5 Pemain Terbaik yang Dipilih dari NBA Draft 1982, Ada James Worthy

James Worthy pernah 3 kali juara NBA!

Popularitas NBA Draft 1982 mungkin tenggelam oleh NBA Draft setelahnya seperti NBA Draft 1984, 1985, 1996, maupun 2003. Akan tetapi, gelaran draf 1982 sejatinya juga menghadirkan beberapa pemain hebat. Beberapa bahkan cukup mendominasi pada eranya hingga disebut sebagai legenda NBA. Siapa saja?

1. Dominique Wilkins

5 Pemain Terbaik yang Dipilih dari NBA Draft 1982, Ada James WorthyDominique Wilkins (nba.com)

Dominique Wilkins dipilih di peringkat ketiga pada NBA Draft 1982 oleh Utah Jazz sebelum akhirnya langsung ditukar ke Atlanta Hawks. Hawks pun sangat beruntung mendapat jasa Wilkins lantaran pemain berposisi small forward  ini berkontribusi besar bagi mereka.

Selama 11 tahun mengabdi di Hawks, Wilkins tidak pernah absen mencatatkan poin berdigit ganda setiap musimnya, dengan raihan tertinggi 30,7 poin per game. Setelah lama di Hawks, pemain yang pernah 9 kali terpilih NBA All-Star ini sempat membela Los Angeles Clippers, Boston Celtics, San Antonio Spurs, dan Orlando Magic.

2. Terry Cummings

5 Pemain Terbaik yang Dipilih dari NBA Draft 1982, Ada James WorthyTerry Cummings (twitter.com/bucks)

Terry Cummings adalah pemain yang dipilih oleh Los Angeles Clippers di urutan kedua pada NBA Draft 1982. Ia pun berhasil tampil apik di Clippers dengan mencatatkan rata-rata di atas 20 poin per game. Akan tetapi, Cummings ditukar ke Milwaukee Bucks dan hanya 2 musim memperkuat Clippers.

Selama 5 tahun di Bucks, Cummings mampu meneruskan catatan apiknya sebelum akhirnya ditukar ke San Antonio Spurs. Pemain yang 2 kali terpilih NBA All-Star ini sempat berpindah ke beberapa tim berbeda dan mengakhiri kariernya bersama Golden State Warriors.  

Baca Juga: 5 Pemain Basket Terbaik yang Berasal dari NBA Draft 1998

3. James Worthy

5 Pemain Terbaik yang Dipilih dari NBA Draft 1982, Ada James WorthyJames Worthy (nba.com)

James Worthy adalah pemain paling loyal dalam daftar ini. Bagaimana tidak, ia setia membela Los Angeles Lakers yang memilihnya di urutan pertama pada NBA Draft 1982 sepanjang kariernya di NBA. Worthy sendiri berkarier selama 12 musim di NBA.

Pemain berposisi small forward  yang pernah 7 kali terpilih NBA All-Star ini telah mengantarkan Lakers merengkuh 3 gelar juara NBA. Di Lakers, Worthy selalu mencatatkan angka berdigit ganda di setiap musim. Performa hebatnya membuat nama Worthy tercatat dalam Naismith Basketball Hall of Fame.

4. Fat Lever

https://www.youtube.com/embed/OkCKmSE9pTc

Nama selanjutnya adalah Lafayette "Fat" Lever, pemain berposisi point guard  yang dipilih di urutan ke-11 oleh Portland Trail Blazers pada NBA Draft 1982. Kendati demikian, ia hanya bertahan 2 musim di Blazers sebelum hengkang ke tim lain.

Lever mencapai musim terbaiknya saat bersama Denver Nuggets. Pemain yang 2 kali terpilih NBA All-Star ini selalu mencatatkan poin berdigit ganda, dengan raihan tertinggi 19,8 poin per game pada musim 1988/1999. Lever juga dikenal andal melakukan rebound  meski hanya bertinggi badan 191 cm.

5. Ricky Pierce

Ricky Pierce adalah pemain serba bisa yang mampu bermain sebagai shooting guard  maupun small forward.  Ia dipilih di urutan ke-18 oleh Detroit Pistons pada NBA Draft 1982 namun hanya bertahan 1 musim di sana. 

Pierce sendiri cukup sering berpindah tim selama berkarier di NBA. Ia paling lama bermain untuk Milwaukee Bucks, yakni selama 7 musim. Pemain yang 2 kali terpilih NBA Sixth Man of the Year dan 1 kali NBA All-Star ini berhasil mencatatkan poin teringgi dalam kariernya, yaitu 23 poin per game saat bersama Bucks.

 

Para pemain yang telah dibahas di atas semuanya memiliki karier yang terbilang cukup bagus di NBA. Akan tetapi, hanya dua di antaranya yang namanya masuk dalam Naismith Basketball Hall of Fame, yakni Dominique Wilkins dan James Worthy. Keduanya memang tampil sangat dominan pada masanya.

Baca Juga: 5 Pebasket Terbaik yang Dipilih dari NBA Draft 1997

Christopher Rudolf Photo Verified Writer Christopher Rudolf

Penulis iseng yang bingung mau nulis apa :D

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya