Comscore Tracker

5 Pemain NBA Draft 2018 dengan Nilai Perpanjangan Kontrak Terbesar

Luka Doncic peroleh nilai kontrak maksimal!

Musim baru NBA sudah dimulai. Tanggal 19 Oktober malam waktu Amerika Serikat atau 20 Oktober pagi waktu Indonesia menjadi awal dari musim 2021/2022. Sebelum itu, tim bersiap dengan salah satunya melakukan perpanjangan kontrak.

Tercatat beberapa pemain yang terpilih dari NBA Draft 2018 sudah memperpanjang kontrak dengan tim masing-masing. Berikut ini ada lima pemain dengan nilai kontrak terbesar. Siapa saja? Yuk, simak!

1. Luka Doncic (5 tahun, 207 juta dolar AS)

5 Pemain NBA Draft 2018 dengan Nilai Perpanjangan Kontrak Terbesarpemain Dallas Mavericks Luka Doncic (nba.com)

Luka Doncic menjadi 1 dari 3 pemain dari NBA Draft 2018 yang menandatangani rookie extension dengan nominal terbesar. Pemain asal Slovenia itu akan memperkuat Dallas Mavericks hingga 2027 mendatang.

Lantas, berapa nilai perpanjangan kontrak yang ditandatangani oleh pemain bernomor jersei 77 itu? Doncic diikat dengan nilai kontrak sebesar 207 juta dolar AS. Angka itu menjadi yang terbesar dalam sejarah klub. 

2. Trae Young (5 tahun, 172,5 juta dolar AS)

5 Pemain NBA Draft 2018 dengan Nilai Perpanjangan Kontrak Terbesarpemain Atlanta Hawks Trae Young (nba.com)

Tak hanya Luka Doncic, Trae Young juga secara resmi terikat perpanjangan kontrak maksimal selama 5 tahun di Atlanta Hawks hingga 2027. Nominal perpanjangan kontrak yang diproyeksikan mencapai 172,5 juta dolar AS.

Namun, ada catatan dari perpanjangan kontrak pemain dengan overall pick nomor lima tersebut. Dilansir CBS Sports, kesepakatan akan bernilai 207 juta dolar AS jika ia memenuhi kriteria Derrick Rose Rule.

Singkatnya, aturan ini memperbolehkan bintang muda memperoleh kenaikan nilai perpanjangan kontrak hingga 30 persen dari batas maksimal. Hal tersebut bisa terjadi asal pemain bersangkutan masuk dalam All-NBA Team, memenangkan MVP, atau meraih penghargaan Defensive Player of the Year. Jadi, Trae Young bisa mendapatkan nilai kontrak maksimal andai meraih 1 dari 3 kriteria tersebut.

Baca Juga: 5 Pemain NBA Ini Diprediksi Mencetak Banyak Assist Musim 2021/2022

3. Shai Gilgeous-Alexander (5 tahun, 172,5 juta dolar AS)

5 Pemain NBA Draft 2018 dengan Nilai Perpanjangan Kontrak Terbesarpemain OKC Shai Gilgeous-Alexander (nba.com)

Selain Trae Young, ada nama Shai Gilgeous-Alexander. Pemain dari tim Oklahoma City Thunder itu diikat kontrak lima tahun dengan nominal 172,5 dolar AS.

Shai Gilgeous-Alexander bisa mendapat kenaikan kontrak 30 persen hingga mencapai nominal 207 juta dolar AS jika memenuhi Derrick Rose Rule. Pemain berposisi guard itu musim lalu mencetak 23,7 poin dan 5,9 assist di musim reguler.

4. Michael Porter Jr. (5 tahun, 172,5 juta dolar AS)

5 Pemain NBA Draft 2018 dengan Nilai Perpanjangan Kontrak Terbesarpemain Denver Nuggets Michael Porter Jr. (nba.com)

Michael Porter Jr. adalah nama selanjutnya yang memperoleh nilai perpanjangan kontrak. Nominal yang bakal didapat pemain Denver Nuggets berusia 23 tahun itu senilai 172,5 juta dolar AS dengan durasi 5 tahun.

Nilai kontrak pemain berposisi small forward tersebut masih bisa naik mencapai 193 juta atau bahkan berada di angka 207 juta dolar AS jika memenuhi kriteria Derrick Rose Rule. Pemain dengan overall pick 14 itu pada musim lalu mampu mencetak 19 poin dan 7,3 rebounds pada musim reguler .

5. Jaren Jackson Jr. (4 tahun, 105 juta dolar AS)

5 Pemain NBA Draft 2018 dengan Nilai Perpanjangan Kontrak Terbesarpemain Memphis Grizzlies Jaren Jackson Jr. (nba.com)

Tak seperti empat pemain lainnya, Jaren Jackson Jr. resmi mendapatkan perpanjangan kontrak selama empat tahun. Nilai kontrak yang diperoleh pemain Memphis Grizzlies itu mencapai 105 juta dolar AS. 

Kontrak tersebut sudah termasuk exhibit 3 injury protection. Maksudnya, pemain akan mendapat kompensasi jika mengalami cedera. Musim lalu, pemain dengan nomor pick empat itu hanya bermain dalam 11 game di musim reguler akibat cedera lutut kiri. Ia mencetak 14,4 poin dan 5,6 rebounds.

Itu tadi kelima pemain NBA yang terpilih dalam Draft 2018 yang telah memperpanjang kontrak dengan tim masing-masing dengan nominal terbesar. Layak dinanti apakah pemain seperti Trae Young, Shai Gilgeous-Alexander, dan Michael Porter Jr. bakal bisa memenuhi Derrick Rose Rule pada musim 2021/2022 demi memperoleh nilai kontrak maksimal.

Baca Juga: 5 Pebasket NBA yang Pensiun Musim Ini, Ada Pau Gasol

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya