5 Fakta Jalen Duren, Pemain Termuda di NBA 2022/2023

Memiliki kemampuan bertahan yang elite

Jalen Duren adalah salah satu rookie Detroit Pistons. Ia merupakan seorang big man dengan tubuh atletis. 

Lahir pada 18 November 2003, Duren menjadi pemain termuda di NBA 2022/2023. Meskipun baru menginjak usia 19 tahun, ia telah menunjukkan produktivitas yang baik untuk Pistons.

Simak fakta Jalen Duren, pemain termuda di NBA 2022/2023, ini!

1. Pemain elite dan multitalenta sejak kecil

5 Fakta Jalen Duren, Pemain Termuda di NBA 2022/2023Jalen Duren (instagram.com/jalenduren)

Sebelum berkomitmen untuk terjun ke dunia bola basket, Jalen Duren turut aktif dalam olahraga lain. Ketika kecil, ia juga bermain baseballl dan american football.

Duren telah memiliki tinggi badan 203 cm saat duduk di bangku SMP pada 2018. Atas aksinya yang buas di lapangan, talentanya banyak diincar oleh sekolah-sekolah di Philadelphia. Akhirnya, Duren memilih Roman Catholic High School sebagai destinasi awal untuk mengembangkan talenta.

2. Pemuda dengan segudang prestasi

5 Fakta Jalen Duren, Pemain Termuda di NBA 2022/2023Jalen Duren dan Timnas Amerika Serikat U16 (instagram.com/jalenduren)

Jalen Duren memiliki ambisi yang besar untuk menang. Sejak bermain bersama Roman Catholic, ia berusaha mengerahkan seluruh kemampuannya untuk menjadi juara.

Usahanya memberikan hasil yang memuaskan. Duren beserta timnya berhasil menjadi juara Liga Katolik di Philadelphia dan namanya berhasil masuk ke dalam jajaran first-team. Selain itu, ia juga berhasil masuk Timnas Amerika Serikat U16 hingga meraih medali emas.

Baca Juga: 10 Fakta Tim Duncan, Mantan Atlet Renang yang Jadi Legenda NBA

3. Prospek bintang lima sebelum memasuki jenjang kuliah

5 Fakta Jalen Duren, Pemain Termuda di NBA 2022/2023Jalen Duren (instagram.com/jalenduren)

Setelah 2 tahun bersama Roman Catholic, Jalen Duren memutuskan untuk transfer ke Montverde Academy. Dengan sekolah yang lebih kompeten, ia terus berkembang menjadi prospek bintang lima di seluruh Amerika Serikat.

Selama bermain bersama Montverde, Duren mencetak rataan 15,5 poin, 10,6 rebound, dan 2,4 blok. Ia juga berhasil membawa timnya menuju kejuaraan National Interscholastic Basketball Conference dengan rekor 20-1.

4. Bersinar bersama Memphis Tigers

5 Fakta Jalen Duren, Pemain Termuda di NBA 2022/2023Jalen Duren (instagram.com/jalenduren)

Jalen Duren memilih University of Memphis sebagai destinasi terakhir sebelum memulai karier di NBA. Ia langsung memberikan pengaruh yang baik bagi kesuksesan timnya.

Pada 2022, Duren dan Memphis Tigers mengamankan kursi di turnamen NCAA untuk pertama kalinya sejak 2014. Ia mencetak rataan 12 poin dan 8,1 rebound sehingga meraih AAC Freshman of the Year dan first-team All-AAC.

5. Penjaga ring yang ganas di NBA

5 Fakta Jalen Duren, Pemain Termuda di NBA 2022/2023Jalen Duren (twitter.com/NBA)

Sebelum memasuki NBA, Jalen Duren telah terkenal dengan teknik bertahannya yang kuat. Hal tersebut sangat diincar oleh Detroit Pistons yang sedang membangun ulang timnya.

Dalam debutnya di NBA, Jalen Duren telah mencetak 14 poin, 10 rebound, dan 3 blok. Hingga 24 November 2022, ia mampu mencetak rataan 7,4 rebound dan 1,1 blok sebagai seorang rookie.

Jalen Duren mampu menjaga pemain posisi guard dalam kondisi apa pun. Tidak semua big man di NBA dapat menghadapi pertukaran pertahanan dengan baik. Ia memiliki potensi untuk menjadi seorang bintang jika Pistons menggunakan talentanya dengan bijak.

Baca Juga: Kisah Tragis di Balik Kesuksesan Shaun Livingston di NBA

Clemens Kristo Budiutomo Photo Verified Writer Clemens Kristo Budiutomo

Writing, Basketball, and Music!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya