Masih Aktif Bermain, Ini 5 Bek dengan Assist Terbanyak di EPL

Urutan pertama andalan Liverpool

Dalam sepak bola modern, seorang bek memang tidak melulu harus bertahan. Mereka juga bisa membantu penyerangan, bahkan tidak mustahil menciptakan assist atau umpan berujung gol untuk rekan setimnya, dan ini yang juga terlihat dalam English Premier League (EPL).

Di kompetisi teratas daratan Inggris, sudah banyak pemain bertahan yang sukses membuat assist dalam sebuah pertandingan. Berikut adalah deretan bek yang masih aktif bermain dengan catatan assist terbanyak sepanjang sejarah EPL. Kira-kira ada idolamu?

1. Andrew Robertson 

Masih Aktif Bermain, Ini 5 Bek dengan Assist Terbanyak di EPLAndrew Robertson (twitter.com/andrewrobertso5)

Andrew Robertson memecahkan rekor sebagai bek dengan assist terbanyak di EPL saat Liverpool mengalahkan Aston Villa dalam laga boxing day 2022. Umpan berujung gol Mohamed Salah membuatnya menciptakan 54 assist, meninggalkan Leighton Baines satu angka di bawahnya.

Bek kelahiran Skotlandia itu mengawali kariernya di EPL bersama Hull City pada tahun 2014. Tiga tahun bareng The Tigers, ia pindah ke Liverpool pada Juli 2017. Bersama The Reds, Robertson sudah memenangkan banyak trofi, termasuk gelar EPL dan UEFA Champions League.

2. Trent Alexander-Arnold 

Masih Aktif Bermain, Ini 5 Bek dengan Assist Terbanyak di EPLTrent Alexander-Arnold (twitter.com/trentaa)

Rekan setim Andrew Robertson di Liverpool, Trent Alexander-Arnold, mengekor di posisi kedua sebagai bek aktif dengan assist terbanyak di EPL. Sejauh ini, bek kanan berpaspor Inggris tersebut telah membuat 45 assist dalam 176 laga dan semuanya bersama The Reds.

Alexander-Arnold adalah putra asli Liverpool dan bergabung dengan akademi klub pada tahun 2004. Ia lantas dipanggil memperkuat tim utama pada tahun 2016 dan sejak saat itu menyegel pos bek kanan klub. Selain assist, bek timnas Inggris ini juga sudah membuat 11 gol di EPL.

3. Cesar Azpilicueta 

Masih Aktif Bermain, Ini 5 Bek dengan Assist Terbanyak di EPLCesar Azpilicueta (twitter.com/cesarazpi)

Cesar Azpilicueta Tanco, demikian nama lengkapnya, termasuk pemain yang awet di Chelsea. Didatangkan pada tahun 2012 dari Marseille, bek asal Spanyol tersebut masih betah berseragam The Blues dan sejauh ini sudah membuat lebih dari 300 partai untuk Chelsea di EPL.

Bisa beroperasi di sektor kiri maupun kanan, Azpilicueta juga kerap membantu penyerangan dan menciptakan umpan yang berujung gol. Tercatat, ia telah membuat 35 assist untuk Chelsea di pentas EPL. Sebagai pemain senior, dirinya sekarang didapuk menjadi kapten tim London Biru.

Baca Juga: 5 Klub Premier League Penyumbang Pemain Terbanyak di Piala Dunia 2022 

4. Kyle Walker 

Masih Aktif Bermain, Ini 5 Bek dengan Assist Terbanyak di EPLKyle Walker (twitter.com/championsleague)

Bermula di Sheffield United, nama Kyle Walker mencuat ketika bergabung dengan Tottenham Hotspur pada tahun 2009. Sempat dipinjamkan, ia akhirnya mampu bermain reguler di pos bek kanan untuk Spurs, membuat Manchester City kepincut dan menariknya pada tahun 2017.

Dikenal aktif membantu serangan, tidak heran jika bek internasional Inggris tersebut juga cukup sering memberikan assist. Walker sejauh ini sudah mengumpulkan 32 assist dalam 343 penampilannya di pentas EPL dan catatan tersebut masih bisa terus bertambah.

5. Aaron Cresswell 

Masih Aktif Bermain, Ini 5 Bek dengan Assist Terbanyak di EPLAaron Cresswell (twitter.com/Aaron_Cresswell)

Aaron Cresswell adalah bek kiri kepunyaan West Ham United. Ia didatangkan The Hammers dari Ipswich Town pada tahun 2014. Sejak saat itu, pesepak bola yang sempat membela timnas Inggris ini dapat dikatakan menyegel pos bek kiri klub dan terus bermain reguler di EPL.

Dilansir dari situs resmi Premier League, Cresswell sejauh ini sudah membuat 29 assist selama kariernya di kompetisi teratas Inggris. Total assist terbanyak dalam semusim dicapainya pada 2020/2021 lalu ketika membuat delapan umpan berujung gol untuk klub London Timur.

Menurut statistik resmi Premier League, di atas Andrew Robertson sebenarnya masih ada Ashley Young yang sudah menciptakan 71 assist. Namun, mantan pemain Manchester United tersebut lebih dikenal sebagai seorang winger meski sering juga bermain sebagai full-back.

Baca Juga: 4 Transfer Terbaik Liverpool di Januari, Ada Siapa Saja?

Binar Photo Verified Writer Binar

Penggemar Radiohead dan kopi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya