pertama yang memenangkannya dalam lebih dari 12 tahun terakhir. Setelah menginjak usia 36 tahun awal bulan ini, ada spekulasi yang mengatakan bahwa Modric telah mencapai akhir karirnya. Dengan kontraknya yang akan habis pada 2022, tampaknya Modric akan mengakhiri karier yang luar biasa bersama Real Madrid di musim ini.

5. Gianluigi Buffon - Parma 

5 Pesepak Bola yang Diyakini akan Pensiun pada Akhir Musim 2021/2022Gianluigi Buffon (news.in-24.com)

Gianluigi Buffon adalah wajah sepak bola dunia selama lebih dari 20 tahun terakhir. Setelah melakukan debut profesionalnya pada tahun 1995 bersama Parma, Buffon telah menjadi kiper top dalam 20 tahun terakhir. Pemain berusia 43 tahun itu sebelumnya bermain untuk Juventus dan Paris Saint-Germain sebelum kembali ke Parma awal musim ini.

Buffon menghabiskan 17 tahun bersama Juventus sebelum pindah ke Paris pada 2019. Buffon telah memenangkan 10 gelar Serie A serta lima gelar Coppa Italia. Buffon juga memenangkan Ligue 1 di Prancis selama satu tahunbersama PSG. Buffon juga mewakili Italia sejak 1997, membuat total 178 penampilan untuk Gli Azzurri. Momen paling berkesan bersama tim nasional tentu Piala Dunia 2006.

Sekarang berusia 43 tahun, wajar untuk mengatakan bahwa Buffon telah menikmati karir yang panjang dan sukses. Saat Buffon berusia 44 tahun pada Januari 2022 mendatanga, ada kemungkinan besar dia akan pensiun pada 2022.

Dengan usia yang tak muda lagi serta dengan kondisi fisik yang mulai menurun dan semua prestasi sudah diraih, apakah ini saatnya mereka untuk gantung sepatu?

Baca Juga: 5 Pesepak Bola Terhebat yang Berusia di Bawah 30 Tahun, Siapa Saja?

Bima Kristian Pranoto Photo Verified Writer Bima Kristian Pranoto

Mahasiswa Teknik Informatika Universitas Islam Riau Ig @17bimachristian

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya