Fernando Alonso Puji Performa Alpine di Dua Balapan Awal F1 Musim 2022

Padahal Alonso baru dapat dua poin di klasemen pembalap

Fernando Alonso baru mengantongi 2 poin di dua balapan awal Formula 1 musim 2022. Poin tersebut didapatkannya setelah finis ke-9 pada GP Bahrain. Sementara itu, Alonso gagal finis pada balapan GP Arab Saudi lantaran mobilnya mengalami masalah.

Meski poin yang didapat masih minim, Fernando Alonso menegaskan bahwa performa Alpine jauh lebih baik dibandingkan hasil yang diperolehnya. Apa alasan Alonso mengeluarkan statement seperti itu? Langsung simak ulasan lengkapnya berikut ini, ya!

1. Performa Alonso pada dua balapan awal musim 2022 dibandingkan musim sebelumnya

Fernando Alonso Puji Performa Alpine di Dua Balapan Awal F1 Musim 2022Fernando Alonso pada balapan GP Arab Saudi. (twitter.com/OsOfficialF1)

Mari sejenak membandingkan jumlah poin yang diperoleh Alonso pada dua balapan awal Formula 1 musim 2022 dengan musim 2021 lalu. Pada musim 2021, juara dunia dua kali itu hanya meraih sebiji poin pada GP Emilia-Romagna.

Hal ini tentu mengalami sedikit peningkatan pada musim ini. Sebab, 2 poin sudah dikantongi Alonso dari dua balapan yang sudah digelar musim ini. Meski begitu, jumlah poin Alonso di klasemen sementara saat ini masih kalah jauh dibandingkan rekan setimnya, Esteban Ocon, yang sudah mengemas 14 poin.

2. Meski poin yang didapat masih sedikit, Alonso puji performa Alpine pada dua balapan pertama

Fernando Alonso Puji Performa Alpine di Dua Balapan Awal F1 Musim 2022potret pebalap Alpine, Fernando Alonso (twitter.com/Supportalonso_)

Meski jumlah poin yang didapat sangat sedikit, Alonso tetap memuji performa Alpine pada dua balapan awal. Walau begitu, Alonso tetap menyoroti beberapa masalah yang dialaminya pada GP Bahrain dan Arab Saudi.

“Aku memiliki dua balapan luar biasa. Pertama di Bahrain, tapi sayangnya mungkin karena strategi dengan ban awal yang telah terkikis merusak keseluruhan balapanku dan juga dengan mesin yang kurang bagus.

Aku juga sangat cepat di kualifikasi GP Arab Saudi. Sangat tidak beruntuk karena beberapa orang tak punya ban baru di sesi kualifikasi ketiga dan dan ban yang sudah terpakai sangatlah cepat. Kami harus menyalip beberapa mobil dan kembali ke posisi semula kami. Namun, terjadi gagal finis lainnya,” kata Alonso dilansir F1i.

Baca Juga: 10 Balapan Ini Buktikan Fernando Alonso Layak Jadi Legenda Formula 1

3. Alonso berharap bisa tampil lebih baik pada balapan berikutnya

Fernando Alonso Puji Performa Alpine di Dua Balapan Awal F1 Musim 2022Fernando Alonso pada balapan GP Arab Saudi. (twitter.com/sandra4747_)

Ada sedikit rasa penyesalan dari Alonso karena gagal meraup lebih banyak poin pada dua balapan awal. Namun, pebalap bernomor mobil 14 itu berharap ia dan tim bisa tampil lebih baik lagi pada seri-seri berikutnya.

“Kecepatan tampak sedikit lebih baik daripada hasil yang didapat. Kami memberikan beberapa poin kepada orang-orang di belakang kami. Kami akan kembali dan berharap bisa meraih beberapa poin di kemudian hari,” ujar Alonso.

4. Bos tim Alpine senang dengan pertarungan Ocon dan Alonso pada GP Arab Saudi

Fernando Alonso Puji Performa Alpine di Dua Balapan Awal F1 Musim 2022Esteban Ocon dan Fernando Alonso pada balapan GP Arab Saudi. (twitter.com/ReadMotorsport)

Fernando Alonso dan Esteban Ocon sempat saling bersaing memperebutkan posisi terbaik pada GP Arab Saudi. Walau begitu, pada akhirnya Ocon yang mampu menuntaskan balapan di posisi ke-6, sementara Alonso gagal finis akibat masalah pada mobil.

Otmar Szafnauer selaku bos tim Alpine mengaku senang melihat duel Ocon dan Alonso. Keduanya mempertontonkan persaingan yang sengit, namun, tetap berjalan bersih tanpa adanya kecelakaan yang bisa merugikan tim.

“Itu baik dan bersih. Inilah yang penggemar ingin lihat dan kami telah memberitahu mereka di awal bahwa kami mengizinkan mereka untuk saling balapan,” kata Szafnauer dikutip Crash.

5. Meski senang dengan duel Ocon dan Alonso, Alpine bakal pertimbangkan team order

Fernando Alonso Puji Performa Alpine di Dua Balapan Awal F1 Musim 2022Esteban Ocon dan Fernando Alonso pada balapan GP Arab Saudi. (formula1.com)

Meski begitu, Szafnauer menyadari jika timnya mempertimbangkan untuk melakukan team order pada stint pertama balapan untuk menghindari waktu krusial. Sebab, duel yang intens antara Ocon dan Alonso membuat keduanya sulit untuk mengejar ketertinggalan dari George Russell pada GP Arab Saudi.

“Kami bilang itu akhir pekan lalu dan kami mengizinkan mereka balapan di sana. Satu-satunya hal yang kami harus lakukan adalah menilai kinerja DRS dengan mobil-mobil ini karena Anda bisa mengikuti yang lain dengan sangat dekat. 

Sebelumnya benar-benar mudah untuk mengerem pada rombongan DRS dan kemudian pergi. Kami harus menilai hal tersebut,” papar Szafnauer.

Akankah Alpine benar-benar menerapkan team order pada balapan-balapan berikutnya? Menarik untuk dinantikan perkembangan terbaru dari tim Formula 1 yang satu ini ke depannya!

Baca Juga: 7 Mantan Pembalap Formula 1 yang Musim Ini Berlaga di Formula E

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya