5 Pemain Senegal Berkiprah di NBA sebelum Khalifa Diop

Sosok Tacko Fall memiliki postur tertinggi!

Terpilihnya Khalifa Diop pada NBA Draft 2022 sebagai satu-satunya pemain asal Senegal seolah memberi harapan bagi para talenta muda Senegal untuk bisa menembus kompetisi basket paling beken sedunia tersebut. Diop sendiri masuk ke NBA setelah dipilih di urutan ke-39 oleh Cleveland Cavaliers.

Sayangnya, Cavaliers sudah menyatakan bahwa Diop tidak akan masuk skuad Cavs untuk musim 2022/2023. Cavs sudah mempersiapkan mengirim Diop untuk bermain di Liga ACB Spanyol guna pengembangan lebih lanjut.

Sebelum Diop, sebelumnya sudah ada sederet pemain Senegal yang pernah menjajal kompetisi NBA. Siapa saja mereka?

1. DeSagana Diop

https://www.youtube.com/embed/4Xe412DcMr4

DeSagana Diop adalah center yang kini telah berusia 40 tahun. Mimpinya bermain di NBA menjadi nyata kala Cleveland Cavaliers memilihnya di urutan ke-8 pada NBA Draft 2001.

Selama empat musim bersama Cavs, Diop tampil tak terlalu impresif. Ia tidak pernah mencatatkan poin, rebound, maupun assist berdigit ganda di tiap musimnya. Selepas membela Cavs, Diop sempat memperkuat tiga tim lain, yakni Dallas Mavericks, Brooklyn Nets, dan Charlotte Hornets. 

2. Tacko Fall

5 Pemain Senegal Berkiprah di NBA sebelum Khalifa DiopTacko Fall (nba.com)

Tacko Fall memiliki postur yang sangat menjulang untuk seorang pemain basket, yakni 229 sentimeter. Hal itu tidak hanya menjadikannya pemain tertinggi dalam daftar ini, melainkan juga salah satu pemain tertinggi yang pernah bermain di NBA.

Berakhir undrafted pada NBA Draft 2019, Fall mendapat kesempatan bermain dari Boston Celtics. Sayangnya, Fall lebih sering dikirim ke tim G League Celtics ketimbang dimainkan di tim utama.

Setelah dua musim di Celtics, Fall merapat ke Cleveland Cavaliers. Akan tetapi, nasibnya tak jauh berbeda dengan saat masih berada di Celtics. Center berusia 26 tahun ini lebih sering dimainkan di tim G League Cavs.

Baca Juga: 5 Tim yang Tak Pernah Mendapat Jatah Pilih Pertama pada NBA Draft

3. Gorgui Dieng

5 Pemain Senegal Berkiprah di NBA sebelum Khalifa DiopGorgui Dieng (nba.com)

Gorgui Dieng memulai perjalanannya di NBA kala dipilih di urutan ke-21 pada NBA Draft 2013 oleh Utah Jazz. Meski begitu, ia langsung ditukar ke Minnesota Timberwolves pada hari yang sama. Dieng pun bertahan selama tujuh musim di Wolves.

Dalam kurun waktu tersebut, performa Dieng bisa dibilang kurang menonjol. Capaian terbaiknya adalah pada musim 2016/2017, dimana ia tampil penuh sebagai starter  dalam 82 pertandingan bersama Wolves. 

Setelah tujuh tahun bersama Wolves, forward yang kini berusia 32 tahun ini sempat berkelana ke Memphis Grizzlies, Atlanta Hawks, dan San Antonio Spurs yang masih menjadi timnya saat ini. Prestasi individu yang pernah Dieng raih adalah terpilih sebagai NBA All-Rookie Second Team. 

4. Pape Sow

https://www.youtube.com/embed/2y_MG3G4vJo

Pape Sow dipilih di urutan cukup buncit pada NBA Draft 2004. Ia dipilih di urutan ke-47 oleh Miami Heat sebelum kemduian ditukar ke Toronto Raptors pada hari yang sama. Pemain yang kini berusia 40 tahun ini memiliki karier yang cukup singkat di NBA.

Ia hanya bertahan selama tiga musim saja di Raptors dengan memainkan total 76 pertandingan sebelum akhirnya bermain di luar NBA. Selama di NBA, Kontribusi Pape juga terbilang sangat minim, baik dalam aspek poin, rebound , maupun assist.

5. Mamadou N'Diaye

https://www.youtube.com/embed/4YDPToNUHdE

Mamadou N'Diaye memulai kariernya di NBA kala dipilih di urutan ke-26 pada NBA Draft 2000 oleh Denver Nuggets sebelum langsung ditukar ke Toronto Raptors pada hari yang sama. 

Bermain sebagai center, Mamadou hanya bertahan dua musim di Raptors sebelum berkelana ke tim-tim lain. Tim lain yang pernah ia bela antara lain, Dallas Mavericks, Atlanta Hawks, dan Los Angeles Clippers. 

Selama itu, Mamadou tampil kurang apik lantaran tidak pernah mencatatkan di atas 10 poin per game. Pria yang kini berusia 47 tahun ini secara total hanya memainkan 69 pertandingan di NBA, dengan rata-rata akhir 3,8 poin per game.

Dalam daftar ini, praktis hanya nama Gorgui Dieng yang masih aktif bermain di NBA dan memiliki performa konsisten. Sejatinya, Tacko Fall memang juga masih aktif berkarier di NBA. Akan tetapi, performanya tidak konsisten sehingga lebih sering bermain di tim NBA G League. 

Baca Juga: 5 'Steal Draft' Terbaik di 5 Edisi Terakhir Gelaran NBA Draft

Christopher Rudolf Photo Verified Writer Christopher Rudolf

Penulis iseng yang bingung mau nulis apa :D

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya