Comscore Tracker

Kembali Naik Podium, Aleix Espargaro: GP Prancis Balapan Tersulit

Aleix Espargaro berhasil naik podium tiga kali beruntun

Aleix Espargaro kembali naik podium. Pembalap Aprilia itu finis ketiga dalam gelaran MotoGP pada GP Prancis yang berlangsung Minggu (15/5/2022) malam WIB.

Ini menjadi podium ketiga beruntun yang didapatkannya setelah GP Portugal dan Spanyol. Selepas balapan, kakak kandung Pol Espargaro itu bilang bahwa GP Prancis menjadi salah satu balapan tersulit sejauh ini.

Lantas, seperti apa perjuangan Aleix Espargaro pada balapan yang dihelat di Sirkuit Le Mans tersebut? Yuk simak sampai tuntas ya!

1. Langsung lolos ke Q2, Aleix Espargaro tempati posisi start ketiga

Kembali Naik Podium, Aleix Espargaro: GP Prancis Balapan TersulitAleix Espargaro pada GP Prancis 2022 (motogp.com)

Aleix Espargaro memulai pekan balap GP Prancis dengan berhasil menduduki posisi keenam pada catatan waktu kombinasi FP1--FP3 dengan waktu 1 menit 30,986 detik. Hasil tersebut membuatnya langsung lolos ke Q2.

Saat sesi Q2, pembalap berkebangsaan Spanyol itu sukses amankan posisi start pada baris terdepan. Pembalap bernomor motor 41 itu memulai balapan dari posisi ketiga.

Ini menjadi posisi start tiga untuk ketiga kalinya secara beruntun. Sebelumnya, Aleix memperolehnya pada GP Portugal dan Spanyol.

2. Sempat melorot ke posisi 6, Aleix Espargaro sukses finis di posisi 3 besar

Kembali Naik Podium, Aleix Espargaro: GP Prancis Balapan TersulitAleix Espargaro pada balapan GP Prancis 2022 (motogp.com)

Selepas lampu start padam, Aleix Espargaro langsung melorot ke posisi enam. Walau begitu, ia tetap menjaga agar motornya tak sampai terjatuh di tengah-tengah balapan.

Pada lap 3, Aleix naik ke posisi 5 usai Alex Rins terjatuh di tikungan 4. Ia kembali merangkak ke posisi 4 pada lap 14 karena Joan Mir jatuh dari motornya pada sektor terakhir sirkuit Le Mans.

Sembari mengejar para pembalap bermotor Ducati, Aleix Espargaro juga berupaya mempertahankan posisinya dari ancaman Fabio Quartararo. Tentu, ini menjadi tugas yang tak mudah baginya.

Pada lap 21, Francesco Bagnaia terjatuh di tikungan 13 saat berusaha mengejar Enea Bastianini. Aleix pun naik ke posisi 3, tapi Quartararo yang berada di belakangnya terus berusaha memburunya. Namun, upaya El Diablo gagal dan Aleix finis di posisi tiga besar.

Baca Juga: Aleix Espargaro Tidak Mau Menunggu Lama Terkait Status Kontraknya

3. Beberapa kali alami kesulitan, Aleix Espargaro mengakui GP Prancis balapan yang sangat sulit

Kembali Naik Podium, Aleix Espargaro: GP Prancis Balapan TersulitAleix Espargaro pada podium GP Prancis 2022 (motogp.com)

Selepas balapan, Aleix Espargaro mengungkapkan apa yang dirinya rasakan selama akhir pekan di Le Mans. Baginya, GP Prancis adalah balapan yang sangat sulit sejauh ini pada musim 2022.

"Itu balapan yang sangat sulit. Aku benar-benar lelah. Bagian depan menutup di mana-mana. Motornya cukup pelan hari ini (Minggu) karena level kecepatan balapan.

Aku melihat banyak orang mengalami insiden di depanku dan aku hampir mengalaminya dua atau tiga kali. Setiap kali aku mendekati Miller aku memiliki masalah pada bagian depan dan tak mungkin untuk melaju lebih kencang," ungkap Aleix dilansir Motorcycle Sports

4. Aleix merasa nyaman menggeber RS-GP, puji kerja keras seluruh elemen tim Aprilia

Kembali Naik Podium, Aleix Espargaro: GP Prancis Balapan TersulitAleix Espargaro pada balapan GP Prancis 2022 (motogp.com)

Meski begitu, Aleix mengaku senang bisa kembali naik podium. Ia merasa nyaman menggeber RS-GP dan bersemangat menyambut balapan berikutnya di Mugello.

"Aku tak bisa berkata-kata. Tak bisa menjelaskan apa yang terjadi sekarang. Aku sangat menikmati tahun ini. Aku punya motor impian, tim telah melakukan segalanya untuk membuat motor ini bisa melaju di trek.

Kami hanya berjarak 4 poin di belakang Quartararo. Setelah 7 seri balap kami hampir mendapat 100 poin. Aprilia juga memimpin di klasemen tim," seru Aleix dikutip Speedweek.

5. Aprilia pimpin klasemen tim, Aleix Espargaro berjarak 4 poin dari Fabio Quartararo

Kembali Naik Podium, Aleix Espargaro: GP Prancis Balapan TersulitAleix Espargaro pada balapan GP Prancis 2022 (motogp.com)

Pernyataan Aleix Espargaro soal posisi Aprilia Racing memang benar adanya. Saat ini, Aprilia Racing bercokol di puncak klasemen tim lewat perolehan 131 poin.

Tim yang berbasis di Noale, Italia itu unggul 6 poin dari Suzuki Ecstar. Sementara itu, Aleix Espargaro masih tetap kukuh di posisi kedua klasemen dengan perolehan 98 poin.

 

Menarik menanti seperti apa performa Aleix Espargaro dan Aprilia dalam pekan balap GP Italia yang berlangsung 27--29 Mei 2022 mendatang. Akankah mereka bisa naik podium lagi, atau justru bablas jadi pemenang?

Baca Juga: Klasemen MotoGP 2022 Memanas, Aleix Espargaro Gusur Bastianini

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. IDN Times Community Caster di IDN App. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya