Comscore Tracker

MotoGP 2021: Aprilia Rilis RS-GP21, Ada Sponsor Indonesia!

Indonesian Racing muncul pada bodi motor

Pada Jumat (5/3) menjadi babak baru MotoGP 2021. Pasalnya, pada hari tersebut MotoGP akan melakukan shakedown di sirkuit Losail, Qatar. Momentum ini dimanfaatkan oleh Aprilia Racing Team Gresini untuk meluncurkan motor baru mereka di tempat yang sama.

Peluncuran tersebut dilakukan pada Kamis (4/3) malam WIB. RS-GP21 akan dipakai oleh kedua pembalap mereka Aleix Espargaro dan Lorenzo Savadori pada musim baru kali ini. Seperti apa tampilannya?

1. Peluncuran dilakukan langsung di sirkuit Losail, Qatar

MotoGP 2021: Aprilia Rilis RS-GP21, Ada Sponsor Indonesia!twitter.com/denkmit

Tidak seperti tim-tim lain yang melakukan sesi peluncuran di markas tim masing-masing, Aprilia memanfaatkan momentum jelang dimulainya shakedown serta tes resmi yang dihelat di Qatar pada Jumat (5/3) dan Sabtu (6/3).

Semua kru dan dua pembalap tim yang bermarkas di Noale, Italia tersebut berkumpul di salah satu titik sirkuit. Aleix Espargaro dan Lorenzo Savadori didapuk membuka kain hitam yang membungkus motor baru mereka. 

2. Nama Fausto Gresini tersemat di sayap depan motor

MotoGP 2021: Aprilia Rilis RS-GP21, Ada Sponsor Indonesia!twitter.com/denkmit

Ada pemandangan menarik pada perilisan RS-GP21. Pada bagian sayap depan motor tersemat nama Fausto. Ini berbeda dengan foto versi studio yang masih menggunakan kata Aprilia pada sayap depan motor.

Bukan tanpa sebab nama pendiri Gresini Team tersebut ditempatkan di sana. Fausto Gresini meninggal dunia pada 23 Februari lalu setelah berjuang selama dua bulan melawan COVID-19 yang menderanya. Penempatan nama Fausto Gresini tersebut sebagai bentuk penghormatan bagi dirinya yang berjasa dalam kemajuan tim hingga saat ini.

"Keinginan kami adalah membuat dirinya (Fausto Gresini) bangga", ujar CEO Aprila Racing Massimo Rivola dilansir dari crash.net.

Baca Juga: MotoGP Berduka, Fausto Gresini Meninggal Dunia

3. Ada sponsor Indonesia pada bodi motor Aprilia

MotoGP 2021: Aprilia Rilis RS-GP21, Ada Sponsor Indonesia!twitter.com/denkmit

Di samping nama Fausto Gresini, ada sponsor Indonesia yang muncul pada bagian bodi bawah motor. Indonesian Racing muncul dengan posisi berada di atas sponsor oli Castrol.

Tidak mengherankan memang ada logo Indonesian Racing pada motor Aprilia. Sebab, Indonesian Racing merupakan mitra resmi dari Gresini Racing yang berfokus di kelas Moto2, Moto3 serta MotoE.

4. Lorenzo Savadori dipilih sebagai tandem Aleix Espargaro

MotoGP 2021: Aprilia Rilis RS-GP21, Ada Sponsor Indonesia!twitter.com/denkmit

Setelah menjadi teka-teki siapa yang bakal dipilih Aprilia guna menjadi tandem Aleix Espargaro di musim 2021, akhirnya pilihan jatuh pada Lorenzo Savadori. Pembalap asal Italia itu sejatinya sudah perkuat Aprilia pada tiga seri terakhir musim 2020 lalu.

Seperti dilansir motorsport.com, November tahun lalu Aprilia mengatakan bila Lorenzo Savadori dan Bradley Smith masuk dalam line-up. Terkait pemilihannya akan dilakukan selepas tes musim dingin. Pada akhirnya, Smith harus terima keputusan Aprilia yang lebih memilih Savadori.

5. Musim kelima Aleix Espargaro bersama Aprilia

MotoGP 2021: Aprilia Rilis RS-GP21, Ada Sponsor Indonesia!twitter.com/denkmit

Aleix Espagaro masih akan bersama Aprilia di musim 2021. Hal ini sekaligus menandai lima musim kebersamaan keduanya di kelas premier MotoGP. Kakak kandung Pol Espargaro itu mengaku sudah tak sabar memulai musim baru bersama timnya.

"Faktanya, aku sudah tak sabar untuk kembali bekerja dengan mereka. Kontak pertamaku dengan RS-GP menghasilkan hal positif. Mereka bekerja keras sepanjang musim dingin, tapi kami masih punya jalan yang panjang", kata Aleix dikutip dari motogp.com.

Baca Juga: Gandeng Indonesian Racing, Gresini Rilis Motor Moto3 dan Moto2

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya