Comscore Tracker

5 Atlet Muda Indonesia yang Bertanding di Olimpiade Tokyo 2020, Salut!

Masih muda tapi penuh prestasi! #IDNTimesSport #Tokyo2020

Setelah sempat tertunda setahun karena pandemi, Olimpiade Tokyo 2020 akhirnya digelar sejak 23 Juli sampai 10 Agustus 2021 mendatang. Ajang kompetisi olahraga bergengsi yang satu ini terakhir kali digelar di Rio de Janeiro, Brazil, 4 tahun lalu. 

Meski harus ditunda, semangat para atlet kebanggaan Indonesia tidak surut. Sebanyak 28 atlet dari 8 cabang olahraga siap bertanding secara sportif mewakili tanah air. Kedelapan cabang olahraga tersebut yaitu panahan, atletik, bulu tangkis, menembak, angkat besi, dayung, renang, dan selancar. Yuk, intip 5 nama atlet muda yang ikut berjuang di Olimpiade Tokyo 2020!

1. Lalu Muhammad Zohri

Pelari jarak pendek (sprinter) untuk cabang olahraga atletik yang satu ini adalah Lalu Muhammad Zohri. Atlet kelahiran 2000 ini berasal dari Lombok Utara. Kecepatan berlarinya sudah tidak diragukan lagi. Laman resmi World Athletics atau Badan Atletik Dunia menuliskan bahwa Zohri menempati posisi ketiga pada babak final nomor 100 meter putra dengan catatan waktu 10,03 detik di ajak Grand Prix Osaka 2019. Saat ini, Zohri disebut sebagai pelari asal Asia Tenggara yang tercepat.

2. Windy Cantika Aisah

Windy mewakili Indonesia dari cabang olahraga angkat besi. Meski usianya masih 19 tahun, sudah banyak prestasi yang diraih Windi sejak mengikuti turnamen kualifikasi. Puncak prestasinya diraih pada saat berhasil memecahkan rekor dunia di kelas 49 kg junior dengan total angkatan 190 kg dari snatch 86 kg dan clean and jerk 104 kg di ajang SEA Games 2019.

Baca Juga: Seru! Ini 7 Game Google Doodle untuk Menyambut Olimpiade Tokyo 2020

3. Vidya Rafika Toyyiba

Atlet kelahiran 2001 ini menjadi satu-satunya perwakilan penembak asal Indonesia yang bertanding di Olimpiade Tokyo 2020. Sebagai penembak muda senapan angin, Vidya Rafika pernah meraih dua medali emas di SEA Games yang berlangsung di Filipina pada tahun 2019 lalu. 

4. Rahmat Erwin Abdullah

5 Atlet Muda Indonesia yang Bertanding di Olimpiade Tokyo 2020, Salut!Aksi Rahmat Erwin di kejuaraan. (instagram.com/rahmaterwin_)

Rahmat Erwin Abdullah merupakan atlet angkat besi yang berjuang untuk mengharumkan nama Indonesia pada Olimpiade Tokyo 2020. Atlet yang berasal dari Makassar ini memulai debutnya pada Pesta Olahraga Asia Tenggara 2019. Saat itu ia mampu meraih medali emas pada kelas 73 kg putra. Usianya yang masih 20 Tahun pastinya membuat bangga juga kepada orang tuanya yang merupakan mantan atlet angkat besi Indonesia juga, yaitu Erwin Abdullah dan Ami Asun Budiono.

5. Gregoria Mariska Tunjung 

5 Atlet Muda Indonesia yang Bertanding di Olimpiade Tokyo 2020, Salut!Gregoria Mariska (twitter.com/INABadminton)

Baca Juga: [BREAKING] Kevin/Marcus Melaju Mulus ke Perempat Final Olimpiade Tokyo

Salah satu atlet Indonesia yang akan bertanding di Olimpiade Tokyo 2021 adalah Gregoria Mariska Tunjung. Sebagai pemain bulu tangkis tunggal putri, Gregoria pernah mencetak sejarah sebagai juara tunggal putri Kejuaraan Dunia Junior BWF 2017 yang diselenggarakan di Yogyakarta. Atlet kelahiran 1999 ini senang sekali bisa bertanding di Olimpiade Tokyo 2020.

Atlet-altet muda tersebut sangat menginspirasi bibit-bibit atlet dari dalam negeri. Masyarakat Indonesia tentunya berharap prestasi olahraga nasional makin cemerlang di kancah global. Kamu punya cita-cita jadi atlet?

Cholifah Nur Aulia Photo Writer Cholifah Nur Aulia

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya