Aleix Espargaro Optimistis Aprilia Mampu Bangkit di MotoGP Prancis

Aprilia belum dapat hasil mentereng pada awal musim 2023

Aprilia Factory Racing belum meraih kemenangan pada empat balapan awal MotoGP 2023. Tim yang berbasis di Noale, Italia, itu baru sekali naik podium lewat Maverick Vinales usai finis runner-up di main race MotoGP Portugal.

Sementara itu, Aleix Espargaro masih belum mampu finis di zona podium. Prestasi terbaik kakak kandung Pol Espargaro itu saat main race adalah finis kelima di GP Spanyol yang digelar pada 30 April 2023 lalu.

Hasil tersebut tentu membuat banyak orang penasaran terhadap performa Aprilia pada seri-seri berikutnya. Aleix Espargaro yakin timnya mampu bangkit terutama di GP Prancis yang bakal digelar pada 12 — 14 Mei 2023.

1. Catatan impresif dibukukan Aleix Espargaro saat sesi latihan dan kualifikasi GP Spanyol

Aleix Espargaro Optimistis Aprilia Mampu Bangkit di MotoGP Prancispembalap Aprilia Factory Racing Aleix Espargaro (motogp.com)

Aleix Espargaro dan Maverick Vinales sejatinya mampu tampil cepat pada GP Spanyol dua pekan lalu. Itu terbukti dari hasil kombinasi sesi latihan pertama (P1) dan kedua (P2) yang menempatkan keduanya di posisi teratas. Aleix Espargaro bercokol di posisi pertama dalam daftar dengan catatan waktu 1 menit 36,708 detik, sedangkan Maverick Vinales membuntuti dengan selisih waktu 0,002 detik. 

Catatan positif yang diperoleh Aleix Espargaro di sesi latihan berlanjut ketika sesi kualifikasi kedua (Q2) bergulir. Pembalap bernomor motor 41 itu berhasil meraih pole position usai menorehkan waktu 1 menit 37,216 detik. Sementara itu, Maverick Vinales harus puas memulai sprint dan main race di posisi kesepuluh.

2. Torehan bagus saat sesi latihan dan kualifikasi gagal berlanjut saat sprint dan main race

Aleix Espargaro Optimistis Aprilia Mampu Bangkit di MotoGP PrancisAleix Espargaro terjatuh saat sprint race GP Spanyol 2023. (motogp.com)

Torehan bagus saat kualifikasi rupanya tak mampu dikonversi dengan baik oleh Aleix Espargaro. Pembalap asal Spanyol itu malah gagal finis usai terjatuh pada lap kelima saat sprint race. Di sisi lain, Maverick Vinales meraih 3 poin setelah finis ketujuh dalam balapan berdurasi 11 lap tersebut.

Saat main race, Vinales yang justru gagal finis karena mengalami kerusakan rantai motor pada lap 23. Sementara itu, Aleix Espargaro melintasi garis finis di posisi kelima. Aleix Espargaro membawa pulang 11 poin dari pekan balap di Sirkuit Jerez.

3. Hasil kurang bagus di GP Spanyol tak surutkan optimisme Aleix Espargaro

Aleix Espargaro Optimistis Aprilia Mampu Bangkit di MotoGP PrancisAleix Espargaro saat menjalani pekan balap GP Spanyol 2023. (motogp.com)

Hasil kurang mengesankan di GP Spanyol tak menyurutkan optimisme Aleix Espargaro menyongsong balapan berikutnya di Le Mans, Prancis. Ia menyebut RS-GP yang dikendarainya punya performa yang cepat. Hanya saja, ada beberapa hal yang jadi batu sandungan untuk tampil maksimal saat balapan.

“Kami tampil cepat lagi. Namun, kami juga tahu apa yang mencegah kami mengembangkan potensi penuh yang kami punya saat balapan. Aprilia sedang bekerja keras untuk meningkatkan RS-GP. Kami tak butuh membuat perubahan drastis apa pun karena motor telah bekerja dengan sangat baik,” jelas Aleix Espargaro dilansir Speedweek.

4. Aleix Espargaro yakin bisa kembali bersaing di barisan depan di GP Prancis

Aleix Espargaro Optimistis Aprilia Mampu Bangkit di MotoGP PrancisAleix Espargaro saat menjalani pekan balap GP Spanyol 2023. (motogp.com)

Aleix Espargaro percaya hasil terbaik akan datang dalam waktu dekat. Pembalap berusia 33 tahun itu paham Sirkuit Le Mans tak mudah ditaklukkan. Walau begitu, kepercayaan diri Aleix Espargaro tak berkurang.

“Ini hanya masalah waktu dan detail kecil di area yang tepat. Le Mans adalah trek yang sulit. Akan tetapi, aku percaya bahwa kami akan bertarung di barisan depan lagi,” tegas Aleix Espargaro.

Aleix Espargaro saat ini bertengger di posisi ke-13 klasemen sementara pembalap dengan perolehan 29 poin. Ia tertinggal 19 poin dari Maverick Vinales yang bercokol di posisi kelima. Di klasemen tim, Aprilia Factory Racing menduduki posisi kelima dengan perolehan 77 poin. Mereka terpaut 15 poin dari Ducati Lenovo Team yang berada di peringkat keempat.

Baca Juga: Alex Rins Termotivasi Melanjutkan Tren Positif di MotoGP Spanyol 2023

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya