Comscore Tracker

Kejuaraan Belum Jelas, Pembalap Nasional Ini Tekuni Bisnis Ikan Hias

Tetap jaga kondisi fisik 

Tulungagung, IDN Times - Belum jelasnya gelaran kejuaran balap nasional One Prix membuat Faisal Baharudin, pembalap asal Desa Wonorejo, Kecamatan Sumbergempol, Kabupaten Tulungagung mulai menekuni bisnis ikan hias. Pembalap yang bergabung dengan Pard Racetech KYB AHRS Ipone Pirelli Racing Team ini memelihara ribuan ekor ikan hias jenis koi di kolam rumahnya. Aktivitas ini dilakukan sejak awal pandemik COVID-19 melanda.

1. Tekuni bisnis ikan hias jenis koi

Kejuaraan Belum Jelas, Pembalap Nasional Ini Tekuni Bisnis Ikan HiasPembalap nasional, Faisal Baharudin saat memberi makan ikan hias, IDN Times/ Bramanta Pamungkas

Ditemui di rumahnya, Faisal mengaku sebenarnya sudah lama menggeluti usaha ikan hias tersebut. Namun, kesibukannya mengikuti berbagai kejuaraan balapan membuat bisnisnya tidak berjalan maksimal. Selama libur kompetisi, pembalap yang akrab dipanggil Doel tersebut mempunyai banyak waktu untuk mengurus usahanya.

"Sejak awal musim pandemik dan tidak jelas kapan dimulainya kejuaraan One Prix, saya pulang dan kembali mengurus usaha ini," ujar Doel, Minggu (25/10/2020).

2. Seharusnya seri balapan sudah dimulai

Kejuaraan Belum Jelas, Pembalap Nasional Ini Tekuni Bisnis Ikan HiasPembalap nasional, Faisal Baharudin saat berlatih di sirkuit, IDN Times/ Bramanta Pamungkas

Pembalap yang menduduki peringkat ketujuh nasional di kompetisi musim lalu ini menjelaskan, biasanya One Prix mulai digelar pada Maret. Namun, pandemik membuat jadwal kompetisi balapan nasional jadi tidak pasti.

Pada Agustus lalu Doel kembali ke Jakarta menyusul informasi kompetisi akan segera dimulai. Namun setelah ditunggu, kompetisi kembali mengambang. Doel pun memutuskan kembali pulang ke Tulungagung.

"Ternyata ada surat bahwa pelaksanaan kompetisi One Prix ditunda hingga batas waktu yang belum pasti," imbuhnya.

Baca Juga: 5 Jenis Ikan Hias yang Ampuh Basmi Jentik Nyamuk, Tertarik Pelihara? 

3. Jaga kondisi fisik dengan olahraga ringan dan berlatih di sirkuit

Kejuaraan Belum Jelas, Pembalap Nasional Ini Tekuni Bisnis Ikan HiasPembalap nasional, Faisal Baharudin saat berlatih di sirkuit, IDN Times/ Bramanta Pamungkas

Meski belum jelas kapan kompetisi dimulai, namun Doel tetap berusaha menjaga kondisi fisiknya. Sejumlah olahraga ringan seperti bersepeda dan voli dilakoni oleh Doel.

Selain itu, agar skill membalapnya tetap terasah, Doel rutin berlatih di sebuah sirkuit. Latihan ini dilakukan untuk meningkatkan kemampuan dan melatih insting membalap.

"Latihan tetap dilakukan baik di sirkuit atau olahraga ringan untuk menjaga kondisi fisik," jelasnya.

4. Berharap pandemik usai, rindu kembali ke lintasan

Kejuaraan Belum Jelas, Pembalap Nasional Ini Tekuni Bisnis Ikan HiasPembalap nasional, Faisal Baharudin saat berlatih di sirkuit, IDN Times/ Bramanta Pamungkas

Doel berharap pandemik COVID-19 ini bisa segera berlalu dan kejuaraan balapan One Prix bisa kembali digelar. Tim yang menaungi Faisal sebenarnya sudah melakukan sejumlah persiapan untuk kejuaraan tahun ini. Namun, pandemik membuat persiapan tersebut menjadi tidak maksimal.

"Sebagai pembalap saya berharap kejuaraan bisa segera dimulai. Jujur saya merindukan untuk kembali ke lintasan balap lagi," pungkasnya.

Baca Juga: Dirazia Polisi, Penonton dan Pembalap Liar di Jombang Kocar-kacir

Bramanta Pamungkas Photo Verified Writer Bramanta Pamungkas

peternak huruf

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya