Comscore Tracker

Tiga Pembalap Terkena Penalty Grid pada F1 GP Amerika Serikat

Dua pembalap harus start dari posisi paling belakang!

Hujan penalty grid menghampiri sejumlah pembalap dalam balapan Formula 1 GP Amerika Serikat. Setidaknya ada tiga pembalap yang dipastikan akan turun posisi start pada balapan di Circuit of the Americas (COTA).

Siapa saja mereka dan apa yang menyebabkan tiga pembalap tersebut harus dijatuhi hukuman penalty grid?

1. Bottas diberi penalti lima posisi start akibat memakai ICE keenam

Pertama, ada Valtteri Bottas yang terkena penalti turun lima posisi start dalam balapan yang digelar pada Senin (25/10/2021) dini hari WIB. Pembalap Mercedes tersebut dikonfirmasi melakukan pergantian Internal Combustion Engine (ICE).

Bottas akan memakai ICE yang keenam pada GP Amerika Serikat. Perlu diketahui, batas ICE yang bisa dipakai dalam satu musim untuk tiap pembalap agar tak terkena penalti adalah tiga. Jika lebih dari itu, pembalap akan dijatuhi penalty grid.

2. Dijatuhi penalti di Italia dan Rusia, Mercedes beberkan alasan ganti ICE

Tiga Pembalap Terkena Penalty Grid pada F1 GP Amerika SerikatBottas pada sesi latihan GP Amerika Serikat (twitter.com/ValtteriBottas)

Sebelum GP Amerika Serikat, Bottas sudah dijatuhi penalti pada GP Italia dan Rusia karena penggantian mesin. Perwakilan teknis Formula 1, Jo Bauer, mengonfirmasi jika pembalap asal Finlandia itu memakai ICE dan sistem pembuangan yang keenam dari delapan yang diizinkan pada musim ini.

Dilansir PlanetF1, Mercedes menjelaskan alasan penggantian ICE untuk Bottas pada GP Amerika Serikat. Tim yang dikepalai Toto Wolff itu beranggapan bahwa ini pilihan yang terbaik untuk menyeimbangkan performa dan reliabilitas hingga akhir musim.

Baca Juga: 10 Potret Valtteri Bottas, Pembalap Mercedes yang Juarai GP Turki

3. George Russell dijatuhi hukuman start dari belakang

Tiga Pembalap Terkena Penalty Grid pada F1 GP Amerika SerikatGeorge Russell bersiap jelang sesi latihan GP Amerika Serikat (twitter.com/WilliamsRacing)

Selanjutnya, ada nama pembalap Williams, George Russell, yang memperoleh penalti. Pembalap yang musim depan akan menggantikan Bottas di Mercedes itu akan memulai balapan di barisan paling belakang.

Berdasarkan catatan dari Formula1.com, Russell melakukan sejumlah penggantian pada komponen mesin. Pembalap berkebangsaan Inggris itu memakai jatah keempat dari ICE, MGU-H, turbocharger, dan exhaust.

4. Sebastian Vettel akan temani George Russell start dari belakang

Tiga Pembalap Terkena Penalty Grid pada F1 GP Amerika SerikatSebastian Vettel pada sesi latihan GP Amerika Serikat (twitter.com/AstonMartinF1)

Selain kedua nama tadi, ada Sebastian Vettel yang juga memperoleh ‘hadiah’ penalti. Pembalap Aston Martin itu akan menemani George Russell untuk start dari barisan paling buncit usai melakukan pergantian mesin keempat.

5. Hamilton yang dijatuhi penalti 10 posisi start di Turki mampu finis kelima

Tiga Pembalap Terkena Penalty Grid pada F1 GP Amerika SerikatBottas pada sesi latihan GP Amerika Serikat (twitter.com/ValtteriBottas)

Pada balapan terakhir di GP Turki, Lewis Hamilton memperoleh posisi start ke-11. Ia dijatuhi penalti 10 posisi start karena baru melakukan pergantian keempat untuk komponen ICE. Meski demikian, pemilik tujuh gelar juara dunia itu mampu finis di posisi kelima.

Layak dinanti, apakah Bottas mampu mengulang apa yang dilakukan oleh Hamilton di balapan kali ini atau justru ia malah mampu finis di posisi tiga besar meski dijatuhi penalti. Mari kita nantikan!

Baca Juga: 9 Juara Dunia Formula 1 yang Tak Pernah Menang di GP Monako

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya