Atlet Sepeda Rusia Pindah Kewarganegaraan untuk tampil di Olimpiade

Akibat dari kasus doping atlet Rusia

Atlet sepeda asal Rusia, Olga Zabelinskaya memutuskan untuk mengubah kewarganegaraan dari Rusia ke Uzbekistan agar dapat ikut serta dalam Olimpade 2020 di Tokyo. Ia mengubah kewarganegaraan karena takut akan sanksi larangan yang ditujukan kepada para atlet Rusia, terkait kasus doping yang terjadi pada Olimpade Musim Dingin Sochi 2014.

Zabelinskaya yang ikut serta dalam Olimpiade Rio 2016 dan berhasil meraih medali perak dalam ajang bergengsi di dunia tersebut. Namun ia dilarang bermain setelah beberapa pada Olimpiade Musim Dingin 2018 di Pyengchang, Korea Selatan yang diselenggarakan pada bulan Februari lalu, dilansir dari Rt.com.

1. Kecewa setelah mendapatkan sanksi dari IOC

Atlet Sepeda Rusia Pindah Kewarganegaraan untuk tampil di Olimpiadeindependent.co.uk

Olga Zabelinskaya merasa kecewa setelah tidak dapat mengikuti ajang Olimpiade Musim Dingin Tahun 2018 di Pyeongchang Korea Selatan, setelah Federasi Atlet Rusia mendapatkan sanksi dari IOC (International Olympic Comitee) dan WADA (World Anti Doping Agency) yang melarang tim Rusia bertanding.

Ia merasa kecewa. Karena ia tidak termasuk atlet yang terlibat menggunakan doping, tapi ia harus ikut terkena imbas dari ulah atlet lainnya.

2. Beberapa kali menorehkan penghargaan di ajang bergengsi

Atlet Sepeda Rusia Pindah Kewarganegaraan untuk tampil di Olimpiadeeurosport.com

Olga Zabelinskaya telah banyak menorehkan prestasi bergengsi sebagai Atlet sepeda, di mana ia telah mendapatkan tiga medali pada tiga ajang Olimpiade, yang pertama di Olimpiade London 2012 ia mendapatkan dua medali perunggu dalam time trial dan road race. Sedangkan pada Olimpiade Rio 2016, ia mendapatkan medali perak pada time trial.

Kepindahannya ke Uzbekistan sangat disayangkan oleh pihak Federasi Sepeda Rusia, dan merupakan suatu kejutan yang tidak menyenangkan bagi Rusia. Kepala Federasi Sepeda Rusia, Vyacheslav Ekimov juga tidak mendukung keputusan yang dilakukan oleh Zabelinskaya untuk berpaling membela Uzbekistan.

3. Memilih Uzbekistan dan akan ikut serta dalam Asian Games 2018

Atlet Sepeda Rusia Pindah Kewarganegaraan untuk tampil di Olimpiadetweaktown.com

Kepindahannya untuk membela Uzbekistan pada tahun ini menjadi kejutan dan angin segar bagi Federasi Sepeda Uzbekistan, yang mana Olga Zabelinskaya akan membela Uzbekistan dalam kejuaraan Asian Games 2018 di Jakarta pada tanggal 18 Agustus nanti.

Pesepeda berusia 38 tahun itu juga sedang mengurus kepindahan kewarganegaraan dari Rusia ke Uzbekistan. Namun ia masih belum tahu apakah bisa mengikuti Olimpiade Tokyo 2020 atau tidak, karena terdapat karantina selama dua tahun bagi atlet naturalisasi, dilansir dari Tashkenttimes.uz.

Brahm Photo Verified Writer Brahm

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya