Terancam Degradasi, Mantan Pemain Manchester United Ini Akhirnya Dipecat

MU hanya memetik 1 kemenangan dari 19 pertandingan terakhir di Liga Inggris kasta kedua

Mantan bek Manchester United yang kini berprofesi sebagai pelatih, Jaap Stam, belum lama ini dipecat oleh klub Reading. Pasalnya, Stam dianggap gagal menunjukkan perbaikan klub yang dilatihnya ini mengingat Reading terancam degradasi ke kasta ketiga Liga Inggris. Benarkah demikian?

1. Stam hanya meraih 1 kemenangan dari 19 pertandingan terakhir di Liga Inggris kasta kedua

Terancam Degradasi, Mantan Pemain Manchester United Ini Akhirnya Dipecatreadingfc.co.uk

Dilansir dari Sky Sports, pelatih asal Belanda ini dipecat oleh Reading menyusul serangkaian hasil buruk yang diterima Reading musim ini. Dalam 19 pertandingan terakhir di Liga Inggris kasta kedua, Stam bersama anak asuhannya hanya memperoleh 1 kemenangan saja. Tentu hasil ini terbilang sangat buruk bagi Reading di musim ini, sehingga untuk sementara berada di peringkat 20 dari 24 tim kasta kedua Liga Inggris musim ini. Padahal di musim lalu, Reading nyaris saja promosi ke Liga Inggris kasta teratas setelah kalah dari Huddersfield Town di final playoff promosi ke kasta tertinggi Liga Inggris musim 2016/2017.

Pemegang mayoritas saham sekaligus pemilik Reading, Yongge Dai dan Xiu Lai Dai sebenarnya sudah banyak sekali  memberikan kesempatan kepada Stam untuk memperbaiki performa Reading yang di musim ini semakin menurun. Di musim ini saja, Reading hanya mendapatkan 36 poin dengan rincian 8 kali menang, 12 kali seri, dan 18 kali kalah. "Jaap tidak goyah pada saat itu, usaha dan keteguhan hati dia telah berusaha untuk mengarahkan tim menjauh dari posisi yang kita hadapi. Namun, setelah pertimbangan cermat, keputusan telah dibuat bahwa sebuah perubahan sekarang diperlukan," ungkap pihak klub Reading seperti yang dikutip dari Sky Sports.

2. Stam merupakan pelatih ke-9 di Liga Inggris kasta kedua yang dipecat

Terancam Degradasi, Mantan Pemain Manchester United Ini Akhirnya DipecatSI.com

Stam rupanya tak sendiri karena di musim ini saja, ia merupakan pelatih ke-9 yang dipecat oleh klubnya di Liga Inggris kasta kedua musim ini. Sebelum-sebelumnya ada nama Harry Redknapp yang merupakan pelatih pertama yang dipecat oleh Birmingham City. Disusul oleh beberapa pelatih lainnya seperti Simon Grayson (Sunderland), Leonid Slutsky (Rusia), Garry Monk (Middlesbrough), Carlos Carvahal (Sheffield Wednesday), Mark Warburton (Nottingham Forest), Thomas Christiansen (Leeds United), Paul Heckingbottom (Barnsley), dan Steve Cotterill (Birmingham City). Pertandingan Liga Inggris kasta kedua sendiri menyisakan 8 pertandingan lagi untuk mendapatkan 2 tim dari kasta kedua untuk memastikan promosi serta peringkat 3 hingga peringkat 6 menjalani playoff untuk mendapatkan 1 tiket tersisa untuk promosi ke Liga Inggris kasta tertinggi.

3. Karier Stam selama sebagai pelatih

Terancam Degradasi, Mantan Pemain Manchester United Ini Akhirnya Dipecatwokinghampaper.com

Memulai debutnya sebagai pelatih diawali menjadi asisten pelatih pada tahun 2011 lalu. Stam mengawali kariernya di FC Zwolle selama 2 tahun hingga tahun 2013. Di tahun yang sama, Stam bergabung berama Ajax Amsterdam dan di sana selama 3 tahun saat menjadi asisten pelatih Ajax dan Jong Ajax yang berlaga di kasta kedua Liga Belanda. Hingga pada tahun 2016, Stam pun akhirnya menjadi pelatih setelah menangani Reading dan hasil yang didapatkannya ini sebenarnya tidak terlalu buruk. Akan tetapi, di musim ini Reading mengalami hasil terburuknya dan Stam pun akhirnya dipecat oleh pihak manajemen klub demi menyelamatkan klubnya dari degradasi ke kasta ketiga.

Sumber:
http://www.skysports.com/football/news/11673/11298757/jaap-stam-leaves-reading-as-club-battle-championship-relegation
https://www.theguardian.com/football/2018/mar/21/reading-sack-manager-jaap-stam-championship-relegation-battle
http://www.bbc.co.uk/sport/football/42503110
https://www.telegraph.co.uk/football/2018/03/21/jaap-stamsacked-reading-one-win-18-games/

Christ Bastian Waruwu Photo Verified Writer Christ Bastian Waruwu

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya