Panutan, Deretan Bintang Badminton yang Gantung Raket Pada 2020

Semuanya legend! Semoga sukses di tahun 2021

Banyak kejutan yang terjadi di tahun 2020. Sejumlah atlet badminton dunia memutuskan untuk menutup karirnya di tahun tersebut. Siapa saja saja mereka? Berikut deretan atlet badminton yang gantung raket 2020:

1. Tontowi Ahmad

Panutan, Deretan Bintang Badminton yang Gantung Raket Pada 2020badmintonindonesia.org

Pemenang medali emas olimpiade Rio 2016, Tontowi Ahmad, menyatakan undur diri ke PBSI pada 18 Mei 2020 lalu. Tontowi Ahmad pensiun pada usia 32 tahun. Bersama dengan Liliyana Natsir, Tontowi Ahmad meraih banyak gelar dunia seperti hattrick All England di tahun 2012, 2013 dan 2014, serta gelar juara dunia tahun 2013.

Setelah ditinggal Liliyana Natsir pensiun, Tontowi Ahmad berpasangan dengan Winny Oktavia K dan pernah menembus perempat final All England tahun 2019.

2. Lin Dan

Panutan, Deretan Bintang Badminton yang Gantung Raket Pada 2020bwfbadminton.com

Pada 4 Juli 2020, pebulutangkis asal Tiongkok, Lin Dan, mengumumkan pensiun dari dunia bulu tangkis. Pengumuman itu mengejutkan karena banyak yang menduga Lin Dan baru akan pensiun setelah mengikuti Olimpiade Tokyo. Dalam pengumumannya, Lin Dan menyebutkan jika kondisi fisik sudah tidak memungkinkannya untuk bersaing dengan atlet muda.

Lin Dan menggantung raketnya di usia 36 tahun dan menutup karir dengan prestasi yang sangat gemilang. Salah satunya mengantongi dua medali emas olimpiade dan lima kali keluar sebagai juara dunia.

3. Ayaka Takahashi

Panutan, Deretan Bintang Badminton yang Gantung Raket Pada 2020instagram @aki_smash

Pemain ganda putri asal Jepang, Ayaka Takahashi, memutuskan untuk menggantung raketnya di usia 30 tahun. Pada 31 Agustus 2020, peraih medali emas ganda putri Olimpiade Rio 2016 mengumumkan pensiunnya. Ia meninggalkan partner-nya, Misaki Matsutomo, yang hingga saat ini masih bermain di sektor ganda campuran.

4. Jan O Jorgensen

Panutan, Deretan Bintang Badminton yang Gantung Raket Pada 2020instagram @janojor

Setelah 12 tahun bergabung bersama tim nasional Denmark, Jan O Jorgensen memutuskan untuk pensiun. Ia menutup karirnya di laga Quater Final Danisa Denmark Open 2020 yang digelar di Odense pada 15 Oktober 2020. Langkah Jan O Jorgensen terhenti setelah dikalahkan oleh rekan senegaranya, Anders Antonsen dengan skor 21-12, 21-10. Setelah pensiun, ia memutuskan untuk pindah ke Jerman.

Baca Juga: Sempat Galau Sebelum Pensiun, Tontowi Ahmad Curhat ke Liliyana Natsir

5. Mads Conrad-Petersen

Panutan, Deretan Bintang Badminton yang Gantung Raket Pada 2020badminton photo via instagram @madsconrad1

Pemain ganda putra Denmark ini memutuskan pensiun pada pertengahan 2020. Mads Conrad-Petersen sebelumnya bermain dengan beberapa partner. Prestasi cukup gemilang diraih saat ia berpasangan dengan Mads Pieler Kolding. Ia berhasil menjadi juara pada kejuaraan Eropa.

Baca Juga: 9 Potret Gagah Tontowi Ahmad Jajal Motocross, Macho!

6. Mathias Boe

Panutan, Deretan Bintang Badminton yang Gantung Raket Pada 2020bwfbadminton.com

Mathias Boe memutuskan untuk pensiun di usianya yang ke-39. Ia pensiun setelah 20 tahun bergabung dengan tim nasional Denmark. Sebelumnya ia berencana untuk pensiun setelah Thomas Cup atau Olimpiade. Namun kondisi kesehatannya membuat dia memutuskan untuk pensiun.

Mathias Boe termasuk salah satu pemain ganda putra Denmark yang patut diperhitungkan. Ia memenangkan dua kali Kejuaraan Eropa, dan peraih medali perak Summer Olympics 2012.

Itulah deretan atlet badminton yang gantung raket 2020. Terima kasih ya, semoga sukses di tahun 2021.

Danita Aulia Photo Writer Danita Aulia

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya