5 Tips Bermain Polo Air buat Pemula, Bisa Renang Saja Gak Cukup!

Beragam olahraga dalam satu permainan

Water polo (polo air) merupakan permainan beregu kombinasi olahraga renang, futsal, basket, bahkan gulat. Polo air biasanya dimainkan di kolam renang dengan jumlah pemain masing-masing tim sebanyak enam orang.

Olahraga ini umumnya berlangsung selama empat babak. Masing-masing babak memiliki durasi permainan sebanyak 8 menit. Meskipun sudah ada di Indonesia sejak 1950-an, polo air masih kurang diminati. Selain karena membutuhkan fisik yang prima, olahraga ini juga membutuhkan sewa tempat yang tentu tidak murah.

Kendati demikian, apabila kamu tertarik mencobanya, ada beberapa tips dasar polo air yang bisa kalmu terapkan. Apa saja?

1. Lakukan pemanasan sebelum bermain. Pastikan kamu sudah bisa berenang dengan baik

5 Tips Bermain Polo Air buat Pemula, Bisa Renang Saja Gak Cukup!ilustrasi polo air (unsplash.com/Philippa Rose-Tite)

Sebelum bermain polo air, sangat disarankan untuk melakukan pemanasan terlebih dahulu untuk menghindari risiko kram bahkan cedera. Olahraga ini terbilang berat karena merupakan kombinasi renang, basket, futsal, sampai gulat. Pemanasan yang tepat punya peran vital di sini.

Karena dasar olahraga ini adalah berenang, kemampuan pemain dalam berenang sangat ditekankan. Buat kamu yang belum benar-benar bisa berenang, sebaiknya jangan mencoba polo air terlebih dahulu.

2. Pelajari cara mengontrol bola yang baik dan benar

5 Tips Bermain Polo Air buat Pemula, Bisa Renang Saja Gak Cukup!ilustrasi polo air (unsplash.com/Philippa Rose-Tite)

Ball handling (mengontrol bola) dalam polo air, punya peran krusial saat hendak melakukan penyerangan. Namun, mengontrol bola tidak semudah yang dibayangkan. Kamu hanya bisa memegang bola dengan satu tangan. Secara bersamaan, tangan satunya beserta kaki mesti menjaga keseimbangan tubuh agar mengapung di dalam air.

Belum lagi ketika bola licin terkena air. Itu tentu akan menjadi tantangan untuk melakukan kontrol bola. Nah, penting bagi kamu melatih kontrol bola pada tahap awal. Dengan begitu, teknik passing (mengoper), shooting (menembak), dan receiving ball (menerima bola) bisa kamu kuasai dengan baik.

Baca Juga: 5 Tips Dasar Bermain Tenis untuk Pemula, Gampang dan Gak Ribet!

3. Latihan menerima, melempar, dan mengoper bola

5 Tips Bermain Polo Air buat Pemula, Bisa Renang Saja Gak Cukup!ilustrasi polo air (unsplash.com/Philippa Rose-Tite)

Teknik dasar dalam bermain polo air selanjutnya adalah mengoper, menembak, dan menerima bola. Untuk meningkatkan kemampuan ketiga hal tersebut, kamu bisa melakukan latihan dengan pengulangan selama 10—20 menit agar otot-otot terbiasa.

Untuk menembak, kamu bisa melakukan latihan dengan jarak lemparan sejauh 12 meter. Latihan seperti itu dapat meningkatkan kekuatan sekaligus akurasimu. Makin rutin berlatih, maka tiga teknik dasar tersebut makin cepat kamu kuasai.

4. Pelajari pola dan aturan permainan polo air

5 Tips Bermain Polo Air buat Pemula, Bisa Renang Saja Gak Cukup!ilustrasi polo air (unsplash.com/Eugene Lim)

Polo air sebagai olahraga raga beregu bertujuan memasukkan bola ke gawang sebanyak mungkin. Kamu juga dituntut menahan bola lawan agar tidak membobol gawangmu. Dengan begitu, kamu perlu strategi menyerang dan bertahan yang sama baiknya. Pahami betul posisi dan peran kamu di tim. Polo air umumnya terdiri dari seorang kiper, bek tengah, pemain sayap, dan penyerang tengah.

Setiap pemain punya fungsi dan peran masing-masing, baik ketika menyerang maupun bertahan. Selain itu, kamu harus tahu betul aturan mainnya.

5. Lakukan latihan secara rutin agar kemampuan bermain kamu meningkat

5 Tips Bermain Polo Air buat Pemula, Bisa Renang Saja Gak Cukup!ilustrasi polo air (unsplash.com/Philippa Rose-Tite)

Lakukan latihan polo air secara rutin agar kemampuan dan kekompakanmu makin baik. Jangan berharap sekali latihan bakal langsung jago bermain polo air. Itu sulit terjadi.

Polo air memerlukan latihan secara rutin dan berjenjang, ditambah latih tanding guna menguji kemampuan serta pengetahuan kamu. Tidak ada yang benar-bernar instan di dunia ini.

Itulah lima tips bermain polo air buat pemula yang bisa kamu ingat-ingat. Meskipun tidak sepopuler futsal, basket, atau badminton, polo air tetap menjadi salah satu olahraga air yang asyik untuk kamu coba. Tertarik?

Baca Juga: 5 Tips Bermain Sepatu Roda untuk Pemula, Butuh Keseimbangan Ekstra

Candra Septian Bantara Photo Verified Writer Candra Septian Bantara

Mahasiswa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya