5 Fakta Unik Atlanta Hawks yang Perlu Diketahui, Baru Juara Sekali!

Sudah tahu belum?

Atlanta Hawks memiliki skuad yang cukup solid di NBA musim 2022/2023 ini. Dengan memiliki Trae Young, Clint Capela, Bogdan Bogdanovic, hingga Dejounte Murray, Hawks cukup berpeluang melangkah jauh di NBA Playoffs nanti.

Di sisi lain, Hawks yang sudah berdiri sejak 1946 silam memiliki beberapa fakta yang sangat menarik untuk disimak. Penasaran ada apa saja? Langsung saja simak lima fakta menarik tentang Atlanta Hawks di bawah ini.

1. Atlanta Hawks belum berlokasi di Atlanta saat mereka menjuarai NBA

5 Fakta Unik Atlanta Hawks yang Perlu Diketahui, Baru Juara Sekali!Point guard Atlanta Hawks, Trae Young, tengah dihadang pemain Houston Rockets. (nba.com)

Banyak fans dari Atlanta akan dengan bangga menyatakan bahwa pernah ada tim yang menjuarai NBA di Atlanta. Tim yang dimaksud tentu adalah Atlanta Hawks yang menjuarai NBA pada 1958.

Gelar itu pun menjadi satu-satunya gelar juara NBA yang dimiliki Hawks hingga saat ini. Kendati demikian, Hawks sejatinya menjuarai NBA kala mereka masih bermarkas di St. Louis, Missouri, bukan di Atlanta.

2. Sempat beberapa kali berpindah kota

5 Fakta Unik Atlanta Hawks yang Perlu Diketahui, Baru Juara Sekali!Dejounte Murray baru didatangkan Atlanta Hawks dari San Antonio Spurs. (nba.com)

Atlanta Hawks termasuk salah satu tim NBA yang pernah beberapa kali berpindah kota. Salah satu penyebabnya adalah kesulitan mendapatkan jumlah penonton yang memadai untuk mendukung mereka di setiap pertandingan.

Selain itu, Hawks juga sempat dihadapkan dengan masalah arena yang tidak cukup menampung jumlah penonton yang membeludak ketika popularitas mereka meroket. Hawks sendiri pernah bermarkas di Moline, MIlwaukee, hingga St. Louis sebelumnya.

Baca Juga: Siap Bersaing, Atlanta Hawks Dapatkan Dejounte Murray

3. Hanya ada satu pemain Atlanta Hawks yang pernah terpilih NBA MVP

5 Fakta Unik Atlanta Hawks yang Perlu Diketahui, Baru Juara Sekali!Bob Pettit (nba.com)

Hanya ada satu pemain dalam sejarah Atlanta Hawks yang mampu meraih gelar NBA MVP. Pemain tersebut tidak lain dan tidak bukan adalah Bob Pettit yang bahkan mampu meraih gelar bergengsi tersebut sebanyak dua kali.

Pettit sendiri adalah tulang punggung Hawks pada 1950-an. Dirinya bahkan disebut sebagai salah satu power forward terbaik dalam sejarah NBA. Pettit juga berperan penting dalam keberhasilan Hawks menjadi juara NBA tahun 1958.

4. Merupakan salah satu tim kuat pada 1950-an hingga 1960-an

5 Fakta Unik Atlanta Hawks yang Perlu Diketahui, Baru Juara Sekali!Trae Young adalah pemain kunci Atlanta Hawks saat ini. (nba.com)

Performa Atlanta Hawks beberapa musim belakangan ini bisa dibilang kurang konsisten. Kendati demikian, Hawks ternyata pernah menjadi tim yang cukup kuat pada 1950-an hingga 1960-an.

Pada masa itu, Hawks yang masih menghuni wilayah barat konsisten menembus babak NBA Playoffs dan berhasil meraih satu-satunya gelar juara NBA mereka. Saat ini, Hawks berpeluang mengulang catatan apik mereka di masa lalu seiring memiliki Trae Young, Dejounte Murray, dan pemain potensial lainnya.

5. Sempat menggunakan warna jersey yang berbeda di masa lalu

5 Fakta Unik Atlanta Hawks yang Perlu Diketahui, Baru Juara Sekali!Para pemain Atlanta Hawks. (nba.com)

Sekarang ini Atlanta Hawks tentu dikenal dengan jersey yang merupakan kombinasi warna hitam, kuning, merah, dan putih. Kendati demikian, Hawks ternyata pernah menjajal beberapa kombinasi warna berbeda di masa lampau.

Dalam kurun waktu yang cukup lama, Hawks sempat mengenakan jersey berwarna merah dan biru. Kemudian, mereka juga sempat berganti ke warna biru dan hijau. Hal ini mungkin tidak diketahui banyak orang, bahkan oleh penggemar Hawks sekalipun

 

Jika melihat komposisi skuad Atlanta Hawks saat ini yang dimotori Trae Young, bukan tidak mungkin mereka dapat meraih hasil bagus di NBA Playoffs musim 2022/2023 ini. Pertanyaannya, mampukah Hawks mengulang capaian mereka pada 1958 silam dengan meraih gelar juara NBA kedua?

Baca Juga: 5 Pemain Terbaik yang Dipilih dari NBA Draft 2018, Ada Trae Young!

Christopher Rudolf Photo Verified Writer Christopher Rudolf

Penulis iseng yang bingung mau nulis apa :D

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya