Comscore Tracker

5 Pembalap F1 dengan Persentase Kemenangan Tertinggi dalam Semusim

Michael Schumacher masuk dalam daftar ini

Kemenangan dalam setiap seri balap menjadi faktor penting jika seorang pembalap, khususnya di ajang Formula 1, ingin merengkuh gelar juara. Semakin banyak seri balap F1 yang dimenangkan dalam satu musim, semakin lebar peluang merengkuh gelar juara dunia di akhir musim. 

Namun, itu semua tak akan bisa terwujud tanpa konsistensi seorang pembalap di atas lintasan. Untuk itu, menjaga performa saat balapan sangat dibutuhkan jika tidak ingin kehilangan peluang juara.

Terkait jumlah kemenangan, ada lima pembalap Formula 1 yang sukses mencatatkan persentase kemenangan tertinggi dalam semusim. Siapa saja? Langsung saja disimak bersama. 

Baca Juga: Banyak Perubahan, Ini 5 Prediksi Balap Formula 1 Musim 2021

1. Alberto Ascari (Musim 1952: 75 persen)

5 Pembalap F1 dengan Persentase Kemenangan Tertinggi dalam Semusimgrandprixhistory.org

Pembalap asal Italia, Alberto Ascari, memuncaki daftar pembalap F1 dengan perolehan persentase kemenangan terbanyak selama satu musim. Ia berhasil mencatatkannya pada tahun 1952. Kala itu, Formula 1 masih berumur tiga musim. 

Dari 8 balapan yang diselenggarakan, pembalap yang memperkuat Ferrari itu sukses menang di enam balapan. Dengan hasil tersebut, pembalap kelahiran Milan tersebut mampu mencatatkan 75 persen kemenangan pada musim tersebut.

2. Michael Schumacher (Musim 2004: 72,22 persen)

5 Pembalap F1 dengan Persentase Kemenangan Tertinggi dalam Semusimplanetf1.com

Era 2000-an awal merupakan panggung megah bagi Ferrari dan Michael Schumacher di ajang Formula 1. Kombinasi keduanya sukses menghadirkan empat gelar juara dunia bagi Schumacher dan empat gelar juara dunia konstruktor untuk tim asal Italia tersebut. 

Puncaknya terjadi pada 2004. Pada musim itu, Schumacher mampu menang di 13 seri balap dari 18 balapan yang dihelat. Persentase kemenangan ayah dari Mick Schumacher itu pun tercatat sebesar 72,22 persen. Gelar juara dunia pun kembali mampir di lemari piala Schumacher dan Ferrari.

3. Jim Clark (Musim 1963: 70 persen)

5 Pembalap F1 dengan Persentase Kemenangan Tertinggi dalam Semusimformula1.com

Jim Clark adalah pembalap ketiga dalam daftar pembalap Formula 1 dengan persentase kemenangan terbanyak dalam semusim. Catatan ini berhasil dicapai oleh pembalap Britania Raya itu pada musim 1963. 

Memakai mobil Lotus 25, Jim Clark mampu memenangi 7 balapan dari 10 seri yang dijadwalkan. Hasil tersebut membuat Clark mencatatkan 70 persen kemenangan. Clark pada musim itu menyabet gelar juara dunia perdana dalam kariernya dengan memuncaki klasemen akhir berbekal 54 poin.

4. Sebastian Vettel (Musim 2013: 68,42 persen)

5 Pembalap F1 dengan Persentase Kemenangan Tertinggi dalam Semusimgiroveloce.it

Juara dunia empat kali, Sebastian Vettel, masuk dalam daftar ini. Pencapaian persentase kemenangan tertinggi yang diraih oleh Vettel adalah 68,42 persen. Itu didapat saat pembalap asal Jerman itu keluar sebagai juara dunia pada tahun 2013. 

Ia sukses memenangi 13 balapan dari 19 seri yang diperlombakan. Di akhir musim, total poin yang berhasil didapat adalah sebesar 397 poin. Pembalap yang pada musim 2021 akan memperkuat Aston Martin itu unggul jauh dari Fernando Alonso yang memperkuat Ferrari.

5. Juan Manuel Fangio (Musim 1954: 66,67 persen)

5 Pembalap F1 dengan Persentase Kemenangan Tertinggi dalam Semusimgrandprixhistory.org

Gelar juara dunia kedua berhasil didapat Juan Manuel Fangio pada tahun 1954. Pria berkebangsaan Argentina itu mampu mengakhiri musim sebagai pengumpul poin terbanyak dengan 42 poin.

Ia pun mencatatkan persentase kemenangan terbesar di musim tersebut, yakni sebesar 66,67 persen. Total ada enam seri balap yang ia menangkan dari sembilan seri yang digelar pada waktu itu.

 

Persentase kemenangan yang diperoleh oleh kelima pembalap di atas adalah salah satu elemen yang menyertai kesuksesan mereka saat menjalani sebuah musim. Lebih dari itu, dedikasi mereka di dunia balap layak diberi penghargaan karena ada waktu, tenaga, bahkan nyawa yang dipertaruhkan selama berkarier.

Baca Juga: Kaleidoskop 2020: Lewis Hamilton Masih Dominasi di Formula 1

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Motorsports Enthusiast. For inquiry and business: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya