Comscore Tracker

5 Barang 'Tak Biasa' Bekas Pesohor Sepak Bola yang Dilelang Mahal

Ada yang laku miliaran rupiah! #IDNTimesSport

Melelang barang milik pemain sepak bola, seperti jersey, medali, atau sepatu, mungkin sudah hal yang biasa. Bukan cuma pesepak bola asal luar negeri, beberapa talenta lokal juga ada yang pernah melelang koleksi pribadinya, seperti Bambang Pamungkas dan Samsul Arif.

Lalu, apa jadinya jika ternyata barang yang dilelang ternyata tidak dapat disebut sebagai 'barang yang tidak biasa'? Apakah tetap laku atau sebaliknya? Nah, ini beberapa barang unik bekas para pemain dan pelatih sepak bola yang sempat dilelang, kebanyakan secara online.

1. Bola bekas tendangan David Beckham

5 Barang 'Tak Biasa' Bekas Pesohor Sepak Bola yang Dilelang MahalDavid Beckham (nbcnews.com)

Pada Piala Eropa 2004 silam, Inggris harus tersingkir di babak perempat final karena kalah adu penalti melawan Portugal. Salah satu pemain Three Lions yang gagal menjalankan tugasnya adalah David Beckham ketika bola tendangannya melesat tinggi di atas gawang lawan.

Dilansir dari The Guardian, seorang penonton bernama Pablo Carral berhasil menangkap bola itu dan menyembunyikan di balik bajunya untuk keluar stadion. Ia kemudian melelang bola 'bersejarah' tersebut di situs eBay Spanyol dan dikabarkan terjual dengan harga Rp310 juta.

2. Medali kemenangan Jose Mourinho

5 Barang 'Tak Biasa' Bekas Pesohor Sepak Bola yang Dilelang MahalJose Mourinho (independent.ie)

Seperti jersey, melelang medali juara mungkin sudah biasa. Namun, apa jadinya jika medali juara yang dijual itu memang sengaja dibuang oleh sang empunya? Nah, inilah yang terjadi pada medali kemenangan milik Jose Mourinho saat dirinya tengah menukangi Chelsea.

Mou, demikian sapaan akrabnya, sempat melemparkan medali juara Premier League bersama Chelsea ke tribun suporter. Seperti dilansir dari Independent, medali tersebut lantas dilelang dan ternyata mampu terjual lebih dari 16.000 pound sterling atau sekitar Rp316 jutaan.

Baca Juga: 5 Pelatih Sepak Bola Terboros pada Abad ke-21, Siapa Saja?

3. Jersey Camilo Zuniga

5 Barang 'Tak Biasa' Bekas Pesohor Sepak Bola yang Dilelang MahalCamilo Zuniga melanggar Neymar (independent.co.uk)

Masih ingat dengan Camilo Zuniga? Dia adalah pemain timnas Kolombia yang membuat Neymar cedera parah saat Piala Dunia 2014 silam. Alhasil, penyerang Brazil ini harus mengakhiri turnamen lebih cepat. Apesnya, tanpa Neymar, tim Samba dipermak Jerman di semifinal.

Yang unik, situs Bazarsports lantas menawarkan jersey yang dipakai Zuniga kala itu dengan sistem lelang. Dianggap bersejarah karena menjadi 'saksi' cederanya sang mega bintang, kostum Zuniga saat itu sempat ditawar dengan angka USD 2.200 atau setara Rp30 jutaan.

4. Permen karet bekas Alex Ferguson

5 Barang 'Tak Biasa' Bekas Pesohor Sepak Bola yang Dilelang Mahalpermen karet Alex Ferguson (dnaindia.com)

Salah satu ciri khas Alex Ferguson ketika masih menjadi pelatih Manchester United adalah mengunyah permen karet. Hal itu juga dilakukan Sir Alex saat ia melakukan pertandingan terakhir bersama Setan Merah melawan West Bromwich Albion pada Mei 2013 silam.

Setelah dibuang, seorang penggemar lantas memungut permen karet bekas kunyahan Fergie. Enam tahun kemudian, tepatnya Maret 2019, ia melelang permen karet tersebut di situs eBay. Dilansir dari As, barang itu ternyata bisa laku 456 ribu euro atau sekitar Rp7,3 miliar!

5. Tisu bekas tangisan Lionel Messi

5 Barang 'Tak Biasa' Bekas Pesohor Sepak Bola yang Dilelang MahalLionel Messi (apnews.com)

Diakui sebagai salah satu pemain terbaik dunia, apa yang berkaitan dengan Lionel Messi memang dapat menjadi sumber uang. Bahkan, tisu yang digunakan mantan pemain Barcelona itu untuk menyeka mata ditawarkan dengan harga menembus angka Rp14,3 miliar.

Dalam acara perpisahan dengan Barcelona pada Agustus 2021, Messi memang sempat menitikkan air mata. Sang istri, Antonella Roccuzzo, dengan sigap memberikan tisu untuk La Pulga. Seseorang lantas mengambil tisu tersebut, lalu menjualnya di salah satu situs online.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menunjukkan bahwa kita suporter sepak bola sejati. Ada yang rajin menonton pertandingan di stadion, ada yang mengoleksi jersey tim pujaan, dan ada pula yang membeli barang-barang yang berkaitan dengan sosok idola.

Baca Juga: Kayu Mati Barcelona Malah Ditawarkan Warisi Nomor Messi

Binar Photo Verified Writer Binar

Penggemar Radiohead dan kopi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya