Comscore Tracker

5 Fakta Menarik Emma Raducanu, Juara Grand Slam Termuda

Punya kualitas permainan yang memesona

Emma Raducanu merupakan pemain tenis perempuan asal Inggris pertama yang berhasil meraih gelar Grand Slam tunggal putri setelah 44 tahun. Emma memukau karena berhasil memenangkan US Open 2021 pada usia 18 tahun. 

Emma sendiri menarik perhatian masyarakat seluruh dunia dengan kemampuannya sebagai pemain termuda yang mampu mencapai babak 16 besar di Wimbledon. Remaja satu ini terus naik daun karena kiprahnya di lapangan. Namun, Emma rupanya punya sisi lain yang menarik untuk diketahui.

Yuk, kita berkenalan dengan Emma Raducanu!

1. Bermain di Wimbledon dan US Open

5 Fakta Menarik Emma Raducanu, Juara Grand Slam TermudaEmma Raducanu (instagram.com/emmaraducanu)

Emma Raducanu awalnya berada di peringkat 338 di seluruh dunia. Ia terpilih melalui wild card sehingga bisa lolos ke Wimbledon. Ia juga berhasil lolos kualifikasi US Open. 

Walaupun hanya bermain satu pertandingan di Women’s Tennis Association (WTA), Emma sempat bermain di turnamen junior tiga kali. Ia kemudian memecahkan rekor sebagai perempuan Inggris termuda yang mencapai 16 besar di Wimbledon. Emma sekaligus menjadi remaja Inggris keempat yang mencapai minggu kedua sejak Open Tennis dimulai.

2. Hubungan dengan Andy Murray

5 Fakta Menarik Emma Raducanu, Juara Grand Slam TermudaEmma Raducanu (instagram.com/emmaraducanu)

Andy Murray dikenal sebagai seorang pemain tenis top asal Inggris. Ia dicintai oleh berbagai kalangan masyarakat di seluruh dunia melalui kemampuan dan kualitas permainan yang dapat ditemukan di berbagai kompetisi tenis. 

Sebagai ayah mertua dari Andy Murray, Nigel Sears merupakan seorang pelatih tenis internasional yang telah melatih Emma sejak usia 15 tahun. Bahkan, Nigel Sears telah bekerja sama dengan beberapa pemain WTA seperti Daniela Hantuchova, Ana Ivanovic, Anett Kontaveit, dan Amanda Coetzer.

Baca Juga: 10 Potret Emma Raducanu, Petenis 18 Tahun yang Sukses Juarai US Open

3. Tertarik pada dunia motocross

5 Fakta Menarik Emma Raducanu, Juara Grand Slam TermudaEmma Raducanu (instagram.com/emmaraducanu)

Walaupun telah berhasil berada pada puncak kesuksesannya sebagai seorang pemain tenis, Emma juga mendalami dunia motocross secara bersamaan sejak usia sembilan tahun. 

Dilansir Bustle, orang tua Emma memberikan kesempatan kepadanya untuk mencoba berbagai jenis olahraga sejak usia muda, seperti tenis, go-kart, renang, ski, berkuda, bola basket, golf, balet, dan tap dance.

4. Biografi dan Akademik

5 Fakta Menarik Emma Raducanu, Juara Grand Slam TermudaEmma Raducanu (instagram.com/emmaraducanu)

Emma Raducanu lahir di Toronto, Kanada. Ia pindah ke Inggris saat berusia dua tahun bersama keluarganya. Emma mulai bermain tenis sejak usia lima tahun. 

Setelah menunjukkan talenta yang besar dalam bidang tenis, Emma masuk ke Akademi Tenis Bromley di Bromley, London Tenggara, Inggris. Sambil berlatih, ia tidak lupa akan pendidikannya. Emma bahkan mampu menyelesaikan pendidikan di Newstead Wood School dengan meraih nilai A pada matematika dan ekonomi melalui hasil ujian A Level.

5. Idola tenis

5 Fakta Menarik Emma Raducanu, Juara Grand Slam TermudaEmma Raducanu (instagram.com/emmaraducanu)

Menurut situs resmi Olimpiade, Pemain tenis profesional berusia 18 tahun ini menyimpan rasa kagum yang besar terhadap Simona Halep (Rumania) dan Li Na (Tiongkok). Simona berhasil meraih peringkat tiga pada bidang tenis, sedangkan Li Na telah resmi pensiun pada 2014 silam. 

Simona Halep dan Li Na peraih gelar Grand Slam yang berasal dari negara kedua orang tua Emma. Keduanya telah meraih gelar tunggal utama dan mampu menginspirasi permainan Emma dalam setiap perjalanan kariernya. 

Nah, itu dia sekilas tentang Emma Raducanu. Perempuan satu ini memang menarik perhatian. Adakah fakta lain tentang Emma Raducanu yang kamu ketahui?

Baca Juga: Remaja 18 Tahun Inggris Dulang Rekor Usai Juara US Open!

Cecilia Irawan Photo Verified Writer Cecilia Irawan

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya