6 Pembalap MotoGP Peraih Poin Terbanyak di Kelas Utama, Rossi Teratas!

Poin yang dikumpulkan Rossi masih sulit dikejar

Perolehan poin dalam klasemen pembalap MotoGP sangat menentukan apakah seorang pembalap bisa merengkuh juara atau tidak. Sedikit saja membuat kesalahan saat balapan, perolehan poin bisa disalip pesaing lainnya.

Terkait dengan koleksi poin, ada enam pembalap yang hingga kini tercatat sebagai pendulang poin terbanyak sepanjang sejarah kompetisi. Siapa saja keenam pembalap tersebut?

Baca Juga: Morbidelli: Valentino Rossi Bakal Bikin Petronas Lebih Menyenangkan

1. Valentino Rossi (5.371 Poin)

6 Pembalap MotoGP Peraih Poin Terbanyak di Kelas Utama, Rossi Teratas!motogp.com

Di posisi teratas ada nama Valentino Rossi. Juara dunia tujuh kali di kelas utama MotoGP itu total sudah mengumpulkan 5.371 poin hingga musim 2020. Kumpulan poin tersebut telah diraihnya selama 21 musim berada di kelas tertinggi kompetisi sejak tahun 2000.

Perolehan poin tertinggi yang sukses dikoleksi The Doctor terjadi pada musim 2008. Saat itu, Rossi total memperoleh 373 poin selama semusim setelah 9 kali memenangi seri balap dari 18 balapan yang digelar pada musim itu. Hasil tersebut mengantarnya ke tangga juara dunia musim 2008.

2. Dani Pedrosa (2.970 Poin)

6 Pembalap MotoGP Peraih Poin Terbanyak di Kelas Utama, Rossi Teratas!motogp.com

Dani Pedrosa membuntuti Valentino Rossi di posisi kedua dalam daftar peraih poin terbanyak sepanjang gelaran kelas premier MotoGP. Pedrosa sudah mengumpulkan 2.970 poin sampai di musim terakhirnya pada tahun 2018.

332 poin adalah koleksi terbanyak yang diraih rider Spanyol itu sepanjang berkiprah di kasta tertinggi MotoGP. Ia mengumpulkan poin tersebut saat musim 2012 dengan 7 kali kemenangan dari 18 seri yang dilombakan.

Namun, pada musim tersebut Pedrosa gagal juara dunia dan harus puas finis sebagai runner-up. Ia takluk dari Jorge Lorenzo yang kala itu memperkuat Yamaha Factory Racing.

3. Jorge Lorenzo (2.899 Poin)

6 Pembalap MotoGP Peraih Poin Terbanyak di Kelas Utama, Rossi Teratas!motogp.com

Rekan senegara Dani Pedrosa, Jorge Lorenzo, mampu menembus posisi tiga besar dalam daftar rekor dengan 2.899 poin. Juara dunia tiga kali di kelas utama tersebut kali terakhir berlaga pada musim 2019 bersama Repsol Honda sebelum memutuskan pensiun.

Musim terbaiknya adalah pada musim 2010 saat merengkuh gelar juara dunia perdana di "kelas para raja". Total 9 kemenangan dan 16 kali podium dibukukan Lorenzo sehingga total poin yang diperolehnya adalah sebanyak 383 poin. Jumlah poin itu sukses membuatnya menjadi jawara di akhir musim.

4. Andrea Dovizioso (2.556 Poin)

6 Pembalap MotoGP Peraih Poin Terbanyak di Kelas Utama, Rossi Teratas!motogp.com

Pembalap Italia selain Rossi yang ada dalam daftar rekor ini adalah Andrea Dovizioso. Mantan pembalap Ducati tersebut hingga musim 2020 lalu sudah mengoleksi 2.556 poin sebelum memutuskan cuti sementara dari MotoGP di musim 2021 mendatang.

Jika ketiga pembalap sebelumnya sukses mengoleksi poin tertinggi hingga lebih dari 300 poin dalam semusim, lain halnya dengan Dovi. Rekor poin tertingginya selama semusim adalah 269 poin pada 2019 lalu. Ini didapat setelah memenangi 2 balapan dan 9 kali naik podium.

5. Mick Doohan (2.283 Poin)

6 Pembalap MotoGP Peraih Poin Terbanyak di Kelas Utama, Rossi Teratas!motogp.com

Legenda balap MotoGP asal Australia, Mick Doohan, juga tercatat sebagai pembalap kelima pengumpul poin terbanyak dalam kompetisi MotoGP. Selama berkarier dari 1989 hingga 1999, Doohan sudah mengoleksi 2.283 poin.

Musim 1997 menjadi salah satu musim fantastis Doohan sebab ia mampu mencatatkan poin tertinggi sepanjang kariernya, yakni 340 poin. Ia mencatatkan 12 kemenangan dan 14 kali podium pada waktu itu dan di akhir musim bablas jadi juara dunia.

6. Marc Marquez (2.275 Poin)

6 Pembalap MotoGP Peraih Poin Terbanyak di Kelas Utama, Rossi Teratas!motogp.com

Musim 2020 bukanlah musim terbaik bagi Marc Marquez. Tidak mengumpulkan poin sama sekali dan harus absen dari seri kedua hingga akhir musim membuat koleksi poinnya terhenti di angka 2.275 poin.

Peraih delapan gelar juara dunia di semua kelas MotoGP tersebut mampu meraih poin sebanyak itu selama delapan musim berkompetisi di kelas paling tinggi. Raihan poin paling banyak Marquez terjadi pada musim 2019 ketika ia sukses merebut gelar juara dunia keenam di kelas premier. Di akhir musim, Marquez bisa mengumpulkan 420 poin! Luar biasa, kan?

Sederet nama tadi telah sukses meraih poin terbanyak sepanjang berkompetisi di kelas paling tinggi di MotoGP. Capaian itu pastinya diraih dengan perjuangan panjang tanpa kenal lelah. Apakah ada pembalap favorit kalian di dalam daftar rekor?

Baca Juga: Andrea Dovizioso Gantikan Marc Marquez? Rasanya Tak Mungkin 

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya