5 Olahraga Air Ini Nyeleneh Banget, Ada Kejuaraan Dunianya

Olahraga yang bikin tepuk jidat

Olahraga dilakukan untuk menjaga kebugaran tubuh. Maka dari itu, banak jenis olahraga yang dilakukan orang. Ada olahraga ringan hingga olahraga berat. Selain olahraga-olahraga umum, seperti renang, sepak bola, basket, atau voli, di beberapa belahan dunia ada beragam olahraga unik.

Gak hanya di darat, olahraga unik ini dilakukan di air. Bahkan, beberapa olahraga unik ini ada kejuaraan dunianya. Apa saja olahraga unik itu? Simak ulasan selengkapnya.

1. Underwating boxer

5 Olahraga Air Ini Nyeleneh Banget, Ada Kejuaraan Dunianyayoutube.com

Tinju merupakan salah satu olahraga yang cukup populer di dunia. Melibatkan dua orang yang saling bertarung satu lawan satu, olahraga ini biasanya diadakan di atas ring di dalam gedung atau arena outdoor.

Namun, tahu nggak kalau ada tinju di bawah air? Aturan tinju reguler masih dilakukan. Tapi, para petinju harus menahan napas di bawah air selama satu menit dalam tiga putaran. Di antara setiap ronde, mereka bisa mendapatkan udara sebelum ronde berikutnya.

2. Hoki bawah air

5 Olahraga Air Ini Nyeleneh Banget, Ada Kejuaraan Dunianyathelowell.org

Mungkin banyak dari kamu yang baru mendengar olahraga ini. Namun, usut punya usut, hoki bawah air ternyata sudah digagas pada dekade 1950-an silam di Inggris, yang lantas diberi nama octopush.

Seiring waktu, olahraga ini kemudian menyebar ke berbagai negara, termasuk Indonesia. Bahkan, underwater hockey sudah memiliki kejuaraan dunianya sendiri, sedangkan kejuaraan level Benua Kuning bernama Asia Underwater Hockey Championship.

Baca Juga: 7 Olahraga Paling Aneh yang Pernah Ada di Dunia, Sudah Tahu?

3. Splash Diving

5 Olahraga Air Ini Nyeleneh Banget, Ada Kejuaraan Dunianyahensel.eu

Menceburkan diri ke kolam renang dengan seluruh anggota tubuh adalah hal yang biasa. Namun, bagaimana jika ada olahraga yang mengharuskan kamu menceburkan diri ke kolam dengan pantat atau bokong menyentuh air terlebih dahulu?

Bernama splash diving, olahraga ini bertujuan untuk menyemprotkan air sebanyak mungkin melalui tumbukan pantat dengan air. Bahkan, ada kejuaraan dunia splashdiving dengan aturan peserta melompat dari menara setinggi 10 meter.

4. Bog snorkeling

5 Olahraga Air Ini Nyeleneh Banget, Ada Kejuaraan Dunianyawalesonline.co.uk

Snorkeling adalah olahraga bawah air yang umumnya dilakukan di laut atau sungai. Namun, bog snorkeling ini berbeda dari snorkeling biasanya karena diadakan di air sekitar rawa-rawa yang berlumpur.

Entah kapan olahraga ini mulai diadakan, yang jelas sudah rutin dilakukan di Llanwrtyd Wells, Wales, bahkan ada kejuaraan dunianya. Para peserta diharuskan menyusuri rawa-rawa dengan peralatan snorkeling sederhana.

5. Surfing anjing

5 Olahraga Air Ini Nyeleneh Banget, Ada Kejuaraan Dunianyaindependent.co.uk

Melihat orang melakukan surfing atau berselancar mungkin sudah sangat biasa. Tetapi, bagaimana jika kamu menyaksikan seekor anjing menaklukkan ombak di lautan lepas di atas papan seluncur?

Ini bukan adegan film, melainkan ada di dunia nyata. Di Pantai Huntington, California, AS, rutin digelar kejuaraan bertajuk Surf City Surf Dog yang menampilkan anjing-anjing peliharaan beraksi di atas papan seluncur. 

Nah, itu tadi beberapa olahraga air yang unik namun nyata. Kamu berminat melakukan satu di antaranya?

Baca Juga: 5 Fakta Menarik Zorbing, Olahraga Ekstrem di Dalam Bola Besar

Binar Photo Verified Writer Binar

Penggemar Radiohead dan kopi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Efendi Ari Wibowo

Berita Terkini Lainnya