Comscore Tracker

Aston Martin Tarik Banding Diskualifikasi Vettel di GP Hungaria

Vettel pun kehilangan posisi runner-up GP Hungaria!

Aston Martin mengajukan banding kepada FIA terkait putusan diskualifikasi Vettel pada GP Hungaria. Ini karena FIA tidak bisa mengambil sampel bahan bakar sebanyak minimum satu liter dari mobil Vettel pasca balapan.  

Namun, upaya tim dengan livery hijau agar Vettel terbebas dari sanksi diskualifikasi menuju titik akhir. Aston Martin memutuskan menarik banding untuk melawan putusan tersebut. 

1. Aston Martin percaya bahan bakar di mobil Vettel lebih banyak dari yang diambil pihak FIA

Aston Martin Tarik Banding Diskualifikasi Vettel di GP HungariaSebastian Vettel pada GP Hungaria (formula1.com)

Sebelumnya, Aston Martin percaya bahwa pada mobil Vettel terdapat lebih banyak bahan bakar yang bisa diambil oleh tim pemeriksa dari FIA. Namun, bahan bakar tak bisa diambil sesuai ketentuan akibat masalah pada sistem fuel pump.

Berdasarkan data telemetri, Aston Martin memperkirakan ada setidaknya 1,44 liter bahan bakar yang tersisa. Akan tetapi, FIA hanya bisa memperoleh 0,3 liter saja dari mobil Vettel.

2. Ada bukti baru, FIA tetap tolak permintaan peninjauan yang diminta Aston Martin

Aston Martin Tarik Banding Diskualifikasi Vettel di GP HungariaMobil Aston Martin AMR21 (formula1.com)

Seusai GP Hungaria, mobil Vettel sempat ‘ditahan’ oleh pihak FIA dan dibawa ke Prancis untuk kebutuhan sebagai bukti dalam sidang. Aston Martin pun mengajukan banding serta meminta peninjauan kembali atas putusan yang dikeluarkan FIA.

Memang, terdapat bukti baru bahwa ada masalah teknis yang membuat terjadinya kebocoran bahan bakar. Namun, FIA tetap menolak permintaan Aston Martin untuk meninjau keputusan diskualifikasi yang dijatuhkan kepada Vettel.

Baca Juga: 5 Pembalap Formula 1 yang Raih Kemenangan Perdana di GP Hungaria

3. Permintaan peninjauan ditolak, Aston Martin memutuskan menarik banding  

Sebagai hasil dari penolakan tersebut, Aston Martin pun melakukan penarikan banding yang membuat Vettel kehilangan posisi runner-up pada GP Hungaria. Hal tersebut dinyatakan langsung oleh pihak tim melalui akun Twitter resmi mereka.

“Setelah mempertimbangkan posisi kami dan mencatat keputusan petugas FIA bajwa ada bukti baru yang jelas tentang kegagalan sistem bahan bakar, kami menarik banding yang kami ajukan atas dasar bahwa kami percaya melakukannya lebih besar daripada manfaatnya jika didengar”, bunyi pernyataan resmi Aston Martin dilansir Motorsport.com.

4. Vettel tak dapat tambahan poin, posisi runner-up GP Hungaria jadi milik Hamilton

Aston Martin Tarik Banding Diskualifikasi Vettel di GP HungariaHasil balapan F1 GP Hungaria usai Vettel didiskualifikasi (twitter.com/F1)

Ditariknya banding yang diajukan Aston Martin menyebabkan Vettel tak mendapatkan poin dari balapan di GP Hungaria. Posisi runner-up pada balapan GP Hungaria menjadi milik Lewis Hamilton.

Sementara itu, pembalap Ferrari, Carlos Sainz berhak atas posisi ketiga pada balapan tersebut. Praktis, Aston Martin tak meraup poin pada balapan yang berlangsung di sirkuit Hungaroring lantaran rekan setim Vettel, Lance Stroll, gagal finis akibat insiden di lap pertama.

5. Posisi Vettel dan Stroll di klasemen sementara hingga GP Hungaria

Aston Martin Tarik Banding Diskualifikasi Vettel di GP HungariaSebastian Vettel dan Lance Stroll (formula1.com)

Hingga GP Hungaria, Vettel baru mengumpulkan 30 poin dan membuatnya berada di posisi ke-12 klasemen sementara. Sementara itu, Lance Stroll menduduki posisi ke-14 lewat perolehan 18 poin.

 

GP Hungaria yang lalu memang dipenuhi drama dan kejutan seru, diawali red flag yang berkibar saat balapan baru berjalan dua putaran. Mobil pembalap Mercedes, Valtteri Bottas menabrak Lando Norris dan dua pembalap Red Bull, Max Verstappen dan Sergio Perez, hingga berdampak kepada pembalap lainnya. Hingga akhirnya Esteban Ocon, pembalap dari Alpine Renault berhasil meraih kemenangan pertamanya di balapan F1.

Baca Juga: Podium Vettel Dicabut! Berikut 5 Fakta Menarik F1 GP Hungaria

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya