Comscore Tracker

5 Pemain Terbaik yang Dipilih dari NBA Draft 1991, Siapa Saja?

Ada Terrell Brandon hingga Dikembe Mutombo

NBA Draft 1991 bisa dibilang tidak terlalu buruk untuk kelas draf era '90-an. Beberapa pemain dari angkatan ini pernah terpilih NBA All-Star, juara NBA, dan meraih berbagai penghargaan lainnya. Lantas, siapa sajakah para pemain yang dimaksud?

5. Terrell Brandon

5 Pemain Terbaik yang Dipilih dari NBA Draft 1991, Siapa Saja?Terrell Brandon (nba.com)

Terrell Brandon adalah pemain yang dipilih di urutan ke-11 oleh Cleveland Cavaliers pada NBA Draft 1991. Pemain berposisi point guard ini bertahan di Cavs selama 6 tahun, sebelum hijrah ke tim lain.

Meski memiliki postur yang kurang untuk ukuran pemain NBA, yakni hanya 180 sentimeter, Brandon tetap tampil kompetitif. Ia konsisten membukukan poin berdigit ganda dalam kariernya. Brandon juga pernah 2 kali terpilih NBA All-Star dan 1 kali NBA All-Rookie Second Team.

4. Steve Smith

5 Pemain Terbaik yang Dipilih dari NBA Draft 1991, Siapa Saja?Steve Smith (nba.com)

Steve Smith adalah pemain berposisi shooting guard yang memasuki NBA setelah dipilih di urutan kelima oleh Miami Heat pada NBA Draft 1991. Ia bermain di Heat selama 3 tahun, sebelum menjajal tim lain di NBA.

Pada musim rookie nya, Smith tampil menjanjikan dan terpilih NBA All-Rookie First Team 1992. Ia juga cukup konsisten dalam kariernya, terutama dalam urusan mencetak angka, dengan raihan 14,3 poin per game.

Capaian terbaik Smith tentu adalah kala menjuarai NBA 2003 bersama San Antonio Spurs. Ia juga pernah 1 kali terpilih NBA All-Star, yakni tahun 1998.

Baca Juga: 5 Pemain Basket Terbaik yang Dipilih dari NBA Draft 1989

3. Kenny Anderson

5 Pemain Terbaik yang Dipilih dari NBA Draft 1991, Siapa Saja?Kenny Anderson (nba.com)

Kenny Anderson dipilih di urutan kedua pada NBA Draft 1991 oleh Brooklyn Nets. Ia pun kemudian memperkuat Nets selama 5 tahun dan mencatatkan statistik yang cukup impresif. Kenny berhasil membawa Nets 2 kali menembus babak playoff meski gagal juara.

Pemain yang pernah 1 kali terpilih NBA All-Star ini sempat berkelana ke 9 tim berbeda dalam kariernya. Los Angeles Clippers menjadi tim terakhir yang diperkuat Kenny sebelum pensiun. Kenny mengakhiri kariernya dengan raihan 12,6 poin, 6,1 assist , dan 3,1 rebound  per game.

2. Larry Johnson

https://www.youtube.com/embed/-yYgcV0iOmw

Nama Larry Johnson cukup populer di NBA Draft 1991. Pasalnya, pemain yang kini berusia 53 tahun ini dipilih di urutan pertama oleh Charlotte Hornets pada NBA Draft 1991. Larry pun memperkuat Hornets selama 5 tahun sebelum berpindah ke New York Knicks.

Selama di Hornets, Larry mampu tampil sesuai ekspektasi dengan rutin membukukan poin berdigit ganda sejak debutnya. Larry juga terpilih NBA All-Rookie First Team, NBA Rookie of the Year, dan 2 kali NBA All-Star. Ia pun pensiun di Knicks dengan raihan 16,2 poin, 7,5 rebound , dan 3,3 assist per game.

1. Dikembe Mutombo

5 Pemain Terbaik yang Dipilih dari NBA Draft 1991, Siapa Saja?Dikembe Mutombo (nba.com)

Meski bukan pilihan pertama di NBA Draft 1991, Dikembe Mutombo menjadi satu-satunya pemain dalam daftar ini yang termasuk dalam Naismith Basketball Hall of Fame. Ia dipilih di urutan keempat oleh Denver Nuggets pada NBA Draft 1991.

Bermain sebagai center, Mutombo langsung unjuk gigi sejak debutnya di Nuggets. Ia rutin mengemas rebound dan poin berdigit ganda.

Soal prestasi individu, Mutombo telah 8 kali terpilih NBA All-Star, 4 kali NBA All-Defensive Player of the Year, dan banyak lainnya. Sayangnya, ia belum pernah merasakan gelar juara NBA sepanjang kariernya.

 

Meski semua pemain di atas bisa dibilang memiliki karier yang gemilang dan awet di NBA, hanya Dikembe Mutombo saja yang berhasil masuk Naismith Basketball Hall of Fame. Ia membuktikan bahwa meskipun ia bukan pilihan pertama di NBA Draft 1991, ia mampu menjadi yang terbaik.

Baca Juga: 5 Pemain Basket Terbaik yang Dipilih dari NBA Draft 1990

Christopher Rudolf Photo Verified Writer Christopher Rudolf

Penulis iseng yang bingung mau nulis apa :D

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya