Podium Vettel Dicabut! Berikut 5 Fakta Menarik F1 GP Hungaria

Mana momen menarik versi kamu? 

Seri lanjutan ajang Formula 1 (F1) Grand Prix Hungaria yang dilaksanakan, Minggu (1/8/2021), menyuguhkan tontonan menghibur yang menyimpan beberapa fakta menarik sekaligus mengejutkan.

Trek licin yang disebabkan oleh hujan kian menambah bumbu dramatis dalam seri balapan F1 yang menyuguhkan 70 tersebut. Tim Marcedez dan Redbull yang digadang-gadang mendominasi race ini justru tampil sebaliknya.

Banyak hal mengejutkan terjadi, berikut 5 fakta menarik F1 GP Hongaria yang patut kita simak.

1. Tabrakan di tikungan pertama

Podium Vettel Dicabut! Berikut 5 Fakta Menarik F1 GP Hungariapotret seri lanjutan Formula 1 GP Hungaria (instagram.com/F1)

Baru saja start, beberapa pebalap sudah terlibat tabrakan beruntun di tikungan pertama. Kecelakaan ini terjadi akibat Bottas yang telat meginjak pedal rem sehingga menabrak mobil Lando Noris yang kemudian juga menabrak mobil Verstappen.

Akibat tabrakan ini, beberapa pebalap tidak bisa meneruskan balapan. Sebagai biang kerok, Bottas dihukum mundur lima posisi start pada seri ke-12 F1 di Belgia tanggan 27-29 Agustus mendatang.

2. Gelar juara pertama Ocon

Podium Vettel Dicabut! Berikut 5 Fakta Menarik F1 GP Hungariapotret Esteban Ocon (instagram.com/F1)

Sebelum seri ini dimulai, tak ada yang mengunggulkan Esteban Ocon bakal meraih posisi podium. Nyatanya, race Hungaria menjadi seri pertama pebalap dari tim Alpine tersebut meraih kemenangan setelah lima tahun berkarir di ajang balap Formula 1.

Baca Juga: 5 Pembalap Formula 1 yang Raih Kemenangan Perdana di GP Hungaria

3. Poin perdana tim William

Podium Vettel Dicabut! Berikut 5 Fakta Menarik F1 GP Hungariapotret tim William Racing (instagram.com/williamracing)

Tabrakan beruntun yang terjadi di tikungan pertama memiliki efek domino yang cukup menguntungkan bagi William Marcedez. Tim William Marcedez akhirnya memperoleh poin perdana di F1 pada GP Hungaria ini. Duo pebalapnya, Nicholas Latifi dan Russel mampu finish di  urutan ke-8 dan ke-9.

Tentu hal ini menjadi kegembiraan tersendiri bagi Russel dan Latifi sekaligus tim William Mercedez setelah harus menunggu 11 seri balap sebelum mereka akhirnya mendapatkan poin. 

4. Podium kedua Vettel dicabut FIA

Podium Vettel Dicabut! Berikut 5 Fakta Menarik F1 GP Hungariapotret Sebastian Vettel (instagram.com/vettelofficial)

Kabar mengejutkan terus hadir walaupun seri balapan GP Hungaria tersebut sudah berakhir. Posisi kedua yang diraih oleh Sebastian Vettel terpaksa dicabut oleh regulator balapan Formula 1, FIA.

Dikutip laman resmi Formula 1, podium Vettel dicabut lantaran ia dan tim gagal memenuhi aturan sampel bahan bakar. Dengan keputusan ini, Lewis Hamilton naik secara otomatis menempati peringkat kedua seri GP Hungaria.

5. Gelar Driver of The Day untuk Fernando Alonso

Podium Vettel Dicabut! Berikut 5 Fakta Menarik F1 GP Hungariapotret Fernando Alonso (instagram.com/F1)

Pebalap veteran yang memperkuat tim Alpine ini tampil mengesankan pada GP Hungaria. Start dari urutan ke-9, ia mampu finish di urutan ke 5. Selain itu, Fernando Alonso tampil sangat agresif dan kerap terlibat adu salip dengan Hamilton selama balapan berlangsung. Berkat aksi gemilangnya itu, Fernando Alonso diganjar penghargaan Driver of The Day oleh F1.

Ajang balap Formula 1 memang tak pernah habis menyuguhkan pertandingan balap yang sarat akan drama. Mari kita tunggu keseruan apa lagi yang bakal terjadi di seri GP Belgia yang digelar tiga minggu mendatang

Baca Juga: 5 Pembalap Formula 1 yang Raih Kemenangan Perdana di GP Hungaria

Candra Septian Bantara Photo Verified Writer Candra Septian Bantara

Mahasiswa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya