Comscore Tracker

MotoGP: Andrea Dovizioso Kembali ke Lintasan, Jajal Motor Aprilia

Bagaimana reaksi Dovi setelah tunggangi RS-GP21?

Andrea Dovizioso sudah tak lagi berada di atas motor MotoGP sejak November 2020. Tepatnya, sejak seri terakhir MotoGP musim lalu yang berlangsung di Portimao, Portugal.

Kini, Dovi kembali ke atas lintasa pada Senin (12/4) di Jerez, Spanyol. Dalam rangka apa, ya? 

1. Dovi jajal motor Aprilia RS-GP21

MotoGP: Andrea Dovizioso Kembali ke Lintasan, Jajal Motor Apriliamotogp.com

Rupanya, Dovizioso mendapat undangan untuk menjajal motor Aprilia RS-GP21. Perlu diketahui, bahwa motor ini adalah motor seri terbaru yang dipakai oleh dua pembalap Aprilia di kelas utama, yaitu Aleix Espargaro dan Lorenzo Savadori.

2. Tes dilakukan selama tiga hari, bersamaan dengan jadwal tes pramusim MotoE

MotoGP: Andrea Dovizioso Kembali ke Lintasan, Jajal Motor Apriliatwitter.com/RacingArmchair

Dovizioso bakal menunggangi RS-GP21 selama tiga hari, sejak 12 April hingga 14 April mendatang. Jadwal ini bersamaan dengan tes pramusim MotoE yang juga digelar di sirkuit Jerez, Spanyol.  

Sebelumnya, Andrea Dovizioso sempat menolak tawaran sejumlah tim sebagai test rider. Bahkan, Aprilia pun juga sudah merayu pembalap asal Italia itu sejak musim lalu. Namun, ketika itu Dovi menolak dan baru membuka diri pada Maret lalu ketika Aprilia mengundangnya untuk uji coba RS-GP21 pada bulan April ini.

Baca Juga: Andrea Dovizioso Siap ke Honda, Asal Proyeknya Jelas

3. Lahap 7 hingga 8 run dan mampu catatkan waktu di kisaran 1 menit 39,5 detik!

MotoGP: Andrea Dovizioso Kembali ke Lintasan, Jajal Motor Apriliatwitter.com/MotoGP

Seperti dilansir sport.sky.it, Dovi melahap 7 sampai 8 run pada sesi hari pertama. Tiap run Dovi memutari sirkuit sebanyak 4--5 lap. Catatan waktunya pun juga tak terbilang buruk untuk pembalap yang kurang lebih 4 bulan tak berada di atas motor MotoGP.

Ia berhasil catatkan waktu di bawah 1 menit 40 detik. Bahkan, ia sukses membukukan waktu 1 menit 39,5 detik sebanyak dua kali beruntun di dua putaran terakhir.

4. Hari pertama Dovizioso masih berfokus pada sisi ergonomis motor

MotoGP: Andrea Dovizioso Kembali ke Lintasan, Jajal Motor Apriliatwitter.com/MotoGP

Catatan waktu yang dibukukan oleh Dovi di hari pertama belum bisa dijadikan patokan. Dovi masih berfokus pada sisi ergonomis motor RS-GP21.

Selain itu, ia juga sedang mencari posisi yang tepat pada sadel motor yang memang didesain untuk pembalap yang punya badan lebih tinggi darinya. 

5. Dovi mengaku merasa mudah mengendalikan RS-GP21

MotoGP: Andrea Dovizioso Kembali ke Lintasan, Jajal Motor Apriliamotogp.com

Usai menjajal RS-GP21 Dovi memberikan sedikit testimoni. Menurutnya, ia merasa mudah mengendalikan RS-GP21. Padahal, ini baru kali pertama secara resmi ia menunggangi motor tersebut di Jerez.

“Ini sebuah motor yang mudah dikendalikan,” ucapnya singkat seperti dilansir gpone.com. Komentar Dovi perihal motor Aprilia ini memang belum bisa dijadikan acuan apakah Dovi berubah pikiran untuk mau bergabung ke Aprilia sebagai pembalap utama. Sebab, masih ada dua hari uji RS-GP21 yang mesti dilahapnya. 

Lantas, apakah nantinya Dovi akan berjodoh dengan Aprilia jika RS-GP21 memberi performa menjanjikan untuknya? Mari kita nantikan!

Baca Juga: Comeback ke MotoGP, Dovizioso Terima Undangan Tes Bersama Aprilia

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya