5 Pemain Terbaik dari NBA Draft 2009, Ada Stephen Curry

Stephen Curry disebut salah satu pebasket terbaik di NBA!

NBA Draft 2009 merupakan salah satu angkatan draf yang berisi banyak pemain terbaik dan juga hebat. Karena, mereka memiliki karier mentereng di NBA dan telah meraih berbagai penghargaan. Bahkan, ada yang sudah menjuarai NBA lebih dari satu kali, lho. Siapa sajakah mereka? 

1. James Harden

5 Pemain Terbaik dari NBA Draft 2009, Ada Stephen CurryJames Harden (marca.com)

James Harden dipilih Oklahoma City Thunder di urutan ketiga pada NBA Draft 2009. Selama 3 tahun membela Thunder, ia setim dengan Kevin Durant dan Russell Westbrook. Sayangnya, Harden gagal membawa Thunder menjuarai NBA meski berhasil terpilih sebagai NBA Sixth Man of the Year 2012.

Selanjutnya, Harden berpindah ke Houston Rockets dan bertahan 9 tahun di sana. Di Rockets, Harden berhasil menjelma menjadi bintang utama dan dikenal dengan kemampuannya memanen poin melalui lemparan bebas.

Setelah 9 tahun di Rockets, Harden yang tidak kunjung meraih cincin juara NBA berpindah ke Brooklyn Nets, dan sekarang berpindah lagi ke Philadelphia 76ers. Harden sendiri telah 10 kali terpilih NBA All-Star, 1 kali NBA MVP, dan meraih banyak penghargaan lain.

2. DeMar DeRozan

5 Pemain Terbaik dari NBA Draft 2009, Ada Stephen CurryDeMar DeRozan (nba.com)

DeMar DeRozan adalah pemain kelahiran California, Amerika Serikat, pada 7 Agustus 1989 yang bisa bermain sebagai small forward maupun shooting guard. Ia terpilih di urutan ke-9 oleh Toronto Raptors pada NBA Draft 2009. DeRozan pun sempat memperkuat Raptors hingga 9 tahun.

Setelah 9 tahun di Raptors, DeRozan ditukar ke San Antonio Spurs sebagai ganti bintang Spurs Kawhi Leonard. Di Spurs, DeRozan hanya bertahan selama 3 tahun sebelum ditukar ke Chicago Bulls. 

Di Bulls, DeRozan berhasil menjadi pemain andalan bersama Zach Lavine dan Lonzo Ball. Kedatangan DeRozan juga memberi harapan bagi Bulls untuk bersaing di playoff mendatang. DeRozan sendiri telah 5 kali terpilih NBA All-Star, 1 kali All-NBA Second Team, dan 1 kali All-NBA Third Team. 

Baca Juga: 5 'Steal Draft' Terbaik di 5 Edisi Terakhir Gelaran NBA Draft

3. Stephen Curry

5 Pemain Terbaik dari NBA Draft 2009, Ada Stephen CurryStephen Curry (nba.com)

Nama Stephen Curry tentu sudah tidak asing bagi semua orang. Pemain yang dikenal dengan kemampuan menembaknya ini dipilih Golden State Warriors di urutan ketujuh pada NBA Draft 2009.

Sejak musim rookie-nya, Curry sudah menunjukkan potensinya dengan langsung mencetak rata-rata poin berdigit ganda. Sampai saat ini, Curry masih memperkuat Warriors dan tidak pernah berpindah tim.

Dalam kariernya di NBA, Curry telah meraih banyak penghargaan. Di antaranya 8 kali terpilih NBA All-Star, 2 kali NBA MVP, dan lainnya. 

Curry berhasil membawa Golden State Warriors 3 kali menjuarai NBA. Selain itu, pemain berusia 34 tahun ini juga memegang rekor sebagai pencetak tembakan tiga angka terbanyak dalam sejarah NBA. 

4. Jrue Holiday

5 Pemain Terbaik dari NBA Draft 2009, Ada Stephen CurryJrue Holiday (nba.com)

Jrue Holiday terpilih di urutan ke-17 pada NBA Draft 2009 oleh Philadelphia 76ers. Ia pun sempat memperkuat 76ers selama 4 tahun. Setelah itu, ia ditukar ke New Orleans Pelicans. Selama 7 tahun di Pelicans, Holiday semakin tajam dengan rata-rata poin tertinggi 21,2 poin per game. 

Meskipun tampil impresif, Holiday ditukar ke Milwaukee Bucks pada 2020 lalu. Di luar dugaan, Holiday berhasil membawa Bucks menjuarai NBA 2020/2021 setelah mengalahkan Phoenix Suns di partai final.

Sepanjang kariernya, Holiday pernah 1 kali terpilih NBA All-Star, 2 kali NBA All-Defensive First Team, dan 1 kali NBA All-Defensive Second Team. Pemain yang dikenal atas kemampuan bertahan yang apik ini juga pernah mewakili Timnas Amerika Serikat pada Olimpiade Tokyo 2020 dan berhasil membawa pulang medali emas.

5. Blake Griffin

5 Pemain Terbaik dari NBA Draft 2009, Ada Stephen CurryBlake Griffin (nba.com)

Blake Griffin adalah dipilih di urutan teratas pada NBA Draft 2009 oleh Los Angeles Clippers. Pemain berposisi power forward ini dikenal dengan gaya bermain eksplosif dan cukup andal dalam melakukan dunk.

Pada musim rookie nya, Griffin berhasil membuktikan potensinya dengan terpilih NBA Rookie of the Year. Di Clippers, ia bersama Chris Paul dan DeAndre Jordan sempat menjadi trio maut yang membuat Clippers menjadi tim yang cukup disegani pada masa itu.

Sayangnya, cedera kambuhan yang dideritanya membuat performa Griffin meredup. Setelah 9 tahun membela Clippers, Griffin ditukar ke Detroit Pistons, dan sekarang membela Brooklyn Nets. Ia pernah 6 kali terpilih NBA All-Star, 1 kali NBA Slam Dunk Contest Champion dan lainnya.

 

Semua pemain di atas sejatinya memiliki karier yang cukup mentereng. Terutama untuk Jrue Holiday yang dulunya bukan pemain unggulan di NBA Draft 2009.

Menjelang playoff mendatang, para pemain di atas tentu dituntut untuk berkontribusi maksimal bagi masing-masing timnya dalam perebutan gelar juara NBA. 

Baca Juga: 5 Pemain Terbaik dari NBA Draft 2008, Ada Russell Westbrook

Christopher Rudolf Photo Verified Writer Christopher Rudolf

Penulis iseng yang bingung mau nulis apa :D

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya