5 Pemain Basket Terbaik yang Dipilih dari NBA Draft 1988

Ada Mitch Richmond!

Jika dibandingkan dengan kelas draft tahun-tahun sebelumnya, NBA Draft 1988 bisa dibilang kalah pamor. Pasalnya, hanya ada sedikit pemain dari angkatan draf ini yang memiliki karier cukup apik di NBA.

Pasti penasaran, kan, siapa saja pemain di NBA Draft 1988? Untuk mengetahui siapa saja pemain yang diimaksud, mari simak ulasan berikut ini.

1. Danny Manning

https://www.youtube.com/embed/f-XYPX-hD74

Danny Manning adalah pemain berposisi power forward  yang dipilih Los Angeles Clippers di urutan pertama pada NBA Draft 1988. Ia pun bermain untuk Clippers selama 6 tahun dan berhasil meloloskan Clippers 2 kali ke babak playoff  meski gagal juara.

Di Clippers, Manning sangat konsisten dengan rutin membukukan poin berdigit ganda di tiap musimnya. Manning pernah 2 kali terpilih NBA All-Star dan 1 kali terpilih NBA Sixth Man of the Year. Ia memiliki karier cukup panjang di NBA, yakni 15 tahun, dan telah membela 7 tim berbeda.

2. Rik Smits

https://www.youtube.com/embed/EFtrCUKShOs

Nama berikutnya adalah Rik Smits, pemain berposisi center  yang berkebangsaan Belanda. Pemain yang dijuluki The Dunking Dutchman  ini dipilih di urutan kedua pada NBA Draft 1988 oleh Indiana Pacers, tim yang kemudian dibelanya sepanjang 12 tahun kariernya di NBA.

Smits sangat konsisten dalam urusan mencetak poin. Selama berkarier di NBA, ia selalu mencatatkan poin berdigit ganda setiap musimnya. Selain itu, Smits pernah 1 kali terpilih NBA All-Star dan NBA All-Rookie First Team.

Baca Juga: 5 Pebasket Terbaik yang Dipilih dari NBA Draft 1997

3. Mitch Richmond

5 Pemain Basket Terbaik yang Dipilih dari NBA Draft 1988Mitch Richmond (nba.com)

Mitch Richmond memiliki karier NBA tersukses dalam daftar ini. Pemain yang dipilih di urutan kelima pada NBA Draft 1988 oleh Golden State Warriors ini bermain di posisi  shooting guard.  

Dalam 14 tahun berkarier di NBA, Richmond telah 1 kali menjuarai NBA, 6 kali terpilih NBA All-Star, 3 kali All-NBA Second Team, dan lainnya. Torehan hebatnya membuatnya masuk dalam Naismith Basketball Hall of Fame. Richmond pun mengakhiri kariernya dengan rata-rata 21 poin per game.

4. Hersey Hawkins

https://www.youtube.com/embed/ACwILCV9BfY

Sama seperti Mitch Richmond, Hersey Hawkins juga bermain di posisi shooting guard.  Ia dipilih di urutan keenam pada NBA Draft 1988 oleh Los Angeles Clippers sebelum akhirnya langsung ditukar ke Philadelphia 76ers.

Selama 13 tahun berkarier di NBA, Hawkins pernah membela 4 tim berbeda. Pemain yang pernah 1 kali terpilih NBA All-Star dan NBA All-Rookie First Team ini pernah mewakili Timnas Amerika Serikat pada Olimpiade 1988 di Seoul.

5. Dan Majerle

5 Pemain Basket Terbaik yang Dipilih dari NBA Draft 1988Dan Majerle (kiri) dan Charles Barkley (nba.com)

Dan Majerle adalah pemain yang dipilih Phoenix Suns di urutan ke-14 pada NBA Draft 1988. Pemain yang dijuluki Thunder Dan ini sempat 7 tahun memperkuat Suns sebelum berkelana ke beberapa tim lain. Majerle berkarier cukup panjang di NBA, yakni 14 tahun.

Pemain yang bisa bermain sebagai small forward ataupun shooting guard ini pernah 3 kali terpilih NBA All-Star dan 2 kali NBA All-Defensive Second Team. Majerle pernah mewakili Timnas Amerika Serikat pada Olimpiade 1988 di Seoul dan FIBA World Championship 1994 di Toronto.

 

Dari beberapa nama di atas, semua memiliki karier yang cukup awet di NBA dan pernah terpilih NBA All-Star. Akan tetapi, hanya Mitch Richmond seorang yang mampu masuk dalam Naismith Basketball Hall of Fame.

Baca Juga: 5 'Steal Draft' Terbaik di 5 Edisi Terakhir Gelaran NBA Draft

Christopher Rudolf Photo Verified Writer Christopher Rudolf

Penulis iseng yang bingung mau nulis apa :D

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya