Rumor Jadi Nyata, Alex Rins Resmi Perkuat LCR Honda pada MotoGP 2023

Alex Rins terikat kontrak dengan LCR Honda selama dua musim

Rumor kepindahan Alex Rins ke LCR Honda yang santer disebut beberapa waktu terakhir akhirnya terjawab. Pihak tim resmi mengumumkan bergabungnya pembalap asal Spanyol itu pada Selasa (19/7/2022) siang WIB.

Nantinya Alex Rins akan bersama dengan LCR Honda selama dua musim terhitung dari 2023 mendatang. Rins menggantikan posisi Alex Marquez yang pindah ke Gresini Racing.

1. Alex Rins dikaitkan dengan sejumlah tim sebelum meneken kontrak dengan LCR Honda

Rumor Jadi Nyata, Alex Rins Resmi Perkuat LCR Honda pada MotoGP 2023pembalap Suzuki Ecstar Alex Rins (motogp.com)

Merebaknya rumor Alex Rins ke LCR Honda terjadi beberapa waktu terakhir menyusul mundurnya Suzuki dari ajang MotoGP. Kepindahan pembalap berusia 26 tahun itu ke tim satelit Honda kian kencang lantaran Alex Marquez resmi akan memperkuat Gresini Racing pada musim mendatang.

Sejatinya, tak hanya LCR Honda yang dikaitkan dengan Rins. Ada dua tim lain yang juga dikabarkan menjadi "rumah" baru untuk pembalap bernomor motor 42 itu. Gresini Racing dan RNF sempat masuk dalam pusaran bursa pembalap yang melibatkan Rins.

2. Alex Rins senang bisa bergabung dengan LCR Honda, siap berikan yang terbaik

Setelah memastikan masa depannya di kejuaraan, Alex Rins mengaku merasa senang dan lega. Ia mengaku bahwa akan ada banyak tantangan yang harus dilalui terlebih dia akan menaiki motor yang berbeda dibandingkan dengan dirinya pakai saat ini.

Perlu diketahui, GSX-RR dan RC213V punya konfigurasi mesin berbeda. GSX-RR memakai konfigurasi Inline 4, sedangkan RC213V menggunakan mesin berjenis V4.

"Aku sangat senang bergabung ke LCR Honda Team. Berganti tim dan motor adalah sebuah tantangan. Namun, aku siap memberikan usaha 100 persen dan mempraktikkan semua yang telah aku pelajari selama berkirpah di MotoGP.

Kepercayaan yang dimiliki Lucio Cecchinello dan Honda telah menjadi hal krusial bagiku dalam menentukan untuk mengambil tantangan dengan tim ini. Aku berterima kasih atas kesempatan ini," ucap Rins dilansir MotoGP.

Baca Juga: Lucio Cecchinello Konfirmasi Alex Marquez Bakal Tinggalkan LCR Honda

3. Lucio Cecchinello optimis Rins dan LCR Honda bisa melaju lebih jauh musim depan

Rumor Jadi Nyata, Alex Rins Resmi Perkuat LCR Honda pada MotoGP 2023Alex Rins dan Alex Marquez pada GP Spanyol 2022 (motogp.com)

Tak hanya Alex Rins yang gembira, Lucio Cecchinello juga senang menyambut kehadiran pembalap yang memulai debutnya di kelas utama MotoGP pada 2017 silam itu. Pria yang menjabat sebagai Team Manager tersebut optimis LCR Honda dan Rins akan menjadi perpaduan bagus dalam mengarungi ketatnya persaingan di kelas premier pada musim mendatang.

"Rins adalah pembalap berpengalaman, cepat, dan sering finis podium. Kekayaan pengalaman ini ditambah dengan kemampuan Rins memberikan saran yang tepat kepada teknisinya, seperti yang aku dengar, bakal membantu meningkatkan motor kami. Itu bertujuan untuk memperebutkan lebih banyak podium," jelas Lucio dikutip Crash.

4. Alex Rins sudah dapat tim baru, tinggal Joan Mir yang masih menunggu

Rumor Jadi Nyata, Alex Rins Resmi Perkuat LCR Honda pada MotoGP 2023Joan Mir pada GP Belanda 2022 (motogp.com)

Kini, Alex Rins sudah resmi turun bersama LCR Honda pada musim 2023. Sementara itu, rekan setimnya di Suzuki, yaitu Joan Mir, masih belum mendapat tim baru.

Meski begitu, banyak pihak memperkirakan juara dunia MotoGP musim 2020 itu bakal selangkah lagi menjadi bagian dari Repsol Honda. Mir digadang-gadang bakal menggusur posisi Pol Espargaro yang musim ini performanya kurang oke.

5. Perjalanan Alex Rins selama memperkuat Suzuki Ecstar di kelas MotoGP

Rumor Jadi Nyata, Alex Rins Resmi Perkuat LCR Honda pada MotoGP 2023Alex Rins saat menangi GP Aragon 2020 (motogp.com)

Sejak naik ke kelas utama MotoGP pada musim 2017, Alex Rins langsung bergabung ke Suzuki Ecstar. Musim 2022 menjadi musim keenam sekaligus yang terakhir Rins memperkuat pabrikan asal Jepang tersebut.

Berdasarkan data Motorsport Stats, selama menjadi pembalap Suzuki Ecstar, Rins sudah membukukan tiga kemenangan pada GP Amerika 2019, GP Inggris 2019, dan GP Aragon 2020. Tercatat pula bahwa pembalap sudah naik podium 15 kali dan finis posisi ketiga di klasemen pembalap pada musim 2020.

 

Bursa pembalap MotoGP untuk musim 2023 masih akan bergeliat sepanjang summer break. Kira-kira, siapa yang akan mengumumkan kepindahan mereka selanjutnya?

Baca Juga: Senyum Semringah Alex Rins usai Tanda Tangan Kontrak Bersama LCR Honda

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya