5 Fakta Unik Raul Fernandez, Pembalap Potensial KTM Tech 3

Pembalap muda dan berbakat

Nama Raul Fernandez cukup mencuri perhatian belakangan ini. Pasalnya, ia adalah salah satu pembalap baru yang memulai debut MotoGP pada 2022. Setelah tampil impresif di Moto2 tahun lalu, Fernandez diharapkan dapat meneruskan tren positifnya di MotoGP.

1. Raul Fernandez memulai karier juniornya di Redbull MotoGP Rookies Cup

5 Fakta Unik Raul Fernandez, Pembalap Potensial KTM Tech 3Raul Fernandez (instagram.com/raulfernandez_25)

Fernandez memulai karier juniornya di dunia balap dengan mengikuti ajang Redbull MotoGP Rookies Cup 2015. Pada akhir musim, Fernandez berhasil menempati peringkat ketujuh klasemen pembalap dengan mengumpulkan 121 poin.

Pada 2016, Fernandez kembali mengikuti ajang yang sama dan berhasil memperbaiki performanya dengan mengakhiri musim di peringkat ketiga klasemen pembalap. Fernandez juga berhasil finis di podium sebanyak enam kali.

2. Raul Fernandez tampil konsisten di ajang Moto3

5 Fakta Unik Raul Fernandez, Pembalap Potensial KTM Tech 3Raul Fernandez (motogp.com)

Memasuki ajang Moto3, Fernandez memperkuat dua tim berbeda. Ia sempat memperkuat Mahindra Aspar Team selama 2 tahun (2017—2019). Pada tahun terakhirnya di Aspar Team, Fernandez berhasil menduduki peringkat ke-21 klasemen pembalap dengan 60 poin.

Performanya yang cukup menjanjikan selama di Aspar Team membuat Red Bull KTM Ajo merekrut Fernandez pada 2020. Performa Fernandez sangat konsisten dan berhasil menduduki peringkat ke-4 klasemen pembalap pada akhir 2019/2020 dengan torehan 159 poin.

Baca Juga: Tak Lagi Tegang, Hubungan Raul Fernandez dan Remy Gardner Kini Mencair

3. Sebagai rookie, Fernandez mengakhiri 2021 di peringkat kedua klasemen pembalap Moto2

5 Fakta Unik Raul Fernandez, Pembalap Potensial KTM Tech 3Raul Fernandez (motogp.com)

Dengan performa yang menjanjikan di Moto3, tidak butuh waktu lama bagi Fernandez untuk dipromosikan ke Moto2. Pada 2021, ia bergabung dengan tim Moto2 Red Bull KTM Ajo. Fernandez pun langsung tampil apik pada musim pertamanya.

Fernandez memenangi 8 balapan, 7 pole position, dan 12 podium. Ia juga mengakhiri 2021 dengan menduduki peringkat kedua klasemen pembalap. Selisihnya hanya empat poin dari rekan setimnya, Remy Gardner, yang berhasil menjadi juara Moto2.

4. Fernandez dipromosikan ke MotoGP setelah 1 tahun di Moto2

5 Fakta Unik Raul Fernandez, Pembalap Potensial KTM Tech 3Raul Fernandez (motogp.com)

Setahun berselang, Fernandez bersama rekan setimnya di Moto2, Remy Gardner, dipromosikan ke MotoGP. Performa apik keduanya di Moto2 membuat mereka kembali diduetkan di tim yang sama, yaitu KTM Tech 3.

Fernandez sendiri berhasil menjadi pembalap ketiga yang berhasil dipromosikan ke MotoGP setelah hanya 1 tahun di Moto2. Dua pembalap lain yang berhasil melakukannya adalah Maverick Vinales dan Joan Mir.

5. Memiliki seorang adik yang juga pembalap profesional

5 Fakta Unik Raul Fernandez, Pembalap Potensial KTM Tech 3Adrian Fernandez (kanan) (instagram.com/31adrianfernandez)

Raul Fernandez memiliki seorang adik bernama Adrian Fernandez yang juga berprofesi sebagai pembalap profesional. Bedanya, Adrian saat ini membalap di Moto3 untuk tim Red Bull KTM Tech 3.

Adrian sendiri memulai karier balapnya di Moto3 dengan membela dua tim berbeda sebelum membela Red Bull KTM Tech 3. Dua tim tersebut adalah Rivacold Snipers Team dan Sterilgarda Max Racing Team. Ia memperkuat mereka selama masing-masing 1 tahun.  

Dengan usia yang sangat muda, 21 tahun, tentu perjalanan karier balap Raul Fernandez saat ini masih sangat panjang. Pertanyaannya, mampukah ia tampil bagus pada 2022 yang menjadi musim debutnya di MotoGP?

https://www.youtube.com/embed/o-CWQ7PQpO0

Baca Juga: Jadi Rookie MotoGP, Raul Fernandez Tak Khawatir dengan Banyak Tekanan

Christopher Rudolf Photo Verified Writer Christopher Rudolf

Penulis iseng yang bingung mau nulis apa :D

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya