Comscore Tracker

Sempat Hengkang, 7 Pemain Ini Akhirnya Kembali Lagi ke Barcelona

Kebanyakan adalah mantan pemain akademi Barcelona

Sudah ada banyak klub yang memutuskan untuk memulangkan mantan pemain mereka. Sebut saja Manchester United yang membeli lagi Paul Pogba dari Juventus, Zlatan Ibrahimovic yang didatangkan oleh AC Milan, atau Borussia Dortmund menerima kembali Shinji Kagawa.

Barcelona juga merupakan tim yang ternyata doyan juga mendaratkan kembali mantan pesepak bola mereka. Kebanyakan memang merupakan pemain yang pernah mengenyam pendidikan di akademi sepak bola Barcelona. Ini sederet mantan Barca yang pulang ke Camp Nou.

1. Hristo Stoichkov

Sempat Hengkang, 7 Pemain Ini Akhirnya Kembali Lagi ke BarcelonaHristo Stoichkov (twitter.com/barcagalaxy)

Pemain asal Bulgaria ini pertama kali membela Barcelona pada tahun 1990 hingga 1995 silam. Dalam kurun waktu tersebut, Hristo Stoichkov mampu memberikan 4 gelar LaLiga, 2 gelar Piala Super Spanyol, dan 1 Liga Champions Eropa untuk Blaugrana.

Pada 1995, Stoichkov menerima pinangan Parma. Namun, ia cuma bertahan semusim di sepak bola Italia dan balik kucing ke Barca pada 1996. Di periode keduanya ini, Stoichkov masih sanggup menyumbangkan trofi LaLiga, Piala Winners, dan Piala Super Eropa.

2. Gerard Pique

Sempat Hengkang, 7 Pemain Ini Akhirnya Kembali Lagi ke BarcelonaGerard Pique (twitter.com/fcbarcelonafl)

Gerard Pique menimba ilmu sepak bola di akademi Barcelona. Namun, pada tahun 2004, ia memutuskan hijrah ke Inggris untuk bergabung dengan Manchester United. Sayangnya, karier Pique di The Red Devils tidak berlangsung mulus dan cuma menghiasi bangku cadangan.

Setelah empat tahun, bek berpaspor Spanyol ini memutuskan pulang kampung membela Barcelona. Berkembang menjadi salah satu bek terbaik dunia, trofi Pique bisa dikatakan cukup komplet, termasuk 8 kali gelar LaLiga dan 3 kali juara Liga Champions Eropa.

3. Cesc Fabregas

Sempat Hengkang, 7 Pemain Ini Akhirnya Kembali Lagi ke BarcelonaCesc Fabregas (fcbarcelona.com)

Seperti Gerard Pique, Cesc Fabregas juga pernah menimba ilmu di akademi Barcelona sejak 1997. Kemudian, pada 2003 ia bergabung dengan Arsenal dan sempat menjadi kapten tim London tersebut. Sayangnya, trofi Fabregas bersama The Gunners dapat dikatakan sangat minim.

Pada 15 Agustus 2011, gelandang Spanyol ini resmi kembali ke Barcelona dengan durasi kontrak 5 tahun. Fabregas akhirnya merasakan titel liga domestik, yakni Copa del Rey, Piala Super Spanyol, Piala Super Eropa, dan FIFA Club World Cup sebelum hijrah ke Chelsea.

Baca Juga: 5 Gelandang Terbaik Chelsea Sepanjang Sejarah, Fabregas hingga Lampard

4. Jordi Alba

Sempat Hengkang, 7 Pemain Ini Akhirnya Kembali Lagi ke BarcelonaJordi Alba (twitter.com/championsleague)

Barcelona mendaratkan Jordi Alba pada tahun 2012 dari salah satu rival mereka di Spanyol, Valencia. Mungkin tidak banyak yang tahu, sebelum bersinar bersama Si Kelelawar, Alba ternyata sempat menimba ilmu sepak bola di akademi Barcelona pada tahun 1998 hingga 2005.

Sejak mendarat di Camp Nou, Alba menyegel pos bek kiri. Ia pun berandil besar dalam kesuksesan Azulgrana menjuarai LaLiga sebanyak 5 kali dan 1 kali Liga Champions Eropa. Hingga detik ini, bek kiri Spanyol itu masih menjadi pilihan utama di lini belakang klub.

5. Aleix Vidal

Sempat Hengkang, 7 Pemain Ini Akhirnya Kembali Lagi ke BarcelonaAleix Vidal (twitter.com/fcbarcelona)

Di masa belianya, Aleix Vidal sempat menempuh pendidikan sepak bola di beberapa akademi ternama, termasuk Barcelona pada tahun 2001 hingga 2002. Kemudian, ia memulai karier profesional bareng Reus sebelum akhirnya bersinar bersama Almeria dan Sevilla.

Barcelona pun kepincut dengan mantan anak didik mereka. Pada medio 2015, Blaugrana akhirya resmi meminang Vidal dari Sevilla. Sayangnya, karena ada embargo FIFA terhadap Barcelona, pemain kelahiran Spanyol ini baru bisa melakukan debut untuk Barca pada Januari 2016.

6. Denis Suarez

Sempat Hengkang, 7 Pemain Ini Akhirnya Kembali Lagi ke BarcelonaDenis Suarez (twitter.com/denissuarez6)

Pada Agustus 2013, Denis Suarez sempat direkrut Barcelona dari Manchester City. Sayangnya, kala itu ia lebih sering bermain untuk Barcelona B yang bertanding di Segunda Division. Sempat dipinjamkan ke Sevilla, Suarez akhirnya dilepas permanen ke Villarreal pada 2015.

Mampu tampil baik bersama Yellow Submarine, Barca mengaktifkan klausul buy back untuk memulangkan Suarez pada 2016. Di periode keduanya, sayangnya ia tetap tidak mampu tampil reguler. Setelah tiga musim, Blaugrana akhirnya melepas kembali Suarez, kali ini ke Celta Vigo.

7. Eric Garcia

Sempat Hengkang, 7 Pemain Ini Akhirnya Kembali Lagi ke BarcelonaEric Garcia (marca.com)

Mantan anak didik Barcelona yang kembali lagi ke Spanyol setelah melanglang buana bersama klub lain adalah Eric Garcia. Menurut situs resmi klub, Garcia didatangkan dari Manchester City pada Juni 2021 secara gratis dan dikontrak hingga akhir musim 2025/2026.

Bek kelahiran Spanyol ini memang sempat menimba ilmu di La Masia, sebutan akademi Barcelona, yakni pada 2008 hingga 2017. Kemudian, ia memutuskan hengkang ke Manchester City. Selama di Inggris, Garcia pernah merasakan trofi Premier League dan Piala Liga.

 

Memulangkan kembali mantan pemain bukan merupakan hal yang tabu untuk sebuah klub. Apalagi kalau pesepak bola ternyata mampu memberikan efek positif bagi permainan tim. Namun, kalau kenyataan justru sebaliknya, langkah terbaik adalah kembali melepas mereka.

Baca Juga: 9 Fakta Eric Garcia, Bek Anyar Barça yang Sedang Naik Daun 

Binar Photo Verified Writer Binar

Penggemar Radiohead dan kopi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya