Cal Crutchlow Kuasai Podium Pertama MotoGP Seri Argentina

Uniknya, nama Marquez dan Rossi tidak ada di podium

MotoGP seri Argentina menghasilkan kejutan besar. Pasalnya, tak ada nama Marc Marquez dan Valentino Rossi di atas podium seri Argentina kali ini. Pebalap asal Inggris, Cal Crutchlow, keluar sebagai pemenang di balapan seri ini. Bagaimana jalannya balapan MotoGP ini?

1. Balapan dimulai dengan insiden yang aneh

Cal Crutchlow Kuasai Podium Pertama MotoGP Seri Argentinatwitter.com/MotoGP

Dilansir dari Autosport.com, balapan pada seri ini dimulai dengan insiden yang aneh, ketika Marc Marquez langsung menarik gasnya saat masih berada dalam situasi red flag. Alhasil, Marc Marquez membawa motornya kembali berada di posisi semula.

Tak hanya itu. Jack Miller, justru berada di posisi paling terdepan sendirian saat menjelang mulainya balapan. Insiden start aneh ini sendiri bermula saat balapan MotoGP di sirkuit tersebut, berawal dari lintasan yang basah.

Sehingga para pebalap yang memulai balapan di posisi dua hingga berikutnya bergeser ke belakang, dengan mencari lintasan yang kering. Alhasil, hanya Miller saja yang disisakan untuk berada di posisi terdepan.

Jack Miller langsung berada di posisi terdepan usai start, kemudian Dani Pedrosa yang memulai balapan di posisi kedua justru harus crash di lap pertama. Sehingga Pedrosa terpaksa out dari lintasan, dilansir dari Motorsport.com dan Motogp.com.

Masuk ke lap 12, Jack Miller masih unggul dan dikejar oleh para pesaing lainnya, Alex Rins dan Johann Zarco, yang masing-maisng berada di posisi kedua dan ketiga.

Rins sendiri tak mau menyerah dan berhasil mendekati Miller dan di beberapa lap berikutnya bisa memimpin sementara. 

Menjelang berakhirnya balapan, Cal Crutchlow yang sebelumnya berada di luar 3 posisi terdepan ini bersaing dengan ketiga pebalap di depannya, yakni Johann Zarco, Alex Rins, dan Jack Miller. Akan tetapi, persaingan di antara ketiga pebalap tersebut justru dimenangkan oleh Crutchlow dengan penuh dramatis.

Sehingga Crutchlow sukses berada di poduim pertama, disusul oleh Johann Zarco di posisi kedua, dan Alex Rins di posisi ketiga.

2. Rossi terjatuh saat berduel dengan Marquez

Cal Crutchlow Kuasai Podium Pertama MotoGP Seri Argentinatwitter.com/MotoGP

Yang menjadi perhatian adalah insiden Rossi dengan Marquez saat sisa 4 lap lagi menuju garis finish. Marquez yang berada di posisi 7, sedangkan Rossi di posisi 6 membuat Rossi terjatuh akibat bersenggolan dengan Marquez yang mencoba menyalip Marquez.

Meski terjatuh, Rossi justru masih bisa melanjutkan balapannya. Namun sayangnya harus finis di posisi 19. Sedangkan Marquez berada di depan Rossi di posisi 18. Dengan hasil ini, kedua pebalap ini tidak mendapat poin sama sekali.

Untuk klasemen sendiri, Marquez berada di posisi ke-3 dengan 20 poin. Sedangkan Rossi berada di posisi ke-4 dengan 16 poin.

3. Kemenangan Crutchlow membuatnya berada di puncak klasemen sementara

Cal Crutchlow Kuasai Podium Pertama MotoGP Seri Argentinatwitter.com/MotoGP

Kemenangan Crutchlow di Argentina ini membuat namanya berada di puncak klasemen pebalap dunia, dengan perolehan 38 poin, unggul 3 poin dari pesaing terdekatnya, Johann Zarco, yang perolehannya mencapai 35 poin.

Sedangkan untuk Alex Rins sendiri, ini merupakan podium pertama di level MotoGP sejak bermain di level tersebut pada tahun 2017 lalu. Dengan finish di posisi ke-3, Alex Rins langsung naik ke peringkat 8 klasemen sementara, dengan perolehan 16 poin.

Usai digelar di Argentina, balapan selanjutnya akan digelar di Amerika Serikat di Circuit of the Americas, Austin, Texas pada tanggal 22 April 2018 ini.

Christ Bastian Waruwu Photo Verified Writer Christ Bastian Waruwu

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya